Apa Arti Lukisan Renato Cristiano? Ini Penjelasan Lengkapnya

Apa itu Lukisan Renato Cristiano? Seni lukis merupakan hasil karya seni rupa dua dimensi yang mungkin paling banyak ditemui dibandingkan dengan karya seni rupa lain. media lukis menjadi salah satu cara para seniman atau pelukis untuk mengekpresikanide mereka, oleh sebab itu setiap pelukis memiliki ciri khas masing-masing.

Selain memiliki ciri khas masing-masing, setiap lukisan memiliki makna tersendiri, jadi walaupun objeknya sama, namun arti atau makna dalam lukisan tersebut diterjemahkan dengan cara yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri terdapat banyak pelukis hebat salah satunya Renato Christiano, namun sayangnya tidak banyak yang tahu apa arti lukisan Renato Cristiano tersebut.

Arti Lukisan Renato Cristiano

Arti Lukisan Renato Cristiano

Apakah Anda pernah melihat lukisan Renato Cristiano sebelumnya? Bisa saja anda sudah pernah melihat lukisan ini namun tidak tahu kalau ini adalah karya dari seorang Renato Cristiano.

Sekilas lukisan tersebut terlihat cukup kurang jelas dan mendekati lukisan abstrak, jika dilihat dari objek lukisan ini terdapat beberapa gambar manusia di tepi pantai. Lalu apa makna lukisan tersebut?

Renato Cristiano memiliki lukisan bertema keluarga nelayan, lukisan ini dilukis pada tahun 1950 an sesaat setelah Indonesia merdeka. Lukisan nelayan (1950) menampilkan cerita keluarga nelayan yang bersiap-siap menuju ke suatu tempat  atau barangkali justru baru tiba di tempat penangkap ikan.

Dalam lukisan ini terlihat tema menyambung keberagama alam, dimana kegiatan sehari-harinya tidak terlepas dari bingkai keindahan alam dengan obje pantai, ombak, gunung dan sawah.

Lukisan Renato Cristiano memiliki arti sebuah gambar yang berulang dari kehidupan sehari-hari yang bergantung pada keberkahan dan kekayaan laut. Lukisan ini menggambarkan para nelayan yang menyerahkan nasib mereka pada lautan untuk mencari rezeki kepada keluarga mereka.

Dalam lukisan ini juga dapat dilihan alam yang sangat luas dengan menempatkan manusia sebagai objek kecil didalamnya.

Siapa itu Renato Cristiano

Seperti yang dikatakan sebelumnya, ada banyak orang yang tidak mengetahui siapa itu Renato Cristiano. Untuk mengenalkan Renato pada publik, seorang penulis bernama Bruce W. Carpenter menulis sebuah buku khusus Cristiano.

Melalui sebuah buku yang ditulis oleh Bruce W. Carpenter berjudul Renato christiano “a Journey Through painting”, Bruce memperkenalkan Ranto Cristiano sebagai seorang seniman yang sangat jarang disebut dalam peta seni rupa Indonesia. Padahal ini memiliki peran penting khususnya di dunia seni.

Renato cristiano merupakan seorang seniman asing yang berasal dari Eropa yang memiliki peran penting dan bekerja di Bali setelah perang dunia II dan kemerdekaan Indonesia.Tidak banyak sumber yang membahas tokoh yang satu ini, walaupun perannya cukup penting namun hanya segelintir orang saja yang mengenalnya.

Diketahui Renato Cristiano lahir di Italia pada tahun 1926 dan mendedikasikan hidupnya sebagai seorang seniman. Untuk mengenal Renato dan mengetahui hasil karyanya, semua perjalanan hidup dibedah panjang lebar oleh Bruce W. Carpenter pada buku bagian pertama yang berjudul “ the life and art of Renato Cristiano”.  Sementara karya-karyanya akan dibahas pada bagian-bagian selanjutnya.

Walaupun sebagian besar karya seniman ini dipilih-pilih ke dalam berbagai periode sesuai dengan upaya mereka, namun dapat diketahui kalau Cristiano memiliki gaya dan tema tertentu.Dari patung dan juga tulisannya dua dianggap sebagai seorang seniman yang unik. Dia bahkan telah diidentifikasi oleh kritikus seni berdasarkan gaya dan tema tertentu.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *