Kenapa Netflix Tidak Bisa Memutar Film? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Banyak orang ketika ingin menghabiskan waktu di rumah dengan menonton film, mereka akan menonton Netflix? Karena di Netflix, Anda bisa memilih acara ataupun film kesayangan Anda dimanapun dan kapanpun.

Meskipun Netflix memberikan layanna terbaik di sepanjang waktu, namun kerap muncul masalah dimana Netflix eror sehingga film tidak bisa diputar. Lalu, apa penyeba aplikasi Netflix tidak bisa memutar film?

Netflix merupakan aplikasi memutar film di tv yang tengah difavoritkan banyak masyarakat di Indonesia. Apabila Anda mengalami situasi seperti ini dimana Anda ingin menonton film dan tidak bisa memutarnya, tentu hal ini akan sangat menjengkelkan, bukan? Ini bisa saja terjadi lantaran beberapa hal.

Tapi tidak perlu khawatir, permasalahan seperti ini memang biasa terjadi pada perangkat Smart TV. Maka dari itu, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa penyebab Netflix tidak bisa memutar film atau tiba-tiba mengalami eror.

Penyebab dan Cara Mengatasi Netflix Tidak Bisa Memutar Film

Kenapa Netflix Tidak Bisa Memutar Film

Sebenarnya, ada banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan jika ingin memutar film kesayangan di smart tv. Hanya saja, kebanyakan masyarakat di Indonesia lebih memilih Netflix lantaran kemudahan dan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Namun sayang, meski Netflix memiliki banyak fitur canggih, tapi berbagai kendala kerap terjadi salah satunya tidak bisa memutar film. Nah berikut ini kami bagikan beberapa alasan kenapa Netflix di smart tv eror dan tidak bisa memutar film, diantaranya:

Koneksi Internet Bermasalah

Masalah koneksi internet menjadi alasan pertama yang menyebabkan pemutaran film di apk Netflix terganggu. Pasalnya Netflix merupakan aplikasi yang menggunakan koneksi internet dalam penggunaannya.

Netflix yang terganggu salah satunya bisa disebabkan karena internet yang tidak stabil atau sinyal yang putus. Ini bisa menyebabkan kesalahan sehingga film yang tengah diputar pun pada akhirnya berhenti secara tiba-tiba.

Kecepatan internet di perangkat smart tv yang lambat pun akan mempengaruhi pengalaman Anda dalam menonton film melalui aplikasi Netflix.

Bahkan streaming yang dilakukan akan buffering sehingga film pun pada akhirnya tidak bisa diputar. Karena itu disarankan untuk menggunakan wifi rumahan yang cepat jika ingin meningkatkan pengalaman menonton tv melalui aplikasi ini.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini tidaklah sulit, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek kecepatan internet. Proses pengecekan kualitas internet bisa dilakukan secara manual dan otomatis.

Cara manualnya Anda bisa buka aplikasi lain yang terinstall di perangkat seperti Tiktok, Youtube, Instagram dan lain sebagainya, apabila bisa memuat data dengan lancar berarti tidak ada masalah pada koneksi mu, sebaliknya jika proses loading lambat berarti ada masalah pada koneksi.

Untuk cara otomatisnya Anda bisa kunjungi situs Speedtest melalui aplikasi browser dan klik mulai setelah berhasil masuk, apabila hasil dari pengecekan tersebut ping rendah berarti koneksi mu stabil, sebaliknya jika ping tinggi berarti koneksi mu bermasalah.

Bagi Anda yang hasil pengecekan koneski bermasalah, satu satunya cara yang bisa dilakukan adalah mengganti jaringan internet yang digunakan saat ini atau menunggu jaringan kembali normal. Selain itu, Anda juga perlu mengecek apakah kuota internet provider mu masih atau tidak.

Perangkat Tv Tidak Mendukung

Masalah Netflix tidak bisa memutar film bisa saja karena perangkat tv yang tidak mendukung. Netflix sendiri membutuhkan system operasi yang kompatibel sehingga bisa berjalan dengan baik.

Apabila tv Anda memakai system operasi atau OS yang usang dan bahkan tidak mendukung apk Netflix, maka tentu saja hal ini akan membuat aplikasi tidak bisa berjalan dengan baik.

Cobalah untuk memastikan apakah TV Anda mendukung Netflix atau tidak. Silahkan gunakan perangkat tambahan jika ingin menggunakan aplikasi ini seperti set top box, smart tv stick atau bisa pula konsol game yang dapat mendukung Netflix. Silahkan hubungkan peragkat tersebut ke TV Anda dan akseslah lewat perangkat tersebut.

Solusinya:

Ketika ada masalah pada perangkat tv yang Anda gunakan untuk mengakses aplikasi Netflix, ntah itu karena sistem OS tidak support ataupun adanya bug yang tidak diketahui sehingga membuat perangkat lambat merespon perintah.

Maka cara paling mudah mengatasi hal ini adalah mengecek sistem OS perangat TV apakah mendukung penggunaan aplikasi Netflix atau tidak dengan menghubungi Help Center perangkat mu, jika hasilnya mendukung Anda bisa muat ulang perangkat agar bug dan virus bisa hilang.

Baca Juga:

Perangkat Seluler Bermasalah

Hampir sama dengan penjelasan diatas, hanya saja ini dikhususkan pada Anda yang menggunakan perangkat seluler untuk menonton film di aplikasi Netflix.

Perlu diingat kembali, perangkat bisa dikatakan sebagai alat penghubung antara Anda dan aplikasi Netflix, ketika ada masalah pada perangkat bisa saya jamin akan ada masalah juga pada perintah yang diberikan, dalam konteks kali ini adalah memutar film di Netflix.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan perangkat bermasalah, seperti cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update aplikasi yang terinstall dan tidak rutin update sistem OS atau perangkat lunak.

Solusinya:

Adapun beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi beberapa hal yang menyebabkan perangkat seluler bermasalah, diantaranya:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.

Tidak Update Aplikasi Netflix ke Versi Terbaru

Alasan ketiga yang membuat Netflix tidak bisa memutar film adalah karena tidak menggunakan aplikasi Netflix versi terbaru. Pembaruan pada system operasi bisa menjadi factor lainnya yang menyebabkan Netflix tidak bisa memutar film.

Pada saat Netflix tengah merilis pembaruan pada aplikasinya, mereka akan mengoptimalkannya sehingga bisa bekerja ke versi terbaru. Jadi apabila Anda tidak melakukan pembaruan pada system operasi, kemungkinan aplikasi Netflix yang terinstall pada tv pun menjadi tidak kompatibel.

Selain itu, aplikasi Netflix juga kerap melakukan peningkatan pada sisi keamanan dan stabilitas perangkat. Apabila tidak melakukan pembaruan, maka TV Anda pun akan rentan terhadap keamanan yang bisa mempengaruhi kinerja aplikasi Netflix.

Solusinya:

Kalau ini menjadi penyebab film tidak bisa diputar, maka satu satunya cara yang harus Anda lakukan adalah update atau perbarui aplikasi Netflix agar semua fitur bisa bekerja maksimal dan bug yang membuat aplikasi ini lambat bisa hilang.

Akun Netflix Bermasalah

Dan alasan lain yang menyebabkan Netflix tidak bisa memutar film adalah karena akun Netflix yang bermasalah ataupun tidak valid. Ini adalah penyebab Netflix yang membuat pemutaran film pada smart tv tidak stabil.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan akun Netflix bermasalah diantaranya akun terdeteksi login dibanyak perangkat, akun sudah tidak aktif karena lama tidak digunakan, alamat email terdeteksi tidak aktif dan lain sebagainya.

Solusinya:

Jika ada masalah pada akun Netflix, saya sarankan untuk logout akun Anda dan kemudian login kembali. Jika tidak ada masalah saat login kemungkinan akun mu masih bisa digunakan, sementara jika ada masalah saat login kemungkinan akun mu bermasalh.

Disini Anda harus pastikan akun logout dibeberapa perangkat yang jarang digunakan, agar pihak Netflix tidak mendeteksi perilaku mencurigakan. Setelah itu Anda bisa lihat apakah bisa memutar film dengan lancar di Netflix atau tidak.

Server Utama Aplikasi Netflix Sedang Gangguan

Perlu Anda semua tahu, server utama pada aplikasi dan website Netflix memiliki peran penting dalam pengoperasian, kenapa? Karena pada dasarnya server utama berperan sebagai pusat pengoperasian, pusat penyimpanan data pengguna, pusat penyimpanan data aplikasi, pusat lalu lintas dan lainnya.

Setelah mengetahui peran penting dari server utama diatas, bisa Anda semua bayangkan seberapa penting peran server utama bukan? Jika ada masalah pada server utama, maka akan ada masalah juga saat Anda mengakses aplikasi ini atau ingin memutar film di Netflix.

Solusinya:

Sebagai pengguna Anda tidak bisa melakukan hal apapun selain menunggu, karena perbaiki pada server utama, ntah itu proses pemeliharaan server ataupun upgrade kapasitas server hanya bisa dilakukan oleh teknisi Netflix.

Itulah kenapa Netflix tidak bisa memutar film beserta cara mengatasinya. Jika Anda menghadapi masalah-masalah tersebut, segera lakukan langkah-langkah perbaikan agar tidak membuatnya makin parah.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *