Apa Arti wipe Data? Ini Penjelasan dan Tutorialnya

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan pengguna paham dengan istilah-istilah baru yang bermuncul.

Salah satu sektor yang paling berpengaruh adalah pengguna smartphone. Bisa dibilang smartphone menjadi kebutuhan pokok karena hampir semua aktivitas bisa dilakukan melalui ponsel.

Oleh karena itu, sebagai pengguna tentu Anda harus selalu update terkait penggunaan smartphone, terutama munculnya sebuah kata atau istilah.

Istilah wipe data seringkali ditemukan di berbagai perangkat elektronik seperti smartphone hingga Komputer.

Namun tidak sedikit orang yang belum mengetahui Apa Arti wipe data, apa sebenarnya definisi dari istilah tersebut? Berikut penjelasannya. 

Apa Arti Wipe Data?

Apa Arti wipe Data

Jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, secara bahasa arti Wipe data adalah membersihkan data atau menghapus data, istilah ini sering ditemukan pada perangkat elektronik seperti ponsel hingga komputer. 

Namun jika diterjemahkan secara istilah wipe data merupakan aktivitas menghapus data di smarthphone dan mengembalikannya kepada pengaturan semula.

Wipe data atau yang lebih dikenal dengan factory reset merupakan salah satu solusi yang ditawarkan jika android mengalami masalah seperti berjalan terlalu lambat dan lain sebagainya.

Dengan melakukan wipe data maka android akan menghapus semua aplikasi dan data yang diinstal di perangkat kemudian mengembalikannya kepada pengaturan awal, itulah mengapa istilah ini juga dikenal sebagai Factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik. 

Saat melakukan wipe data, yang dihapus bukan hanya aplikasi terinstal saja namun semua data yang tersimpan seperti dokumen, foto, video hingga kontak yang terseimpan juga akan terhapus.

Oleh sebab itu jika kalian ingin melakukan wipe data namun di dalam ponsel terdapat beberapa data penting ada baiknya memindahkan data tersebut ke perangkat lain atau mencadangkannya ke kartu SD. 

Wipe data tidak akan mempengaruhi kartu SD karena kartu SD tersebut bukan merupakan bagian dari perangkat internal Smartphone. Jadi saat kalian melakukan wipe data, data penting yang telah dipindahkan tetap aman dan utuh. 

Mengapa Wipe Data dilakukan?

Saat ponsel bermasalah, ada beragam solusi yang ditawarkan dan wipe data ini adalah salah satunya. Tidak semua smarthphone yang bermasalah harus diatasi dengan wipe data, sebelum melakukan wipe data, beberapa orang biasanya melakukan restart lebih dahulu.

Namun jika cara ini sudah dilakukan dan tidak mengalami perubahan sama sekali, maka wipe data menjadi solusi terakhir yang ditawarkan. Wipe data menjadi solusi terakhir apabila sistem operasi perangkat tersebut tidak bisa berjalan dengan baik.

Wipe data bukan hanya mampu mengembalikan pengaturan ponsel kembali seperti semula dan memperbaiki kinerja sistem ponsel, namun hal ini juga dapat menghapus malware atau virus yang membuat ponsel berjalan lambat hingga mengalami error. 

Cara Melakukan Wipe Data

Melakukan wipe data tidaklah begitu sulit, namun kalian perlu berhati-hati agar sesuatu yang tidak diinginkan tidak terjadi. Bagi kalian yang ingin melakukan wipe data karena ponsel terserang malware atau virus, dapat mengikuti tutorial berikut ini. 

  • Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mematikan perangkat Android terlebih dahulu
  • Kemudian tekan volume atas dan power pada perangkat android, secara otomatis kalian akan dibawa ke halaman recovery data
  • Setelah itu arahkan ke menu “ Wipe data/ factory reset” dengan menggunakan tombol volume bawah atau tombol volume atas. 
  • Setelah menemukan factory reset/ wipe data, klik “oke” dengan menekan tombol power
  • Kemudian ikuti semua petunjuk yang muncul di layar ponsel hingga proses wipe data berlangsung
  • Jika proses wipe data sudah selesai, maka ponsel tersebut akan kembali ke menu utama seperti awal kalian membeli ponsel tersebut. 

Penutup

Itulah arti kata Wipe data, Wipe data merupakan istilah yang ditemukan di perangkat seluler. Istilah ini merupakan perintah untuk membersihkan data ponsel dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik. 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *