Cara Membatalkan Pesanan di Alfagift Anti Ribet

Cara Membatalkan Pesanan Di Alfagift – Mungkin Anda semua tidak asing lagi dengan belanja online bukan? Bisa dibilang ini adalah aktivitas membeli barang yang sangat praktis dan mudah, karena kita bisa memilih produk atau barang yang hendak dibeli hanya dengan ponsel saja, secara otomatis barang atau produk akan diantar ke rumah pembeli.

Berbicara mengenai aktivitas belanja online, apakah teman-teman semua sudah tahu kalau Alfamart juga menyediakan fasilitas belanja online, yakni dengan menggunakan aplikasi Alfagift.

Meski terlihat mudah ada beberapa pengguna yang kesulitan dalam mengakses atau menjalankan aplikasi ini untuk belanja barang atau produk di Alfamart, terutama dalam hal membatalkan pesanan.

Kalau Anda salah satu pengguna tersebut, tenang saja karena pada kesempatan kali ini Calonpengangguran akan menjelaskan secara detail terkait pembatalan pesanan di aplikasi Alfagift dengan mudah.

Sekilas Tentang Aplikasi Alfagift

Kita semua pasti tahu kalau Alfamart menghadirkan banyak program yang bertujuan untuk selalu memberi rasa nyaman dan aman kepada konsumen yang berbelanja produk atau barang.

Salah satu inovasi baru dari Alfamart adalah menghadirkan aplikasi Alfagift, dengan hadirnya aplikasi banyak sekali konsumen setia Alfamart merasa terbantu dalam aktivitas belanja karena bisa dilakukan secara online.

Jadi secara sederhana Alfagift adalah sistem belanja online yang secara resmi yang dirilis oleh Alfamart dengan tujuan mempermudah konsumen dalam membeli barang atau produk.

Lewat aplikasi konsumen bisa memesan produk yang ingin dibeli hanya dengan bermodalkan ponsel, layaknya membeli barang online seperti dibeberapa Merchant.

Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi ini secara penuh, silahkan install aplikasi Alfagift melalui Play Store atau App Store sesuai dengan perangkat seluler yang Anda gunakan.

Cara Membatalkan Pesanan di Alfagift

Cara Membatalkan Pesanan di Alfagift

Perlu kamu semua ketahui, apabila tahap pembelian barang atau produk melalui aplikasi Alfagit belum masuk ke tahap pembayaran, Anda bisa membiarkannya saja karena dalama kurun waktu 24 jam tidak dilakukan progres, maka secara otomatis proses belanja online di Alfagift akan dibatalkan.

Tapi, beda halnya bagi Anda yang sudah terlanjur masuk ke tahap pembayaran dan merasa barang yang dibeli ada kesalahan atau ingin mengubah barang yang dibeli, Anda perlu melakukan beberapa tahap dibawah ini:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buka aplikasi Alfagift yang ada pada ponsel masing-masing
  • Jika sudah, lanjut pilih ‘Akun’ kemudian pilih ‘Riwayat Pesanan’. Apabila pesanan yang Anda buat sudah ketemu, lanjut geser pada menu ‘Selesai.’ Perlu diketahui status pesanan akan berubah jadi selesai ketika Anda mengklik menu bayar, sementara status ‘Menunggu Pembayaran’ apabila pesanan masih belum dibayar, umumnya untuk pesanan yang tidak dilakukan pembayaran akan tercancel otomatis.
  • Selain itu Anda juga bisa melakukan ini, pilih ‘Akun’ lalu cari dan klik menu ‘Hubungi Kami.’ Pada menu tersebut, Anda akan ditampilkan 4 cara menghubungi pihak Alfamart yang dapat digunakan untuk membatalkan pesanan di Alfamart. Anda perlu memberi alasan secara detail perihal pembatalan pesanan agar pihak yang bertugas bisa mengetahui alasan permohonan yang Anda ajukan.
  • Tidak hanya itu, Anda bisa memberi screen capture terkait pesanan yang Anda buat sebagai bahan pendukung keluhan Anda. Disini Anda bisa menghubungi pihak Alfamart dengan mengirim pesan, Telepon layanan pelanggan Alfamart pada 1500959 pada jam 08.00 s/d 17.00.
  • Lalu, Anda juga bisa menghubungi melalui email alfacare@sat.co.id / sahabat_alfamart@sat.co.id dan juga melalui media sosial Alfamart,  seperti Facebook, Instagram, dan juga Twitter.

Berapa Lama Pengembalian Dana di Alfagift

Apakah uang yang sudah terlanjur dikirim ke pihak Alfagift, namun pesanan berhasil dibatalkan akan kembali mas? Jawabannya iya, hanya saja tidak bisa kembali pada hari itu juga karena pihak yang tertugas akan melakukan pekerjaan untuk mengembalikan uang yang sudah Anda kirim dalam kurun waktu 14 hari kerja.

Untuk lebih memperjelasnya begini ya, apabila kesalahan berasal dari pihak Alfamart seperti barang kosong, maka pengembalian uang akan dilakukan pada hari itu juga, sementara apabila kesalahan berasal dari pihak Anda sebagai konsumen, maka pengembalian akan diproses dalam 14 hari kerja.

Lalu uangnya akan dikembali lewat apa mas? Biasanya pengembalian dana akan dilakukan ke metode pembayaran yang Anda gunakan. Contoh apabila Anda belanja di Alfagift menggunakan DANA, maka pengembalian uang akan masuk ke rekening Dana Anda.

Durasi Pengiriman di Alfagift

Kalau membahas berapa lama barang atau produk yang kita pesan akan diantar oleh Alfagift, jawabannya tergatung pada barang apa yang Anda beli.

Secara garis besar, ada dua kategori produk ata barang yang bisa dibeli di Alfagift, yakni produk pabrikan dan produk segar. Mana yang lebih lama mas? Untuk mengetahuinya Anda semua bisa membaca penjelasan dibawah ini:

Produk Pabrikan

Teman-teman semua tahukan maksud dari produk atau barang pabrikan? Yah benar, produk yang sudah dikemas atau umumnya berada di toko seperti cemilan, rokok, susu, mie dan lain sebagainya.

Untuk pesanan produkan pabrikan ini akan dikirim pada hari itu juga, durasi pengiriman tergatung seberapa jauh lokasi Alfamart dengan rumah pembeli, tapi umumnya berkisar antara 1 sampai 3 jam saja.

Produk Segar

Sementara untuk produk segar bukan berasal dari pabrikan atau biasanya tidak ada di toko, seperti buah-buahan dan lain sebagainya.

Durasi pemesan produk segar biasanya memakan waktu yang lebih lama dibanding produk segar, contohnya begini, kalau Anda melakukan pemesan produk hari ini sekitar jam 4 sorean, maka produk akan dikirim hari berikutnya.

Kalau pemesanan lewat dari jam 4 sore, maka pesanan baru akan diproses 2 hari berikutnya, karena sudah lewat waktu kerja aplikasi Alfagift, yakni mulai pukul 16.01 hingga pukul 23.59.

Jenis ProdukWaktu PemesananWaktu Pengiriman
Produk Pabrikan1 jam sebelum toko tutupSame day (di hari yang sama)
Saat toko tutupNext day (hari esoknya)
Produk Segar00.00 – 16.00Maksimal 1 hari setelah pemesanan
16.01 – 23.59Maksimal 2 hari setelah pemesanan

Keuntungan Belanja di Alfagift

Membahas apa saja keuntungan yang akan kita rasakan sebagai konsumen ketika menggunakan aplikasi Alfagift untuk belanja online. Menurut saya pribadi ada banyak sekali keuntungannya, untuk itu Anda bisa mengetahui keuntungannya sebagai berikut.

Ada Gratis Ongkir

Kalau belanja online, selain melihat harganya pasti banyak diantara Anda yang melihat berapa biaya ongkir nya bukan? Haha, sama saya juga gitu kok karena sayangnya kalau biaya ongkir mahal.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena saat menggunakan Alfagift untuk belanja online seperti membeli produk segar ataupun pabrikan tidak akan terkena biaya ongkir sama sekali, artinya pengiriman gratis.

Mendapatkan Koin Rewards

Tidak heran sih kalau sebuah aplikasi akan memberi imbalan berupa koin ketika kita selesai melakukan pembelian menggunakan aplikasi ini, tapi uniknya koin yang kita dapat dari aplikasi Alfagift bisa ditukar dengan produk atau barang tertentu loh.

Jadi bisa dibilang koin yang kita dapat dari aplikasi Alfagift adalah diskon yang kita dapat secara tidak langsung.

Baca Juga:

Belanja Jadi Mudah

Kalau ini sih sudah pasti ya, hadirnya aplikasi Alfagift hal yang paling terbantu adalah proses belanja barang untuk keperluan sehari-hari dengan mudah, karena kita tidak perlu repot-repot lagi ke toko Alfamart untuk membeli barang tertentu.

Hanya dengan bermodalkan ponsel saja, kita bisa membeli barang atau produk yang diinginkan, selain itu gerai Alfamart yang banyak tersebar di seluruh Indonesia membuat aktivitas belanja menggunakan Alfagift jadi lebih mudah.

Ada Fitur Khusus Promo

Siapa sih disini yang tidak suka dengan barang promo, bagi Anda yang ingin mengetahui barang atau produk mana yang sedang promo di Alfamart bisa menggunakan aplikasi Alfagift karena pihak mereka sudah mendesain fitur promo.

Pembayaran Mudah

Selain proses pemilihan barang atau produk yang mudah, ternyata dalam tahap pembayaran juga sama mudahnya loh. Hal ini dikarenakan Alfagift mendukung banyak metode pembayaran, diantaranya:

  • Virgo
  • Cash on Delivery (COD)
  • Gopay
  • Shopeepay
  • BCA Virtual Account
  • Mandiri Virtual Account
  • Transfer Bank
  • Credit Card/ Debit Online

Akhir Kata

Baiklah mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua mengenai Cara Membatalkan Pesanan di Alfagift dan informasi penting lainnya. Semoga informasi singkat diatas bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *