M02/D02 Shopee, Begini Cara Mengatasinya Dengan Mudah!

Belum lama ini, ada banyak pengguna Shopee yang sedang mengalami masalah. Masalah yang muncul yaitu M02/D02 Shopee. Apakah kamu juga pernah atau sedang mengalami hal tersebut? Jika iya, disini Calonpengangguran akan menjelaskannya.

Shopee adalah sebuah marketplace yang bisa dikatakan terbesar di indonesia. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam barang kebutuhan kamu didalamnya. Hanya dengan memilih dan membayar barang yang kamu mau, kamu hanya tinggal menunggu sampai barang tersebut sampai ke rumah atau lokasimu.

Namun ada hal yang sangat disayangkan, karena beberapa hari ini ada beberapa pengguna yang mengalami masalah dan muncul notifikasi seperti M02/D02. Maka dari itu, silahkan simak penjelasan yang akan saya berikan disini sampai tuntas, karena saya akan menjelaskan penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Munculnya M02/D02 di Shopee

m02/d02 shopee

Dikutip dari Customer Service @TwitterID terkait mengapa gagal dalam melakukan Checkout M02/D02 dengan sebuah kode Voucher tertentu. ternyata hal tersebut disebabkan oleh beberapa ketentuan yang berlaku.

Hal ini biasanya disebabkan oleh kamu yang sudah tidak memenuhi persyaratan dan ketentuan pengguna dalam menggunakan promosi yang sedang digunakan, simpelnya kamu tidak memenuhi persyaratan untuk menggunakan promosi yang sama lagi.

Maka bisa kita simpulkan, secara sadar atau tidak sadar kamu telah menggunakan kode voucher yang sebelumnya sudah digunakan pada transaksi sebelumnya. Wajib kamu ketahui, bahwa ada batasan berapa kali sebuah kode voucher dapat digunakan ketika memesan barang atau Checkout pesanan di Shopee.

Namun tidak menutup kemungkinan juga, bahwa hal ini terjadi karena adanya kesalahan sistem, dan ada peningkatan aktivitas pengguna sehingga terjadinya error. Untuk kamu yang merasa belum menggunakan kode promo tersebut, silahkan cek secara berkala 1×24 jam kedepan.

Cara Mengatasi M02/D02 Shopee

Dan apabila sudah kamu cek secara berkala selama 1×24 jam, dan masih saja mengalami hal yang sama pada saat melakukan pesanan di Shopee. Kamu bisa melakukan beberapa tips yang sudah saya jelaskan seperti dibawah ini:

1. Gunakan Jaringan yang Stabil

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam melakukan pesanan di Shopee adalah jaringan yang sedang digunakan. Pastikan bahwa kamu menggunakan jaringan yang bagus, pada saat mengakses aplikasi Shopee.

2. Update Aplikasi Shopee

Berikutnya kenapa mengalami masalah pada saat melakukan Checkout di aplikasi Shopee adalah disebabkan oleh versi aplikasi Shopee yang kamu gunakan. Untuk mengetahui versi aplikasi yang kamu gunakan, silahkan masuk ke Google Play Store atau App Store dan cari Aplikasi Shopee.

Jika tertera Update dan Install, maka silahkan klik Update dan tunggu sampai pembaharuan tersebut selesai. Jika sudah, maka kamu bisa mencoba untuk memesan barang yang diinginkan menggunakan voucher yang tadinya bermasalah.

3. Menggunakan Kode Voucher yang berbeda

Pastinya kamu atau kita pada dalam masa promo pernah mendapatkan voucher. Hal ini dikarenakan Shopee akan memberikan beberapa Voucher sekaligus Gratis Ongkir. Apabila Voucher 1 tidak bisa digunakan, maka silahkan coba Voucher ke 2 atau 3.

Bisanya, gagalnya melakukan pesanan seperti M02/D02 disebabkan oleh salah satu Voucher dan semuanya.

4. Clear Cache

Berikutnya kenapa muncul masalah seperti M02/D02 pada saat melakukan checkout di Shopee adalah karena Cache yang terdapat di aplikasi Shopee menumpuk atau penuh. Kamu bisa membersihkannya dengan masuk ke menu Pengaturan > Manajer Aplikasi > Shopee > Hapus Cache.

5. Menunggu Sistem Normal

Untuk kamu yang merasa belum pernah sama sekali menggunakan Voucher tersebut, namun mendapati masalah seperti M02/D0, hal tersebut bisa saja disebabkan oleh kendala sistem atau error yang sedang terjadi.

Hal ini bisa kamu atasi dengan menghubungi CS Shopee untuk mempertanyakan masalah tersebut. Silahkan screenshot notifikasi masalah yang muncul, dan kirimkan foto tersebut ke pihak Shopee, dan nantinya pihak Shopee akan membantu kamu dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Biasanya, kendala sistem ini disebabkan karena adanya perawatan atau peningkatan layanan pengguna, dan biasanya hal ini hanya akan terjadi paling lama 1 hari. Dan setelah melewati waktu tersebut, silahkan melakukan pembelian atau checkout barang yang ingin kamu miliki.

Akhir Kata

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang M02/D02 Shopee. Semoga artikel yang saya bagikan ini, bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi di aplikasi Shopee.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *