Apa Arti Jomok Dalam Bahasa Gaul Yang Viral? Ini Penjelasannya!

Memahami sebuah kata atau istilah yang muncul di sosial media memanglah sangat penting, agar kita tidak salah menggunakan kata tersebut dalam kegiatan sehari-hari.

Ada banyak hal yang menyebabkan sering sekali muncul istilah atau kata baru, salah satunya karena sebuah trend yang membuat banyak pengguna menggunakan kata atau istilah itu, baik dalam konten yang di posting ke sosial media ataupun saat berbicara langsung dengan teman.

Berbicara mengenai kata atau istilah yang viral, pasti kamu sering mendengar atau melihat orang yang menyebutkan kata Jomok bukan, sebenarnya apa sih arti kata jomok itu? Pada kesempatan kali ini Cp akan menjelaskannya pada pembaca semua sebagai berikut.

Apa Sih Jomok?

Perlu kamu semua ketahui, jomok adalah istilah atau kata yang belakangan sedang viral di sosial media salah satunya di aplikasi Tiktok sehingga banyak orang penasaran mengenai istilah ini.

Apabila kita lihat dari aspek lokal atau budaya, Jomok merupakan sebuah kain yang terbuat dari kulit kayu dan merupakan produk asli dari suku dayak.

Suku dayak merupakan sekelompok etnik atau bangsa yang tinggal dipedalaman pulau Kalimantan dengan kebudayaan yang kental, seperti adat istiadatnya, budaya dan lain-lain.

Meski perkembangan teknologi sudah sangat maju, suku dayak tidak terpengaruh akan hal itu karena mereka memberi aturan yang tegas untuk tidak menggunakan teknologi, terutama suku dayak dalam.

Lantas apa hubungannya antara jomok yang viral di sosial media dan kebudayaan suku dayak?

Apa Arti Jomok Dalam Bahasa Gaul?

Apa Arti Jomok

Sebenarnya arti dari kedua aspek, yakni suku dayak dan sosial media mengenai Jomok sangatlah bertolak belakang, karena jomok dalam artian suku dayak adalah kain adat mereka yang terbuat dari kulit kayu, sementara artian warganet yang beredar di sosial media “Jomok” adalah Joker Homok yang mengarahkan pada orang berkulit hitam.

Jadi bisa kita tarik kesimpulan, jomok yang beredar di sosial media tidak ada kaitannya dengan suku daya, melainkan semua cadaan yang mengarah pada orang yang identik berkulit hitam.

Tidak hanya itu saja, kata ini juga digunakan kepada pengguna yang merupakan seorang gay atau istilahnya adalah seorang homo, sehingga ada kata homok yang memiliki arti seorang laki-laki suka dengan laki-laki juga.

Oleh karena itu, kata ini akan sering muncul bersamaan dengan meme dengan gambar seorang pria berkulit hitam, bertato, memakai topi seperti gambar diatas. Memang sih tidak bisa dipungkiri lagi, kalau warganet Indonesia sering kali membuat jokes gelap atau istilahnya dark jokes.

Bahan cadaan warganet saat ini adalah seorang pria berkulit hitam dan seorang homo dijadikan sebagai foto meme dengan caption “Jomok”.

Berdasarkan penjelasan mengenai apa arti Jomok dalam bahasa gaul diatas, tentunya kita semua bisa tahu kalau ini bukan hanya sekedar cadaan semataan, melainkan pembullyan yang seharusnya tidak dilakukan, meski kita tahu di Indonesia memang melarang keras kelompok LGBT.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *