Kenapa Input Alamat Shopee Terjadi Kesalahan Terus atau Tidak Valid? Ini Penyebabnya

Aplikasi shopee merupakan aplikasi atau platform online yang sudah tidak asing lagi, terutama bagi masyarakat Indonesia. Menjadi salah satu platform marketplace terbesar di Indonesia dengan jumlah unduhan sebanyak lebih dari 100 juta unduhan.

Hal ini berarti aplikasi tersebut mendapatkan kepercayaan dari banyak orang. Selain karena aplikasi ini menjamin keamanan transaksi jual beli pada platform nya, berbagai tawaran menarik pun sering dikeluarkan oleh shopee.

Namun, tidak jarang terjadi kesalahan pada shopee yang membuat pengguna nya merasa jengkel. Salah satu error atau kesalahan tersebut adalah ketika kamu mencoba memasukkan alamat ke shopee, namun selalu tidak valid atau tidak sah.

Lantas kenapa saat input alamat di Shopee terjadi kesalahan terus dan apa yang harus dilakukan ketika mengalami masalah tersebut? Artikel ini akan membantu kamu mencari tahu penyebab dari kesalahan alamat pada shopee dan memberikan solusinya kepada kamu.

Penyebab dan Cara Mengatasi Alamat Shopee Terjadi Kesalahan Terus

Kenapa Input Alamat Shopee Terjadi Kesalahan Terus

Alamat kirim saat menggunakan aplikasi shopee merupakan unsur yang sangat penting. hal ini untuk menentukan sampai atau tidaknya barang yang kamu pesan ke alamat kamu. Namun, pada beberapa kasus sering kali terjadi kesalahan saat ingin memasukkan alamat pada aplikasi ini.

Ada beberapa penyebab yang mungkin terjadi ketika kamu mencoba memasukkan alamat pada aplikasi shopee. Berikut ini beberapa faktor penyebab yang mungkin saja terjadi tersebut.

Aplikasi Shopee Sedang Eror

Faktor utama kesalahan alamat yang mungkin terjadi ketika kamu mencoba memasukan alamat kirim di shopee adalah karena aplikasi shopee sedang mengalami eror.

Eror tersebut bisa saja terjadi karena beberapa sebab, misalnya ketika shopee sedang mengalami pembaruan dan perbaikan.

Apabila aplikasi Shopee sedang ada masalah pada server utamanya, tentu akan menganggu kinerja aplikasi ini ketika di akses oleh pengguna.

Kenapa? karena server utama Shopee berperan penting seperti pusat pengoperasian, pusat lalu lintas data, pusat penyimpanan data pengguna, pusat penyimpanan data aplikasi dan lain sebagainya.

Solusinya:

Jika pendapat saya benar bahwa gagalnya input alamat penerima disebabkan oleh server utama Shopee sedang gangguan atau down, satu satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah menunggu.

Namun jangan hanya nunggu ya, kamu bisa pastikan pendapat ini benar atau tidak karena takutnya penyebabnya bukan karena server utama, tapi ada penyebab lain.

Oleh karena itu, kamu perlu tanyakan langsung ke Help Center Shopee terkait masalah yang saat ini dialami. Kamu bisa menghubungi CS melalui aplikasi Shopee atau lebih jelasnya bisa kamu baca ulasannya di link ini https://help.shopee.co.id/portal/article/72945-[Customer-Service]-Bagaimana-cara-menghubungi-Customer-Service-Shopee%3F?seo=1

Karakter Huruf Pada Alamat yang Tidak sesuai

Ketika ingin mengisi alamat kirim pada shopee, terdapat beberapa ketentuan karakter huruf yang harus kamu ikuti.

Platform ini menyediakan 90 karakter huruf yang bisa kamu isi pada kolom alamat penerima. Jadi, ketika kamu mengisi alamat dengan kalimat terlalu panjang atau melebihi 90 karakter.

Jika ini terjadi pada kamu maka akan muncul keterangan alamat tidak valid, tidak sesuai atau lain sebagainya, ini berarti pihak Shopee menolak data yang kamu kirimkan.

Solusinya:

Jangan masukan terlalu panjang alamat penerima apalagi melebih 90 karakter atau kata, usahakan persingkat saja alamat mu seperti memasukan Nomer rumah, RT, RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kota saja.

Jika di daerah mu tidak ada nomor pada unit rumah, saya sarankan untuk masukan fasilitas umum yang berada paling dekat dari rumah mu.

Kenapa? karena ini akan mempermudah kurir dalam mencari alamat rumah mu, selain itu juga kamu harus masukan nomor telepon aktif agar kurir bisa menghubungi mu jika mengalami kesulitan mencari alamat rumah mu nantinya.

Kode Pos dan Alamat yang Salah

Ketika kamu mengisi alamat kamu di shopee, pihak shopee akan mengecek apakah kamu sudah benar atau belum menginput alamat rumah termasuk kode pos.

Jika terjadi kesalahan pada alamat yang kamu isi, misalnya saja kode pos yang tidak sesuai atau mungkin alamat yang tidak jelas. Maka, shopee akan menjadikan alamat tersebut tidak valid atau tidak sah digunakan.

sebenarnya apa sih kode pos ini? Sederhananya adalah serangkaian angka dan/atau huruf yang disusun menjadi sebuah kode dengan fungsi utama sebagai petunjuk lokasi suatu daerah.

Hadirnya kode pos ini, tentu aktivitas mengirim barang yang kamu pesan melalui Shopee akan semakin mudah dikelompok berdasarkan daerah tujuan.

Solusinya:

Untuk mengatasi hal ini kamu harus memperhatikan dengan teliti apakah saat menginput kode pos sudah benar atau belum, jika dirasa sudah benar tapi tetap tidak bisa kemungkinan lain kode pos daerah mu berubah.

Perubahan kode pos bisa dikarenakan pemekaran daerah atau wilayah tertentu, contoh di daerah saya yakni Rimbo Bujang kode pos lamanya adalah 37551, namun setelah pemekaran kode pos Rimbo Bujang saat ini menjadi 37553.

Oleh karena itu, kamu harus cek kembali kode pos yang dimasukan sudah paling terbaru sehingga bisa valid saat dicek oleh pihak Shopee.

Baca Juga:

Area Pengiriman Tidak Terjangkau

Tidak semua area yang berada di Indonesia dapat terjangkau oleh pihak jasa kirim di shopee. Masih ada beberapa tempat yang tidak dapat di jangkau, sehingga ketika kamu mencoba memasukkan alamat tersebut secara otomatis shopee akan menolaknya.

Solusinya:

Kalau ini adalah penyebab, saya tidak bisa memberi solusi apapun karena keputusan mutlak ditangan Shopee. Sebagai pengguna, kamu hanya bisa menunggu hingga daerah support belanja di Shopee.

Masalah Pada Cukai

Faktor yang satu ini biasanya terjadi apa bila barang yang dikirim berasal dari luar negeri. Umumnya pengiriman dari luar negeri akan terkena pajak, hal ini lah yang sering menjadi masalah sehingga ketika memasukan alamat pada Shopee menjadi tidak sah dan tidak valid. Selain itu, pengiriman beda negara ini akan lebih ribet dan sulit untuk ditangani dibandingkan dengan pengiriman di dalam negeri.

Solusinya:

Kalau kamu berada diluar negeri, maka akan kesulitan dalam mengisi alamat penerima, karena setahu saya Shopee tidak mendukung pengiriman luar negeri, jadi tidak ada solusinya.

Perangkat Bermasalah

Selain karena beberapa hal diatas, perangkat bermasalah menjadi salah satu penyebab kamu tidak bisa menginput alamat penerima di Shopee.

Kenapa? karena secara teknis perangkat adalah alat penghubung antara kamu dan aplikasi, ketika ada masalah pada perangkat maka akan ada masalah juga pada perintah tersebut.

Membahas mengenai perangkat bermasalah, perlu kamu ketahui ada banyak hal yang bisa menyebabkan hal ini terjadi diantaranya cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update aplikasi yang terinstall, dan tidak rutin update sistem OS atau perangkat lunak.

Solusinya:

Adapun beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi beberapa hal yang menyebabkan perangkat seluler bermasalah, diantaranya:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.

Menggunakan Aplikasi Shopee Versi Lama

Masih berkaita dengan penyebab diatas, hanya saja sumber masalahnya pada kamu tidak rutin update aplikasi Shopee ke versi terbaru.

Memang apa pentingnya sih mas? Perlu kamu tahu ya, pengguna aplikasi versi lama akan menurunkan performa dari aplikasi itu dan membebani perangkat untuk mengakses aplikasi.

Dikarenakan aplikasi versi lama menyimpan banyak bug dan virus yang sering kali membuat fitur tidak bisa bekerja semestinya.

Solusinya:

Satu satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah update aplikasi Shopee ke versi terbaru atau kamu bisa install ulang aplikasi Shopee melalui Play Store atau App Store.

Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab terakhir dari masalah ini adalah perangkat terhubung dengan koneksi tidak stabil atau buruk, seperti yang kita semua ketahui Shopee merupakan aplikasi atau website online yang memerlukan koneksi internet untuk mengakses data dan fitur didalamnya.

Ketika ada masalah pada jaringan internet yang terhubung diperangkat, maka kesalahan saat memasukan alamat penerima bisa saja terjadi.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini tidaklah sulit, karena kamu hanya perlu ganti koneksi internet atau tunggu sampai koneksi kembali normal.

Sembari menunggu, kamu bisa cek apakah pendapat saya ini benar atau tidak. Bagaimana caranya? kamu bisa kunjungi situs Speedtest melalui aplikasi browser dan klik mulai.

Maka secara otomatis situs akan mengecek kecepatan internet yang saat ini perangkat mu gunakan, apabila ping rendah berarti koneksi stabil, sebaliknya jika ping tinggi berarti ada masalah pada koneksi internet mu.

Itulah beberapa faktor dan solusi yang mungkin menjadi penyebab eror pada alamat pengiriman shopee sehingga alamat kirim menjadi tidak sah. Semoga bermanfaat!

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *