Cara Mengatasi Wa.Me/Settings Yang Membuat WhatsApp Error

Cara Mengatasi Wa.Me/Settings – WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia. Namun, seperti halnya aplikasi lainnya, WhatsApp juga dapat menghadapi masalah teknis yang mengganggu pengalaman pengguna. Salah satu penyebab umum WhatsApp mengalami error adalah masalah pada pengaturan Wa.Me/Settings.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda mengatasi masalah WhatsApp yang muncul akibat konfigurasi yang salah atau bermasalah pada pengaturan Wa.Me/Settings.

Sekilas Tentang Link wa.me/settings

Sebelum membahas lebih jauh terkait link wa.me diatas, apakah dari Anda semua sudah tahu apa sebenarnya link tersebut? kalau belum kita bahas sedikit disini ya, sementara bagi yang sudah paham bisa lanjut membaca penjelasan berikutnya.

Perlu Anda semua ketahui, sebenarnya link wa.me bukanlah link asing yang berasal dari luar platform, berarti masih ada kaitannya dengan aplikasi WhatsApp. Umumnya link tersebut digunakan untuk memulai obrolan tanpa harus menyimpan atau mengetahui nomor teleponnya.

Dengan mengklik link ini, Anda secara otomatis akan dibawa kehalaman chatting di aplikasi WhatsApp dan bisa mengirim pesan, foto, panggilan dan lain sebagainya.

Untuk bisa memberi tindakan demikian, pengguna harus memberi tambahan tanda “/” kemudian dilanjut dengan nomor telepon target. Contohnya begini “wa.me/621234121234554”.

Melalui link yang diberikan tersebut, Anda bisa langsung memulai obrolan dengan orang yang memiliki akun WhatsApp tersebut, tanpa harus menyimpan atau mengetahui nomor teleponnya.

Akan tetapi, untuk kasus link wa.me/settings, bukanlah tautan atau link yang akan membawa Anda ke halaman obrolan.

Penyebab Link wa.me/settings

Cara Mengatasi Wa.Me/Settings

Ternyata masalah seperti ini tidak terjadi pada satu atau dua orang pengguna WhatsApp saja, melainkan hampir semua pengguna WhatsApp, terutama pengguna perangkat android.

Berarti pengguna iOS tidak kena dong? Jawabannya belum pasti, meski sampai sekarang belum ada keluhan dari pengguna iOS terkait link wa.me/settings ini tapi tidak menutup kemungkinan tidak akan terkena juga.

Lantas apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi? Pihak peneliti keamanan siber independen yang merupakan seorang bug hunter (pemburu bug) menjelaskan bahwa masalah terkait link ini disebabkan karena bug pada aplikasi WhatsApp sehingga pengguna tidak bisa masuk ke halaman obrolan melalui link wa.me ini.

Selain karena adanya bug, pihak mereka juga memberi jawaban lain ada masalah teknis di aplikasi WhatsApp yang membuat pengguna tidak bisa masuk ke halaman obrolan.

Cara Mengatasi Wa.Me/Settings di Desktop

Jika Anda mengalami masalah dengan pesan “Wa.Me/Settings” di WhatsApp Desktop, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memperbaikinya. Perlu diingat bahwa sebelum menghapus pesan tersebut, pastikan akun Anda telah terhubung ke WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop. Berikut ini adalah langkah-langkahnya: 

  1. Buka WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop di komputer Anda. Pastikan Anda telah login dengan akun WhatsApp yang sama dengan akun di ponsel Anda.
  2. Cari dan buka chatroom pribadi atau grup yang berisi pesan “Wa.Me/Settings” tersebut. Anda dapat menggunakan fungsi pencarian untuk memudahkan proses ini.
  3. Setelah membuka chatroom tersebut, klik kanan pada pesan “Wa.Me/Settings” atau klik tanda panah ke bawah yang ada di sebelah pesan. Kemudian, pilih opsi “Delete for me” atau “Hapus Pesan” > “Hapus untuk saya”.
  4. Setelah Anda menghapus pesan tersebut, tutup WhatsApp Desktop atau WhatsApp Web di komputer Anda.
  5. Selanjutnya, buka kembali aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil.
  6. Setelah masuk ke aplikasi WhatsApp di ponsel, periksa apakah masalah telah teratasi dan WhatsApp Desktop berjalan normal kembali.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat memperbaiki kesalahan WhatsApp “Wa.Me/Settings” di Desktop. Jika masalah masih persisten, Anda dapat mencoba menghapus cache atau mengupdate aplikasi WhatsApp di komputer Anda. Pastikan juga bahwa sistem operasi komputer Anda sudah diperbarui ke versi terbaru.

Cara Mengatasi Wa.Me/Settings di Ponsel

Apabila Anda mengalami masalah dengan pesan “Wa.Me/Settings” di WhatsApp di ponsel Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk memperbaikinya. Jika pengirim masih dapat mengakses chatroom, Anda dapat menggunakan fitur “Delete for everyone” untuk menghapus chat tersebut secara keseluruhan melalui ponsel. Berikut adalah cara melakukannya: 

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dan masuk ke chatroom yang berisi pesan “Wa.Me/Settings” tersebut.
  2. Ketuk dan tahan (tap and hold) pesan “Wa.Me/Settings” tersebut hingga muncul menu opsi.
  3. Pilih ikon hapus yang biasanya berupa ikon tempat sampah atau ikon lain yang menunjukkan penghapusan.
  4. Dalam menu opsi yang muncul, pilih “Delete for everyone” atau opsi serupa yang berarti menghapus pesan tersebut untuk semua penerima chat.
  5. Setelah Anda memilih “Delete for everyone”, pesan “Wa.Me/Settings” tersebut akan dihapus dari chatroom tidak hanya pada ponsel Anda, tetapi juga pada ponsel penerima.

Jika pengirim pesan juga menghadapi kesulitan dalam membuka aplikasi WhatsApp di ponsel, Anda dapat menggunakan WhatsApp Desktop atau WhatsApp Web untuk menghapus pesan tersebut. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya dalam konteks penggunaan WhatsApp di komputer.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda diharapkan dapat memperbaiki kesalahan WhatsApp “Wa.Me/Settings” yang terjadi di ponsel Anda. Jika masalah masih berlanjut, disarankan untuk memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru atau menghubungi dukungan teknis WhatsApp untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *