Kenapa Hotspot Tidak Bisa Dinyalakan? Ini Cara Mengatasinya!

Kenapa hotspot tidak bisa dinyalakan? Setiap perangkat Hp pasti memiliki sebuah fitur yang bernama Hotspot atau tethering. Hotspot ini memungkinkan kita untuk berbagi kuotainternet dengan pengguna lain. sistemnya hampir sama dengan wifi, penerima hotspot tersebut harus mengaktifkan Wifi agar bisa menggunakan hotspot.

Namun sayangnya,  pada saat menyalakan hotspot para pengguna seringkali menemukan berbagai masalah, misalnya saja hotspot yang tidak bisa dinyalakan. Hal ini pun cukup mengganggu sebagian orang. Lalu apa yang menyebabkan hotspot tidak bisa diaktifkan dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut Penjelasannya

Penyebab Hotspot Tidak Bisa Dinyalakan

Kenapa Hotspot Tidak Bisa Dinyalakan

Fitur hotspot merupakan salah satu fitur yang paling banyak digunakan dalam smartphone. Bahkan untuk mempermudah para pengguna smartphone, fitur ini dapat ditemukan dengan mudah. Fitur hotspot berguna untuk memberikan layanan jaringan internet kepada orang lain. jadi apabila seseorang kehabisan kuota internet, pengguna lain bisa berbagi melalui fitur hotspot ini. 

Namun sayangnya, ada kalanya fitur hotspot tidak bisa diaktifkan atau dinyalakan. Jika anda mengalami hal seperti ini ada baiknya mengetahui sumber masalah hotspot tidak bisa dinyalakan sebagai berikut.

Wifi Masih Hidup

Penyebab pertama kenapa hotspot tidak bisa dinyalakan yaitu Wifi Anda masih hidup atau terhubung ke jaringan wifi. Perlu diketahui, Wifi dan hotspot tidak bisa dinyalakan dalam waktu yang bersamaan sekalipun Anda hanya menggunakan salah satu dari kedua fitur tersebut. Jadi apabila Anda ingin mengaktifkan hotspot, Anda harus menonaktifkan wifi terlebih dahulu, begitu juga sebaliknya. 

Tapi pada beberapa perangkat seluler baru ada kok yang bisa menghidupkan kedua fitur itu, salah satunya adalah ponsel OPPO Reno 8. Pada perangkat ini meski sedang terhubung ke jaringan wifi, tetap bisa menghidupkan hotspot.

Masalah Teknis pada Perangkat

Salah satu penyebab paling umum mengapa hotspot tidak dapat dinyalakan adalah masalah teknis pada perangkat Anda. Ini bisa termasuk perangkat keras yang rusak atau perangkat lunak yang tidak berfungsi dengan baik. 

Masalah seperti ini bisa dikarenakan perangkat terjatuh, terendam air, terbentur dan lain sebagainya yang merusak ponsel secara fisik. Sementara masalah pada perangkat lunak sering kali tidak disadari oleh pengguna karena tidak terlihat secara fisik.

Ada banyak penyebab yang mengakibatkan masalah pada perangkat lunak ponsel, seperti cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update aplikasi yang terinstall dan tidak rutin memperbarui perangkat lunak (OS). Semua hal ini bisa mempengaruhi kinerja ponsel dalam merespon perintah yang Anda berikan, jadi bisa saja ini menjadi penyebab perangkat tidak bisa mengaktifkan fitur hotspot.

Masalah Konfigurasi

Ketika Anda mencoba mengaktifkan hotspot, ada beberapa pengaturan yang perlu diperiksa. Salah satu penyebab umum mengapa hotspot tidak bisa dinyalakan adalah masalah konfigurasi yang salah. Pastikan Anda telah mengatur nama hotspot (SSID) dan kata sandi dengan benar.

Selain itu, pastikan Anda telah memilih jenis jaringan yang sesuai (Wi-Fi atau Bluetooth) dan perangkat yang akan terhubung. Jika pengaturan ini salah, hotspot mungkin tidak akan berfungsi dengan baik.

Masalah Pada Jaringan Seluler

Kualitas sinyal seluler dan koneksi data juga dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk mengaktifkan hotspot. Jika Anda berada di area dengan sinyal yang lemah atau terlalu jauh dari menara seluler, hotspot mungkin tidak dapat diaktifkan dengan baik. Coba pindahkan perangkat Anda ke area dengan sinyal yang lebih kuat atau tunggu hingga kondisi jaringan membaik.

Masalah dengan Perangkat Tambahan

Jika Anda menghubungkan perangkat tambahan ke ponsel Anda melalui kabel USB atau dongle, masalah pada perangkat tambahan ini juga dapat mempengaruhi kemampuan hotspot untuk berfungsi. Pastikan perangkat tambahan terhubung dengan benar dan tidak mengalami masalah fisik atau perangkat lunak.

Masalah pada Sistem Operasi

Seperti yang kita semua ketahui, sistem operasi pada perangkat adalah hal penting. Kenapa? Karena pada dasarnya sistem operasi menanggung beban yang sangat berat dalam hal menjalankan berbagai macam fungsi dan filter yang tersedia di perangkat, seperti scheduling task, keyboard, WAP, email, text message, sinkronisasi dengan aplikasi dan perangkat lain, memutar musik, camera, dan mengontrol fitur – fitur lainnya. Jika ada masalah pada sistem operasi pada perangkat, maka wajar saja fitur hotspot tidak bisa Anda aktifkan.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Hotspot Tidak Bisa Diaktifkan

Berdasarkan beberapa penyebab diatas, kita bisa mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah pada perangkat yang tidak bisa mengaktifkan fitur hotspot sebegai berikut.

Pastikan Koneksi Internet Bagus

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan koneksi internet yang perangkat gunakan stabil. Cara paling mudahnya, Anda bisa cek koneksi internet melalui situs Speedtest. Maka secara otomatis situs akan mengecek koneksi internet mu, kalau hasilnya koneksi internet stabil berarti bukan ini penyebabnya. Selain mengecek koneksi internet, Anda juga perlu memastikan data seluler aktif karena kalau data seluler ternyata mati, maka fitur hotspot tidak akan bisa diaktifkan.

Matikan Fitur Wifi

Seperti yang saya sampaikan tidak semua perangkat bisa mengaktifkan fitur wifi dan hotspot secara bersamaan. Jadi, kalau perangkat mu tidak support untuk menyalakan fitur wifi dan hotspot secara bersamaan, coba untuk matikan lebih dulu fitur wifi pada perangkat, lalu coba hidupkan kembali fitur hotspot.

Bersihkan Cache

Cara selanjutnya adalah membersihkan cache atau sampah penggunaan pada perangkat, pembersihan ini berlaku pada semua aplikasi yang terinstall di perangkat ya. Cara mudah membersihkan cache adalah buka pengaturan, cari dan klik Device Care, kelola penyimpanan, pilih aplikasi yang ingin dihapus cache dan klik hapus cache. Selain itu, Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa diinstall di Play Store.

Hapus File dan Aplikasi Tidak Penting

Tidak hanya harus membersihkan cache, kalau perangkat Anda ternyata tidak memiliki ruang penyimpan kosong saya sarankan untuk menghapus beberapa file dan aplikasi yang tidak penting. Kalau dirasa semua data penting, Anda bisa memindahkan file ke perangkat lain, intinya berikan space pada perangkat.

Update Aplikasi Terinstall di Perangkat

Setelah menghapus beberapa file dan aplikasi yang tidak penting, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengupdate semua aplikasi yang tersisa di perangkat. Cara paling mudahnya, Anda bisa cek di Play Store, lalu cari aplikasi yang ingin diupdate, jika ada keterangan update berarti aplikasi tersebut belum versi terbaru, silahkan klik update dan tunggu sampai proses selesai.

Update Perangkat Lunak Perangkat

Seperti yang saya sampaikan diatas, perangkat lunak (OS) memiliki peran penting dalam pengoperasian pada perangkat, salah satunya adalah dalam menjalankan fitur. Permasalahan pada perangkat lunak tentu bisa membuat fitur hotspot tidak bisa diaktifkan. Untuk memperbarui perangkat lunak Caranya sangat mudah, masuk ke pengaturan, klik pembaruan perangkat lunak, klik unduh dan install, tunggu sampai proses pembaruan selesai.

Muat Ulang Perangkat

Setelah melakukan beberapa hal diatas, tapi fitur hotspot tetap tidak bisa diaktifkan, Anda bisa muat ulang lebih dulu perangkat, kenapa ini perlu dilakukan? Karena dengan memuat ulang perangkat akan membuat semua fitur kembali fresh dan bisa bekerja secara optimal. Anda bisa muat ulang dengan menekan tombol power dan pilih opsi muat ulang atau langsung masuk ke menu pengaturan.

Install Ulang Perangkat

Ini adalah cara terakhir dan tidak rekomendasi Anda lakukan, kalau sekiranya bisa diatas dengan beberapa cara diatas saya rasa itu cukup. Alasan cara ini tidak wajib dilakukan adalah file dan aplikasi yang ada di perangkat akan terhapus semua karena perangkat akan masuk kesetelan pabrik atau setelan awal.

Tapi kalau beberapa cara diatas sudah dilakukan dengan benar, tapi hotspot tidak bisa hidup, mau tidak mau Anda harus coba untuk install ulang perangkat, sebelum itu Anda harus backup lebih dulu data yang ada di perangkat agar tidak hilang. Jika sudah, Anda bisa langsung reset pabrik, bagaimana caranya mas? Setiap perangkat menerapkan prosedur berbeda-beda untuk melakukan reset pabrik.

Cara paling umum yang bisa Anda lakukan yakni, masuk ke menu pengaturan, lalu cari dan klik opsi General Management, setelah berhasil masuk klik opsi Factory Reset, dan klik menu Reset. Maka secara otomatis perangkat akan di reset ke setelan pabrik, jadi Anda hanya perlu menunggu sampai proses ini selesai.

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua mengenai Kenapa Hotspot Tidak Bisa Dinyalakan beserta cara mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *