Apa Nama Aplikasi untuk Menginput Data Sasaran Stunting yang Digunakan KPM?

Seperti yang kita semua tahu, Stunting adalah kondisi tubuh yang tidak bisa berkembang secara maksimal dikarenakan kurangnya asupan gizi pada balita dan anak anak. Tingkat terjadi stunting pada balita hingga anak-anak terus meningkat, hal ini tidak terlalu dari minimnya pengetahuan orang tua terkait stunting.

Oleh karena itu, KPM atau Kader Pembangunan Manusia didirikan sebagai solusi terbaik mengatasi persoalan stunting di Indonesia. Demi bisa menjalankan program ini, masyarakat dan anggota yang tertugas bisa mengakses informasi dan menginput data melalui aplikasi dan website.

Tapi masih banyak diluar sana yang belum tahu nama dari aplikasi Menginput Data Sasaran Stunting yang Digunakan KPM. Pada kesempatan kali ini Cp akan menjelaskan tugas utama KPM dan nama aplikasinya sebagai berikut.

Sekilas Tentang KPM

Apa Nama Aplikasi untuk Menginput Data Sasaran Stunting yang Digunakan KPM

Sebelum membahas lebih jauh terkait nama aplikasi KPM, kenalan lebih dekat tentang KPM itu sendiri juga cukup penting. Berdasarkan Buku Saku KPM (2018), KPM adalah Kader Pembangunan Manusia yaitu kader masyarakat terpilih yang mempunyai kepedulian dan bersedia mendedikasikan diri untuk ikut berperan dalam pembangunan manusia di desa, terutama dalam monitoring dan fasilitasi konvergensi penurunan stunting.

Hadirnya kader pembangun manusia diharapkan bisa membantu masyarakat Indonesia, terutama untuk masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan dalam mengkoordinasi dan menjalakan program penurunan stunting yang kerap kali menjadi masalah di Indonesia.

KPM sendiri akan melakukan pengajarkan kepada masyarakat Indonesia terkait pentingnya pencegahan stunting, diawali dengan pengajaran kepada bidan desa, petugas puskesmas dan lembaga desa mengenai cara menimbang dan mengukur balita.

Beberapa Tugas KPM

Setelah mengetahui lebih dekat tentang KPM itu, saya rasa informasi mengenai apa saja tugas dari anggota KPM juga perlu diketahui. Berdasarkan hal tersebut sudah dirangkum beberapa tugas KPM, diantaranya:

  • Membantu dalam proses pemetaan sosial untuk mengidentifikasi status intervensi gizi-spesifik dan gizi sensitif pada rumah tangga yang memiliki Ibu hamil, ibu menyusui dan anak usia 0-23 bulan,
  • Melakukan diskusi terarah untuk membahas permasalahan stunting di desa sampai dengan penyusunan kegiatan penanganan stunting dalam RKP dan APBDes,
  • Memberi pengajaran tentang cara pengukuran panjang/panjang/tinggi badan balita sebagai deteksi dini stunting, dan
  • Mengawasi dan mengecek rumah tangga yang memiliki ibu hamil, ibu menyusui dan anak usia 0-23 bulan mendapatkan 5 paket pelayanan utama dalam penangan stunting di desa.

Apa Nama Aplikasi untuk Menginput Data Sasaran Stunting yang Digunakan KPM?

Lantas apakah nama aplikasi KPM tersebut? Nama aplikasinya adalah “aplikasi ehDW” dikembangkan Kemendesa PDTT dengan dukungan Bank Dunia. Seperti yang kita ketahui tugas utama aplikasi KPM adalah untuk membantu kegiatan pencegahan, pengendalian, pelaksanaan stunting pada balita yang tinggal di daerah pedesaan.

Berdasarkan informasi dari pengembang aplikasi ini, diketahui ehDW rilis pada 2 platform yaitu aplikasi dan website.

Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan KPM tingkat desa bisa lebih mudah dalam hal mengumpulkan, pemantauan, pencatatan dan pelaporan pada sasaran rumah tanggal 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK), pemantauan paket layanan pencegahan stunting di desa, dan membantu KPM dalam memfasilitasi konvergensi pencegahan.

Sementara untuk KPM tingkat pemerintah pusat dan daerah, hadirnya aplikasi ehDW diharapkan bisa menjadi solusi terkait susah pendataan balita yang terkena stunting. Jadi, setelah aplikasi ini ada anggota KPM tingkat pemerintah pusat bisa lebih mudah dalam monitoring dan evaluasi kemajuan tingkat konvergensi pencegahan stunting di tingkat desa serta merumuskan kebijakan tentang program atau kegiatan pencegahan stunting secara terpadu dan berkelanjutan berdasarkan data riil dan terkini.

Link Download Aplikasi EhDW

Bagi kamu yang tidak tahu link download dan install aplikasi EhDW, bisa klik link yang saya berikan ini melalui Play Store, Link Download EhDW.

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua mengenai Apa Nama Aplikasi untuk Menginput Data Sasaran Stunting yang Digunakan KPM? Semoga informasi singkat diatas bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *