Apakah Kredito ada DC Lapangan Yang Datang Ke Rumah? Ini Penjelasannya!

Apakah kredito ada DC lapangan? Pinjol menjadi salah satu hal yang paling banyak dilakukan saat ini. hanya dengan modal hp, kita bisa mendapat pinjaman tanpa jaminan apapun. Pinjaman online juga terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu legal, semi legal dan illegal. Salah satu aplikasi pinjaman online yang populer yaitu Kredito.

Pada umumnya platform pinjaman online memiliki DC untuk menagih tagihan yang tidak dibayarkan. Mungkin banyak diantara para pengguna pinjaman online yang menanyakan hal ini. Mereka penasaran apakah DC tersebut benar-benar datang ke rumah untuk menagih tagihan yang tidak kunjung dibayarkan. Lalu apakah kredito ada DC lapangan? Berikut pembahasannya

Apa itu Kredito dan DC Lapangan

Apakah Kredito ada DC Lapangan

Kredito merupakan salah satu platform pinjaman online tanpa agunan. Hanya dengan bermodalkan hp dan identitas diri, kita bisa mendapatkan pinjaman dari aplikasi ini. Kredito menawarkan pinjaman mulai dari 400.000 rupiah sampai dengan 15.000.000 rupiah. Biasanya semakin baik catatan peminjam, maka pinjaman tersebut akan naik. 

Lalu apakah kredito ini merupakan aplikasi pinjol legal? Sayangnya kredito bukan merupakan aplikasi pinjol legal melainkan semi ilegal. Saat melakukan pinjaman online di pinjol illegal, ada banyak konsekuensi yang harus ditanggung, misalnya bunga berkali lipat, ancaman sebar data dan lain sebagainya. Lebih buruknya jika DC lapangan dayang menagih langsung ke rumah peminjam. 

Apa yang dimaksud dengan DC lapangan? DC atau Debt Collector yang bertugas untuk menagih hutang langsung ke lapangan atau rumah peminjam yang gagal membayar hutang tersebut. DC dapat menemukan rumah atau alamat Anda karena Anda telah memberikan identitas kepada pihak peminjam. 

DC lapangan juga bermacam-macam, namun pada umumnya aplikasi pinjol legal ah yang memiliki DC lapangan. Jadi sebelum para DC tersebut datang ke rumah Anda, ada baiknya melunasi hutang secepat mungkin. Jika tidak Andaakan menerima berbagai resiko

Apakah Kredito Punya DC lapangan

Mungkin banyak yang bertanya, sebagai aplikasi pinjol legal apakah kredito ada DC lapangan? Perlu diketahui Kredito merupakan salah satu aplikasi pinjol yang keberadaanya cukup populer di Indonesia. Walaupun tidak sepopuler aplikasi pinjol lain, namun hingga saat ini cukup banyak yang menggunakan aplikasi yang satu ini. 

Kembali ke pembahasan, apakah kredito punya DC lapangan? Untuk beberapa wilayah tertentu seperti jabodetabek, kredito memiliki DC lapangan yang bertugas untuk menagih hutang kepada para peminjam yang galbay. Namun di daerah lain hingga saat ini DC lapangan belum tersedia. 

Lalu apa yang menyebabkan Kredito tidak punya DC apanga? Dari beberapa informasi yang didapatkan. Kredito merupakan aplikasi pinjaman online semi ilegal. Pinjol sei ilegal adalah platform pinjaman online yang telah di awasi Ojk dan seharusnya mentaati peraturan yang sesuai dengan OJK. Namun pada kenyataannya, pinjol semi legal ini berbeda prakteknya di lapangan. 

Sebelum melakukan penagihan secara langsung ke lapangan, biasanya para DC akan menghubungi peminjam untuk segera melakukan pelunasan. Mereka akan memberikan beberapa kali kesempatan untuk melunasi hutang tersebut. namun jika peminjam tidak punya itikad baik, barulah mereka menagih secara langsung. 

Syarat Mengajukan Pinjaman di Kredito

Adapun beberapa syarat ketika kita ingin meminjam uang di aplikasi pinjaman online Kredito adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Berdomisili di Indonesia
  • Berusia di atas 18 tahun – 55 tahun
  • Memiliki Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau kartu karyawan
  • E-KTP yang masih berlaku, (KTP lama dan Resi KTP tidak berlaku)
  • Berstatus mahasiswa aktif atau karyawan yang masih bekerja
  • Memiliki rekening bank aktif sesuai dengan nama KTP-nya

Kapan DC Lapangan Akulaku Akan Datang Ke Rumah?

Bagi Anda yang mengalami galbay atau gagal bayar tagihan di Kredito, maka pihak Kredito berhak mengirim DC lapangan ke rumah Anda untuk menagih hutang tersebut. Pertanyaan kapan DC akan datang? Jawabannya tergantung, lokasi rumah Anda, jumlah hutang Anda, ketersediaan DC lapangan di lokasi Anda dan lain sebagainya, namun dari informasi yang saya dapat untuk peminjam yang tinggal di Ibu Kota akan lebih cepat didatangi oleh DC lapangan sekitar 3 bulan telat membayar tagihan.

Menjelang 3 bulan tersebut, DC yang ditugaskan akan selalu mengirim ada pesan dan melakukan panggilan ke nomor yang sudah Anda daftarkan saat mengajukan pinjaman di Kredito agar si peminjam bisa segera membayar hutang tanpa harus didatangi ke rumahnya.

Setelah semua upaya yang dilakukan DC tidak berhasil, baru DC lapangan akan mendatangi rumah Anda untuk menagih utang secara langsung. Jika ini sampai terjadi pada Anda, sedikit saran dari saya mintalah dokumen dan surat tugas dari DC Lapangan tersebut agar tidak ada kesalahpahaman. Adapun beberapa dokumen yang harus Anda minta kepada DC Lapangan, diantaranya:

KTP

Sebagai warga Indonesia pasti semua orang yang mematuhi peraturan pemerintah akan memiliki KTP, karena KTP adalah kartu tanda penduduk yang berarti dokumen wajib dimiliki oleh setiap WNI yang sudah berumur 18 tahun. Ini berlaku juga pada DC lapangan yang wajib menunjukan KTP mereka, ketika ingin menagih utang di lapangan.

Surat Tugas

Setelah Anda melihat KTP dari petugas DC lapangan, mintalah surat tugas. Ini digunakan sebagai bukti bahwa mereka memang benar ditugas oleh pihak Kredito untuk menagih hutang kepada Anda.

Jaminan Fidusia

Pihak DC lapangan juga wajib menunjukkan hak jaminan ataupun fidusia meliputi benda bergerak wujud ataupun tak berwujud. Ini bisa dijadikan untuk acuan Anda bahwa mereka tidak berbohong.

Sertifikat Profesi

Terakhir adalah sertifikat profesi atau kartu petugas, karena pada umumnya petugas DC lapangan memiliki bukti ini. Sertifikat profesi menandakan bahwa DC resmi dari pemerintah sehingga dirinya bisa bekerja sesuai prosedur yang ada.

Tips Menghadapi DC Lapangan Kredito

Saya berharap Anda tidak harus berhadapan dengan DC lapangan Kredito ataupun pinjol lainnya. Tapi, kalau memang harus begitu mau diapakan lagi, satu-satu cara adalah menghadapi pidak DC lapangan tersebut. Oleh karena itu, beberapa tips yang bisa Anda coba saat bertemu DC Lapangan Kredito, diantaranya:

  • Jangan pernah merasa takut, pikirkan saja kalau DC lapangan adalah manusia biasa yang sedang bekerja. Coba untuk terlihat rileks dan tenang ketika berhadapan dengan DC lapangan.
  • Jika dirimu sudah bisa tenang, selanjutnya tanyakan ada keperluan apa? Kalau ia mengatakan bahwa dirinya adalah DC lapangan dari Kredito dan ditugas untuk menagih utang kepada Anda, pastikan beberapa dokumen yang saya jelaskan diatas ada semua.
  • Kalau dari beberapa dokumen yang saya jelaskan diatas tidak lengkap, tapi mereka tetap memaksa nagih hutang, Anda bisa jelaskan bahwa ini sudah aturan dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.
  • Sementara kalau ternyata dokumen mereka lengkap, silahkan Anda berikan mereka waktu untuk menjelaskan keperluannya datang.
  • Apabila Anda belum memiliki uang, jelaskan kepada mereka kalau saat ini Anda belum memiliki uang, minta keringanan kepada mereka sampai dirimu memiliki uang untuk membayar hutang tersebut.
  • Selain itu juga, Anda bisa memberikan alasan kenapa selama ini tidak membayar tagihan di Kredito. Kalau petugas DC adalah seorang manusia, seharusnya mereka akan paham.

Pengalaman Galbay Tagihan di Kredito

Sedikit cerita dari salah satu nasabah yang sudah pernah meminjam uang di aplikasi Kredito dan galbay atau gagal bayar. Panggil saja si B, beberapa bulan lalu dirinya ada keperluan mendadak, sementara tidak memiliki uang tabungan. Nah, satu-satunya cara yang terpikir dikepalanya adalah mengajukan pinjaman di Kredito. Awal peminjaman hanya diberikan 200 ribu rupiah, namun karena cerita dari temannya kalau tagihan tersebut dibayar maka limit pinjaman bakal naik.

Ternyata benar, limit pinjaman naik menjadi 900 ribu – 1,5 juta rupiah, akhirnya dipinjamlah uang tersebut. Ketika waktu sudah mendekati jatuh tempo, umumnya Kredito hanya menyediakan tenor sebulan atau lebih, artinya pengguna harus membayar tagihan dibulan berikutnya beserta bunga. Jumlah pinjaman 900 ribu + 108 ribu, berarti dirinya harus membayar 1.008.000 rupiah.

Nasib buruk, pada saat jatuh tempo dirinya tidak bisa membayar uang tersebut, dirinya hanya bisa membayar 500 ribu saja, berarti kurang 508 ribu. Uang kurang tersebut belum dibayar sampai sekarang, sudah sekitar 3 bulanan, nah dari penjelasan diatas bahwa DC Lapangan akan datang seteleh 3 bulan, tentu saja dirinya takut.

Dirinya mencari informasi terkait DC Lapangan Kredito, namun tidak ada informasi pasti kapan DC lapangan akan datang. Oleh karena itu, ia hanya bisa menunggu sampai waktunya DC lapangan datang. Tapi, dari ceritanya DC Lapangan belum juga datang ke rumahnya sampai sekarang. Mungkin saja karena ia tidak tinggal di kota besar, sehingga pihak Kredito kesulitan mengirim DC Lapangan.

Meski cerita ini si B tidak didatangi oleh DC Lapangan Kredito, bukan berarti Anda juga demikian. Bisa saja Anda berada dilokasi DC Lapangan dan limit pinjaman terbilang besar sehingga Kredito akan mengirim DC Kerumah Anda. Saran dari saya, mau seperti apapun yang namannya hutang ya harus dibayar, selain karena dosa dengan membayar hutang akan membuat hidupmu tenang.

Penutup

Itulah penjelasan tentang DC lapangan Kredito. Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan DC lapangan belum tersedia, jika pun ada hanya tersedia di wilayah jabodetabek saja. Sebagai seorang peminjam yang baik, ada baiknya membayar tagihan saat jatuh tempo telah tiba. 

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *