Apa Itu Surel Pemulihan Telegram? Ini Penjelasan dan Langkah-Langkah Membuatnya

Surel Pemulihan Telegram merupakan salah satu fitur yang kini disediakan oleh Telegram guna membantu para pengguna yag tidak ingat kata sandi mereka atau akun mereka terkunci. Fitur ini memudahkan pengguna untuk dapat memasukkan alamat surel terkait akun Telegram yang mereka miliki dan menerima tautan pemulihan melalui surel yang dibuat tersebut.

Sesudah menerima tautan pemulihan biasaya pengguna bisa memakai tautan tersebut bila ingin mengatur ulang kata sandi mereka dan mengakses kembali ke akun telegram mereka. Untuk lebih jelasnya Cp akan menjelaskan beberapa hal terkait surel di Telegram sebagai berikut.

Arti Surel Pemulihan Telegram

Apa Itu Surel Pemulihan Telegram

Bagi Anda yang ingin mengetahui arti surel pemulihan telegram, maka simak bagian yang satu ini. Surel sendiri merupakan singkatan dari Surat Elektronik. Surat ini sangat berbeda dengan surat lai yang ditulis di atas kertas. Karena surat elektronik akan dikirim lewat email atau menggunakan internet. Alamatnya pun kerap disebut sebagai alamat email.

Bagi yang ingin menggunakan surel maka Anda perlu memiliki alamat email. Email disini tujuannya adalah sebagai lokasi tujuan pengiriman surat. Jadi bagi Anda yang sampai saat ini belum memiliki email silahkan membuatnya terlebih dahulu. Dengan memiliki email, Anda pastinya akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan orang lain di dunia maya.

Nah untuk surel pemulihan sendiri merupakan alamat email yang di dalamnya terdapat informasi tentang pemulihan akun. Email pemulihan sendiri kerap disebut alamat email sekunder dan alamat email utama merupakan alamat email primer.  Perlu diketahui, alamat email pemulihan yang dibuat akan membantu Anda supaya bisa memulihkan akun dan merupakan alamat yang memiliki pemberitahuan keamanan di dalamnya.

Tidak hanya membantu melindungi akun para penggunanya saja, email pemulihan juga kerap berfungsi bila ada orang lain yang ingin membuka akun Anda. Jadi email pemulihan akan menyulitkan orang lain yang bukan Anda dalam membuka akun. Tentunya ini dapat mencegah orang lain untuk mengakses akun apalagi sampai mengubah informasi keamanan Anda.

Alasan Surel Pemulihan Telegram Penting?

Terdapat beberapa alasan mengapa surel pemulihan telegram akan sangat berguna bagi para pengguna telegram. Di era digital seperti sekarang ini, kita mungkin akan sering menghadapi situasi lupa kata sandi dan tidak memiliki akses lagi ke nomor yang sudah terdaftar pada akun telegram kita. Karena itu, telegram menghadirkan Fitur Surel Pemulihan ini yang akan sangat berguna untuk kita supaya bisa mengakses kembali ke akun tanpa harus buat akun yang baru.

Baca Juga:

Tahapan Cara Menggunakan Surel Pemulihan Telegram

Nah bagi yang sudah mengetahui apa itu surel pemulihan telegram dan mengerti alasan betapa pentingnya fitur ini, berikut kami bagikan pula beberapa cara menggunakan surel pemulihan telegram yang dapat dilakukan:

  1. Bukan aplikasi telegram terlebih dahulu
  2. Masuk ke menu login
  3. Cari tulisan lupa kata sandi dan klik yang letaknya di bawah kolom masuk
  4. Silahkan input nomor telepon yang terdaftar pada akun telegram Anda
  5. Klik lanjutkan
  6. Setelah itu, telegram akan langsung mengirim kode verifikasi ke nomor hp Anda lewat psan teks atau bisa pula panggilan suara. Silahkan masukkan kode verifikasi yang diberikan
  7. Jika sudah memasukkan kode verifikasi, biasanya telegram akan menampilkan opsi memasukkan surel pemulihan yang sudah Anda daftarkan tadi.
  8. Bagi yang belum pernah atur surel pemulihan telegram sebelumnya, maka Anda bisa gunakan langkah yang satu ini yaitu masuk ke akun dengan menggunakan kata sndi baru yang diberikan Telegram.
  9. Bila ingin mengatur surel pemulihan sebelumnya, silahkan masukkan alamat yang terdaftar
  10. Aplikasi telegram akan mengirim tautan link pemulihan ke alamat tersebut. Silahkan buka surel pemulihan yang sudah dikirim tadi dan klik tautan yang ada
  11. Setelah itu, pengguna telegram akan diarahkan ke menu pengaturan kata sandi. Silahkan masukkan kata sandi baru yang memang Anda ingat dan kemudian konfirmasikan.
  12. Masukkan kata sandi yang baru supaya bisa masuk ke dalam akun telegram anda.

Penting sekali untuk diingat jika surel pemulihan Telegram harus diatur dulu sebelumnya dan harus dijaga selalu kerahasiaannya supaya tidak ada yang mengetahui ataupun menyalahgunakannya. Karena meskipun telegram sudah dibekali fitur keamanan yang canggih tetap saja pengguna harus waspada supaya akun mereka tidak digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Dsini para pengguna juga tidak boleh membagikan surel pemulihan telegram ke orang lain ataupun memasukkannya lewat website yang tidak terpercaya. Jadi berhati-hatilah bila sudah memiliki surel pemulihan akun Telegram supaya selalu aman.

Nah bagi Anda para pegguna telegram, silahkan ketahui dulu apa itu surel pemulihan telegram, alasan mengapa harus menggunakan surel pemulihan dan langkah-langkah yang harus dilakukan. Semoga Anda bisa paham dengan penjelasan yang kami sampaikan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *