Kenapa Paket Edu Indosat Tidak Bisa Digunakan? Ini Cara Mengatasinya!

Kenapa Paket Edu Indosat tidak bisa digunakan? Mungkin ada banyak orang yang bertanya-tanya hal demikian setelah melakukan registrasi ataupun mengaktifkan paket edu indosat mereka.

Diketahui paket edu Indosat dibandrol dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis paket lain seperti paket utama, hal ini juga yang membuat banyak orang tertarik untuk membelinya, namun saat mereka mencoba mengakses internet, sayangnya paket tersebut malah tidak bisa digunakan. Lalu apa yang menyebabkan paket edu Indosat tidak bisa digunakan? Berikut pembahasannya

Apa itu Paket Edu Indosat

Paket edu Indosat yaitu paket internet  provider indosat yang digunakan untuk mendukung aktivitas belajar siswa dan mahasiswa dengan mengakses data secara gratis ke platform pembelajaran online.  Seperti yang Anda ketahui, belakangan ini pembelajaran online sedang trend dilakukan karena beberapa penyebab.

Saat melakukan belajar daring, para pengajar dan pelajar membutuhkan kuota sepanjang hari agar mereka dapat mengakses beberapa platform edukasi. Namun sayangnya paket pada umumnya terlalu mahal untuk kantong siswa, oleh sebab itu beberapa provider menawarkan paket Edu yang biasanya memiliki harga yang jauh lebih murah

Sesuai namanya, paket edu ini dihadirkan untuk mengakses aplikasi yang berbau edukasi seperti ruang guru, zenius, zoom meeting dalm lain-lain. dengan memiliki kuota khusus untuk mengakses konten edukasi, diharapkan para pelajar bisa melakukan proses belajar mengajar tanpa takut kuota utama mereka terkuras habis.

Dengan menggunakan layanan paket Edu Indosat, diharapkan para siswa dan mahasiswa mampu belajar dengan lancar tanpa adanya gangguan, kini mereka tidak punya alasan lagi saat melakukan belajar daring.

Penyebab paket Edu Indosat tidak bisa digunakan

Kenapa Paket Edu Indosat Tidak Bisa Digunakan

Demi bisa menyelesaikan suatu masalah, mengetahui hal apa saja yang bisa menyebabkan masalah ini sangat penting. Sama halnya dengan masalah paket edu Indosat yang tidak bisa digunakan, ada banyak penyebab Paket Edu Indosat tidak bisa digunakan, diantaranya:

Kualifikasi dan Status Pelajar

Pada umumnya paket Edukasi Indosat yang ditawarkan harus memenuhi syarat tertentu. Misalnya saja orang-orang  yang berada dalam ruang lingkup pendidikan seperti pelajar dan mahasiswa, jika Anda bukan bagian dari orang tersebut, bisa saja inilah yang menjadi penyebab utama Anda tidak bisa menggunakan paket Edu Indosat

Batasan Jangkauan Kuota

Alasan yang paling masuk akal kenapa paket Edu Indosat tidak bisa digunakan adalah batasan kuota itu sendiri, paket edukasi di berbagai provider pada umumnya disertai dengan kuota data tertentu hanya dapat mengakses situs web atau aplikasi berbasis pendidikan. 

Jadi apabila Anda mengakses platform lain yang tidak termasuk ke dalam kategori edukasi, maka kuota edu tersebut otomatis tidak bisa berjalan. Anda tidak bisa login ataupun hanya sekedar membuka sosial media Anda. Beberapa contoh platform yang dapat diakses paket Edu Indosat yaitu seperti ruang guru, zoom meeting dan beberapa aplikasi yang mendukung pembelajaran lainnya.

Batas Akses Geografis

Selain kedua penyebab di atas, alasan umum mengapa paket edu indosat tidak dapat digunakan yaitu keterbatasan akses geografis. Beberapa paket hanya tersedia di beberapa wilayah tertentu, jadi pada saat Anda tidak berada di wilayah tersebut maka paket tersebut otomatis tidak bisa digunakan. 

Masa Aktif Paket

Setiap paket memiliki masa aktifnya tersendiri, termasuk paket edu Indosat ini. jika masa aktif paket sudah berakhir walaupun kuota masih banyak, otomatis Anda tidak akan bisa menggunakan paket tersebut. pastikan untuk memeriksa tanggal berakhirnya paket dan jika diperlukan, Anda bisa kembali memperpanjang masa aktifnya.  

Cara Mengatasi Paket Edu Indosat Tidak Bisa Digunakan

Setelah mengetahui apa saya penyebab masalah diatas, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengatasi masalah tersebut. Sebelum itu, Anda semua harus paham kalau paket edu Indosat tidak bisa digunakan untuk browsing Google, nonton Youtube dan lain sebagainya. Paket ini memang ditujukan untuk aktivitas belajar daring, bukan untuk memenuhi kebutuhan kuota utama. Adapun beberapa cara mengatasi paket edu Indosat tidak bisa digunakan, yaitu:

  • Bagi Anda yang ingin melakukan browsing, nonton Youtube atau lain sebagainya tidak akan bisa menggunakan paket edu Indosat, diperlukan paket kuota utama. Kalau ternyata Anda tidak memiliki kuota utama, cara paling mudah adalah menghubungkan WiFi atau tethering.
  • Selain itu Anda juga menggunakan paket edu Indosat menjadi kuota utama, caranya sangatlah mudah. Pertama Anda install aplikasi Psiphon Pro, kemudian Anda harus mematikan semua koneksi internet baik wifi ataupun data seluler, upgarde aplikasi agar memperoleh speed internet, di halaman utama centang opsi Tunnel Whole Device dan Disable timeouts for slow networks, lalu klik stars. Maka secara otomatis paket edu indosat bisa digunakan.

Bagaimana mudah bukan? Mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga:

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *