Apa Itu Kondar Pinjol? Ini Arti dan Cara Mencegahnya

Apa Itu Kondar Pinjol? Kita semua pasti sudah tahukan perkembangan pinjaman online saat ini pesat sekali, hal tersebut dapat dilhat dari banyaknya platform yang menyediakan jasa pinjol atau pinjaman online.

Semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan jasa pinjol ini, mengharuskan mereka untuk paham tentang istilah-istilah baru yang berkaitan dengan aktivitas pinjol.

Ada banyak sekali istilah yang berkaitan dengan pinjol, seperti galbay, kondar, acc, dan sebagainyak. Salah satu istilah yang masih banyak warganet tidak ketahui adalah Kondar.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Calonpengangguran akan menjelaskan secara detail arti dan makna istilah Kondal dalam pinjol atau pinjaman online sebagai berikut.

Sekilas Tentang Kondar Pinjol

Apa Itu Kondar Pinjol

Perlu Anda semua ketahui, istilah yang muncul di masyarakat Indonesia adalah sebuah bahasa yang dibuat secara spontan, uuhui. Artinya istilah-istilah memang sengaja dibuat dengan tujuan memudahkan pengguna dalam menyebutkan suatu hal.

Salah satunya adalah Kondar Pinjol, istilah ini memiliki arti yang berkaitan dengan singkatan “Kontak Darurat Pinjaman Online”.

Jadi, kalau ternyata nomor telpon Anda digunakan oleh orang lain ketika mendaftar pinjol, maka nomor Anda akan dihubungi oleh si pemberi pinjaman karena beberapa hal, seperti si peminjam telat melakukan pembayaran.

Cara Agar Pinjol Ilegal Tidak Bisa Menelpon Nomor Anda

Meski sebenarnya nomor darurat adalah nomor yang sengaja diberikan oleh si peminjam kepada pemberi pinjaman, dengan tujuan kalau si peminjam telat membayar cicilan akan menghubungi nomor darurat tersebut.

Tapi, tak jarang pula orang tidak tahu kalau nomornya didaftarkan sebagai nomor darurat sehingga mereka merasa risih kalau ditelpon-telpon.

Tapi tenang saja, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar pinjol ilegal tidak bisa mengakses nomor telpon Anda, diantaranya:

  • Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah matikan Akses Kontak Aplikasi, untuk bisa mengaktifkan cara ini Anda hanya perlu setting izin aplikasi Pinjol di pengaturan smartphone. Supaya di pinjol tidak bisa menghubungi Anda, silahkan matikan akses kontak buat aplikasi tersebut. Dengan begitu, platform tersebut tidak akan bisa dengan mudah mengakses kontak daruratmu.
  • Saat melakukan pendaftara, Anda bisa memasukan Nomor Darurat Palsu atau nomor yang sudah tidak aktif, dengan begitu si pinjol tidak akan menghubungi nomor darurat yang Anda daftar. Selain itu juga, Anda tidak perlu susah melakukan setting izin.
  • Selain beberapa cara diatas, Anda bisa menggunakan Aplikasi Pemantau Izin, terdapat banyak sekali aplikasi yang bisa Anda install agar membantu Anda dalam mengecek izin-izin yang diminta sama aplikasi.
  • Hal terakhir dan saran dari saya, ketika Anda hendak mengajukan pinjaman online, terutama ke platform ilegal untuk selalu memastikan Syarat dan Ketentuan, jangan sampai syarat dan ketentuan yang diberikan merugikan Anda kedepannya.

Apakah Platform Pinjol Bisa Mengakses Kondar?

Perlu Anda semua ketahui, antara platform legal dan ilegal memiliki sistem kerja yang berbeda. Untuk platform legal hanya meminta izin akses pada kamera, lokasi, dan suara di ponsel pengguna.

Pihak mereka tidak akan meminta izin akses lebih dari itu, karena akan melanggar ketentuan dan syarat dari OJK atau lembaga keuangan lainnya yang mengawasi platform mereka.

Sementara pinjol ilegal akan meminta akses lebih banyak ke ponsel Anda, seperti meminta izini mengakses kontak darurat yang tersimpan di ponsel. Tujuan utama dilakukan hal ini, untuk mengejar si peminjam yang tidak membayar tagihan.

Cara Memerikan Izin Akses Kontak Darurat Pinjol

Apabila Anda semua sedang mengalami masalah ini dan tidak tahu apakah aplikasi pinjol ilegal yang digunakan meminta izin mengakses kontak Anda, coba lakukan beberapa cara dibawah ini:

  • Langkah pertama buka aplikasi Google Play Store.
  • Kalau sudah, Anda bisa cari nama aplikasi pinjol yang ingin diperiksa.
  • Jika sudah menemukannya, klik “About this app,” lalu “App permission.”
  • Klik “See more.”
  • Apabila ada opsi “Contacts” di menu “App permission,” itu berarti aplikasi pinjol dapat mengakses daftar kontak di ponsel Anda.

Cara Mencegah Platform Pinjol Mengakses Kontak Anda

Setelah Anda mengetahui, ternyata aplikasi pinjol yang daftarkan meminta izin untuk mengakses kontak. Menurut saya, cara mencegahnya bisa Anda coba agar orang yang terdaftar di kontak Anda tidak merasa terganggung.

  • Pertama Anda bisa hapus data dan cache aplikasi pinjol yang bersangkutan.
  • Lalu, uninstall sepenuhnya aplikasi pinjaman online tersebut.
  • Setelah itu, Anda bisa pertimbangkan untuk mengganti nomor kartu jika perlu.
  • Hubungi call center pinjaman terkait untuk mengklarifikasi masalah pembayaran.
  • Laporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar tindakan yang sesuai dapat diambil.
  • Setelah Anda mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menjaga privasi dan menghindari kontak yang tidak diinginkan dari pinjol ilegal. Kedepannya Anda harus lebih berhati-hati dan teliti sebelum memberikan izin akses pada aplikasi pinjol.

Baiklah mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua mengenai Apa Itu Kondar Pinjol beserta cara mencegahnya agar tidak dihubungi. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *