Ukuran Foto Profil Instagram Yang Tepat Agar Foto Jernih

Ukuran Foto Profil Instagram – Perkembangan sosial media yang begitu cepat diiringi dengan perkembangan teknologi, membuat banyak orang menggunakan sosial media tidak hanya sebatas untuk membagikan aktivitasi sehari-hari, melainkan lebih dari itu.

Sudah banyak terbukti orang sukses karena memanfaatkan semua fitur yang ada di platform sosial media secara maksimal, salah satu aplikasi sosial media yang banyak digunakan adalah Instagram.

Pasti diantara pembaca semua sudah tahukan dengan Instagram atau lebih akrab dengan sebutan IG. Aplikasi sosial media satu ini semakin populer dari hari ke hari, karena selalu menyajikan banyak konten menarik yang dibuat oleh penggunanya.

Orang yang membuat konten, lalu membagikan konten tersebut ke akun Instagram dikenal dengan sebutan konten kreator. Ternyata dengan membuat konten-konten menarik ini tidak hanya sebatas karena hobi atau ada waktu luang, melainkan sebagai cara untuk meningkatkan branding yang tentunya bisa menghasilkan uang.

Salah satu bagian terpenting dari Instagram, selain membuat konten adalah foto profil. Kamu semua setujukan foto profil adalah hal yang paling pertama dilihat oleh pengguna lain ketika mengunjungi akun Instagram dengan berbagai macam tujuan.

Pasti kamu semua maukan membuat foto profil Instagram yang berkesan baik dan juga berkualitas? Tenang, pada kesempatan kali ini Calonpengangguran akan memberikan tutorial lengkapnya beserta ukuran foto profil yang wajib kamu gunakan seperti penjelasan sebagai berikut.

Ukuran Foto Profil Instagram Yang Tepat

Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, perlu teman-teman semua ketahui pihak Instagram tidak mengharuskan penggunanya untuk memposting foto profil dengan ukuran tertentu.

Hanya saja, ada beberapa ukuran foto ideal yang sangat cocok dijadikan sebagai foto profil agar tidak pecah atau terlihat jelas. Hal pertama yang harus kamu catat adalah pastikan untuk selalu menggunakan foto aspek rasio 1:1 atau berbentuk kotak.

Kenapa harus begitu? Karena pada saat kamu hendak mengupload foto menjadi profil di Instagram akan melalui tahap crop atau menyesuaikan, dengan memasukan foto yang memiliki aspek rasio 1:1 maka hasilnya akan lebih maksimal atau tidak pecah.

Terkait dengan rasio foto yang bisa digunakan sebagai foto profil di Instagram bisa kamu cek detail dibawah ini:

Rekomendasi Ukuran Foto Profil Instagram

Ukuran Foto Profil Instagram

Ada banyak sekali rekomendasi ukuran foto yang bisa kamu gunakan sebagai foto profil di IG. Ukuran minimal foto pertama yang bisa kamu jadikan sebagai profil ialah 110×110 pixels. Sementara ukuran yang paling ideal adalah 180×180 pixels, dengan menggunakan ukuran ini bisa saya pastikan foto tidak akan buram atau pecah-pecah.

Tidak hanya dua ukuran foto diatas yang bisa kamu gunakan sebagai foto profil, karena kunci dari hal ini adalah aspek 1:1 seperti yang sudah saya sampaikan tadi. Adapun beberapa ukuran foto lain yang bisa kamu gunakan, diantaranya:

UkuranKeterangan
128×128 pxSquare
161x 161 pxSquare
256×256 pxSquare
512×512 pxSquare
1024×1024 pxSquare
1080×1080 pxSquare
1080×1350 pxPortrait
1080×566 pxLandscape

Lah bukannya foto harus memiliki aspek rasio 1:1 ya mas? Kan ukuran foto Portrait dan Landscape enggak, memang benar tidak. Tapi kamu harus paham, foto yang memiliki ukuran Portrait dan Landscape memiliki resolusi yang terbilang tinggi sehingga bisa saja dijadikan sebagai foto profil.

Hanya saja, kamu perlu melakukan crop atau memotong bagian foto yang tidak ingin masuk dibagian foto profil atau memang harus dipotong karena aturan Instagram.

Rekomendasi Ukuran Foto Profil IG Resolusi Besar

Kamu tidak hanya bisa menggunakan ukuran foto dengan resolusi kecil atau sedang untuk dijadikan foto profil di IG, tapi juga bisa menggunakan foto dengan resolusi besar.

Hanya saja tidak bisa sembarangan, kamu tetap harus menggunakan aspek rasio 1:1. Kamu bisa menggunakan ukuran foto dengan resolusi 1080×1080 pixels, dengan menggunakan resolusi ini secara otomatis saat kamu upload foto akan dikecilkan oleh Instagram menjadi resolusi 612×612 pixels.

Alasannya tetap sama, yakni dengan menggunakan ukuran foto dengan resolusi tersebut maka foto yang kamu upload tidak akan pecah atau buram sehingga terlihat jelas dan jernih.

Tidak hanya ukuran tersebut, kamu juga bisa menggunakan ukuran foto potrait (1080×1350 pixels) dan landscape (1080×566 pixels) ini.

Cara Resize Foto Profil Instagram Dengan Bantuan Aplikasi Tambahan

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi edit foto yang bisa kamu gunakan untuk mengubah ukuran foto dengan mudah, sebagai contoh saya sering pakai aplikasi Picsart dan Photoshop.

Picsart sendiri bisa kamu install dengan mudah melalui Play Store ataupun App Store tergantung perangkat yang digunakan. Sementara Photoshop yang saya gunakan hanya support di perang Pc atau laptop, tapi dari segi penggunaanya sama-sama mudahnyanya.

Menggunakan Aplikasi Picsart

  • Langkah pertama, buka aplikasi PicsArt di HP yang digunakan.
  • Kalau sudah, lanjut klik ikon tambah dibagian bawah layar.
  • Lalu pilih menu Semua Foto.
  • Selanjut kamu cari foto yang ingin di resize ukurannya.
  • Setelah itu, kamu klik menu Alat dan pilih Ganti Ukuran.
  • Lakukan ubah ukuran gambarnya sesuai keinginan. Saran saya, kamu gunakan beberapa rekomendasi ukuran yang saya jelaskan diatas ya.
  • Apabila semua sudah, klik ikon anak panah dibagian atas.
  • Dengan begitu gambar secara otomatis akan tersimpan di galeri HP Anda.
  • Selesai.

Menggunakan Photoshop

  • Tidak jauh berbeda, langkah pertama yang harus kamu lakukan buka aplikasi Photoshop di perangkat masing-masing.
  • Setelah itu, kamu bisa langsung membuat kertas dengan ukuran foto yang kamu inginkan atau langsung import foto ke aplikasi ini.
  • Cara mudah, kamu ketik CTRL+N, maka secara otomatis kamu akan ditampilkan menu membuat ukuran kertas, silahkan isi ukuran sesuai denga rekomendasi saya tadi ya.
  • Lanjut, kamu ketika CTRL+O untuk melakukan import foto yang akan diubah ukurannya.
  • Setelah itu, arahkan kursor ke halaman foto. Lalu ketik CTRL+A dan CTRL+T, lalu klik foto dan tahan dengan kursor dan arahkan ke halaman kertas kosong yang kamu buat tadi.
  • Tempelkan foto tersebut, lalu atur foto sampai diposisi yang tepat. Jika sudah, kamu bisa langsung simpan foto dengan cara ketik CTRL+S.
  • Simpan file dengan nama yang kamu ingin dan atur dengan kualitas terbaik, lalu klik oke.
  • Selesai, secara otomatis foto akan tersimpan di perangkat seluler mu.

Kenapa Harus Memperhatikan Ukuran Foto?

Kalau kita membahas kenapa sih harus memperhatikan ukuran foto sebelum di upload ke Instagram, jawabannya tergatung dari keperluan masing-masing.

Pada dasarnya, setiap pengguna Instagram tentu memiliki kepentingan yang berbeda-beda bukan? Ada yang menggunakan Instagram hanya untuk hiburan semata, ada yang menggunakan Instagram sebagai media marketing dan lain sebagainya.

Hanya saja, meski memiliki kepentingan yang berbeda tidak bisa dipungkiri kalau tujuan mereka sama, yakni memberi kesan baik kepada pengguna lain yang melihat postingan kita. Benar atau tidak?

Salah satu cara paling mudah memberi kesan baik adalah dengan mempostingan foto atau konten berkualitas, seperti tidak pecah atau buram.

Untuk menghasilkan foto berkualitas, tentu ada beberapa aturan yang perlu teman-teman semua pahami bukan? Yakni dengan memahami aturan terkait ukuran foto yang memenuhi standar Instagram.

Akhir Kata

Baiklah mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada kamu semua yang ingin tahu mengenai Ukuran Foto Profil Instagram yang Pas agar tidak pecah atau buram beserta cara mengatur ukuran foto dengan bantuan beberapa aplikasi.

Semoga informasi singkat diatas bisa teman-teman semua praktekan sendiri di rumah ya dan saya juga bermanfaat dengan artikel ini kamu semua bisa terbantu, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *