Verifikasi E Meterai PERURI, Link Beserta Cara Cek Keasliannya

Verifikasi E Meterai PERURI – Pembahasan sebelum sudah Cp jelaskan mengenai platform yang menyediakan jasa untuk membeli E Meterai, mengingat saat ini banyak orang yang mencari informasi tersebut untuk melakukan pendaftaran CPNS.

Pada kesempatan kali ini Cp akan menjelaskan beberapa tips untuk mengecek keaslian dari E Materai yang Anda beli dari platform tertentu. Kenapa hal ini penting? Karena saat melakukan pendaftaran CPNS akan melewati tahap pemeriksaan, terutama pada E Meterai yang Anda gunakan asli atau tidak.

Meski kecil kemungkinan platform-platform besar yang menyediakan jasa pembelian E Meterai melakukan penipuan, hanya saja demi bisa membuat anda merasa tenang tidak ada salahnya mengetahui cara mengecek keaslian dari E Meterai yang digunakan agar tidak terkena masalah saat melakukan pendaftaran CPNS nantinya.

Cek Keaslian E Meterai

verifikasi e meterai peruri

Sebenarnya kasus e meterai palsu sudah banyak dibicarakan oleh PERUM PERURI sejak Agustus tahun 2022 lalu.

Beberapa kasus mengharuskan pembeli yang hendak membeli e meterai pada suatu platform, pembeli diminta mengirimkan dokumen kepada si penjual dengan format word.

Dikarena adanya pengecekan keaslian e meterai yang digunakan oleh calon peserta seleksi administrasi CPNS atau P3K.

Pada dasarnya cara mengecek e meterai dengan meterai tempel sangatlah beda, sehingga perlu pengetahui lebih untuk melakukan hal tersebut.

Ada beberapa ciri e meterai asli yang bisa Anda perhatikan agar tidak tertipu, diantaranya:

Setiap Kode Unik Berbeda

Kode uniknya sama halnya dengan nomor seri pada uang, karena setiap uang pasti akan memiliki nomor seri pencetakan. Sama halnya dengan kode unik yang digunakan pada e meterai, artinya setiap e meterai memiliki kode unik atau kode yang berbeda dengan e meterai lain. Jadi kalau kode uniknya sama bagaimana? Ya jelas dong antara dua e meterai tersebut ada salah satunya yang pasti palsu.

Posisi Gambar Garuda Tepat

Masih sama dengan uang yang memiliki gambar garuda sebagai tanda milik negara Indonesia. Ternyata e meterai juga begitu, ketika hendak memiliki e meterai Anda perlu memastikan beberapa hal terkait gambar Garuda, seperti warna hingga arah kepala dari e meterai benar.

Tulisan Meterai

Selanjutnya Anda perlu mengecek tulisan dari e meterai, karena pada dasarnya banyak orang yang mengira tulisan benar e meterai adalah “Materai” padahal yang benar yakni “Meterai”.

Kemudian, Anda juga harus mencari tahu tulisan ‘Meterai Elektronik’ pada e meterai yang Anda beli.

Lalu Anda juga bisa memerhatikan nominal harga yang terdapat pada e meterai yaitu berbentuk angka dan huruf kapital.

Cara Verifikasi E Meterai Peruri

Apabila Anda mengalami masalah dalam mengidentifikasi keaslian dari e meterai yang dibeli, Anda bisa menggunakan laman resmi PERURI.

Selain versi website, ternyata PERURI juga menyediakan versi aplikasi yang tentukan akan lebih mudah digunakan.

Ketika melakukan verifikasi e meterai pada laman PERURI akan tampil beberapa data seperti status verfiikasi, tanggal penandatanganan, nomor kode, dll.

Terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan, diantaranya:

Lewat Laman Resmi PERURI

  • Langkah pertama kunjungi link berikut ini verification.peruri.co.id
  • Jika sudah, silahkan unggah file berisi e meterai pada kolom yang tersedia
  • Centang kotak ‘I’m Not robot’
  • Isi captcha dengan tepat
  • Tunggu hingga proses validasi berlangsung
  • Apabila e meterai tersebut asli maka Anda akan mendapat tampilan informasi terkait data dokumen

Lewat Aplikasi PERURI

  • Langkah pertama Anda harus install aplikasi PERURI pada Apsstore atau Playstore
  • Kemudian, buka apiikasi yang telah diinstal
  • Letakkan scanner di hadapan QR Code e meterai Anda
  • Klik ‘scan’
  • Apabila e meterai asli, maka akan ditampilkan lambang PERURI dengan nomor unik dan tanggal serta jam pembelian e meterai.
  • Selesai.

Mudah bukan? Baiklah mungkin hanya itu yang bisa Cp jelaskan kepada Anda semua mengenai Verifikasi E Meterai PERURI. Semoga informasi singkat diatas bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *