Kenapa Fitur Bintang di Facebook Tidak Muncul? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa fitur bintang di facebook tidak muncul? Untuk menjawab pertanyaan ini, pastikan kamu sudah mengetahui fitur bintang di facebook. Fitur bintang sendiri merupakan fitur yang bermanfaat bagi pengguna. Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk menandai atau bisa pula memberi tanda untuk sebuah komentar ataupost yang disuka atau dianggap penting.

Tapi sayangnya, terkadang fitur bintang tidak muncul di facebook. Tentu hal ini akan menyulitkan pengguna jika ingin memberikan tanda pada komentar atau post yang disukai. Karenanya, kamu harus ketahui dulu beberap penyebab fitur bintang tidak muncul di facebook yang akan kami bahas dalam artikel ini.

Penyebab Fitur Bintang di Facebook Tidak Muncul

Kenapa Fitur Bintang di Facebook Tidak Muncul

Jika kamu mengalami masalah serupa, jangan khawatir. Karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Tapi sebelum itu, ketahui dulu beberapa penyebab yang membuat fitur bintang di aplikasi facebook tidak kunjung muncul:

Tidak Meng-update Aplikasi Browser

Penyebab pertama adalah salah dalam menggunakan browser. Perlu diketahui, beberapa ekstensi browser bisa menjadi penyebab fitur bintang tidak muncul.

Jadi apabila kamu menggunakan browser, maka cobalah untuk mematikannya dulu dan kemudian periksa kembali apakah fitur bintang sudah muncul atau belum.

Solusinya:

Pastikan kamu menggunakan aplikasi browser versi terbaru apabila ingin menemukan fitur bintang di facebook. Jika browser yang digunakan sudah terinstall tapi dalam versi yang lama, kemungkinan besar fitur bintang ini tidak muncul. Jadi coba gunakan versi terbaru supaya fitur bintang kembali muncul dengan normal.

Cache menumpuk

Selain itu, alasan fitur bintang di facebook tidak muncul adalah karena cache yang menumpuk. Disini kamu harus melakukan clear chache maupun cookies secara berkala pada aplikasi facebook yang mungkin saja menjadi penyebab masalah fitur bintang tidak muncul.

Cache sendiri adalah data sementara yang tersimpan di perangkat, berkat data sementara ini perangkat tidak perlu memuat data dari awal lagi sehingga proses membuka aplikasi atau website Facebook bisa lebih cepat.

Solusinya:

Jika kamu ingin membersihkan cache, yang harus dilakukan adalah masuk ke menu pengaturan dan cari aplikasi facebook disana dan klik hapus cache.

Tidak hanya pada aplikasi facebook saja, kamu juga perlu hapus cache yang ada pada aplikasi-aplikasi lain di smartphone kamu.

Karena dengan begitu, smartphone akan bekerja dengan baik sehingga kamu pun bisa menemukan fitur bintang kembali di facebook.

Sinyal Internet Lemah

Permasalahan ketiga mungkin saja disebabkan karena sinyal internet yang lemah. Disini banyak pengguna facebook mengeluh karena mereka tidak menemukan fitur bintang pada aplikasi facebook miliknya.

Cobalah untuk memperhatikan kembali sinyal internet yang ada di ponsel. Karena facebook membutuhkan koneksi yang baik untuk bisa menjalankan aplikasinya secara optimal.

Para pengguna facebook harus memastikan jika mereka memiliki sinyal internet yang baik supaya bisa menggunakan aplikasi facebook.

Sebelum itu, kamu perlu mengecek apakah benar ada masalah pada jaringan internet yang saat ini terhubung ke perangkat melalui situs Speedtest. Jika ada masalah pada jaringan internet, coba gunakan jaringan wifi yang jauh lebih kencang dan stabil.

Menggunakan Aplikasi Facebook Versi Lama

Selain harus update aplikasi browser, bagi kamu yang menggunakan Facebook versi aplikasi harus rutin update. Mengingat Developer atau pengembang Fb rutin menghadirkan versi terbaru dengan tujuan menambah fitur baru dan menghilangkan masalah pada fitur lama.

Jika, kamu masih menggunakan versi lama bisa saja hal ini yang menyebabkan masalah fitur bintang tidak muncul karena adanya bug yang menganggu kinerja aplikasi.

Solusinya:

Silahkan kamu update aplikasi Facebook ke versi paling baru melalui Play Store atau App Store, setelah itu muat ulang perangkat. Jika sudah, kamu bisa akses kembali aplikasi Facebook dan cari fitur bintang apakah sudah ada atau belum.

Akun Diblokir Facebook

Penyebab lain yang bisa saja menyebabkan masalah ini terjadi adalah akun mu diblokir oleh pihak FB. Sama halnya dengan platform sosial media lain, Facebook memberi aturan terkait kebijakan yang harus dipatuhi oleh pengguna, apabila pengguna terdeteksi melanggar pihak fb tidak segan segan akan memblokir akun tersebut.

Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan akun mu diblokir oleh pihak Facebook, seperti spam chat tidak pantas, spam postingan, menggunakan data diri palsu, membuat konten berbau porno dan masih banyak lagi. Untuk tahu lebih jelas terkait kebijakan dari Facebook kamu bisa klik link ini https://id-id.facebook.com/policies_center/.

Baca Juga:

Perangkat Bermasalah

Hal selanjutnya adalah perangkat bermasalah, ketika ada masalah pada perangkat yang fungsi utamanya sebagai penghubung antara kamu dan platform fb, maka akan ada masalah juga pada perintah yang kamu berikan untuk mengakses website atau aplikasi fb.

Masalah pada perangkat bisa disebabkan oleh banyak hal diantaranya cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update sistem OS, dan tidak rutin update aplikasi yang terinstall.

Solusinya:

Adapun beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi beberapa hal yang menyebabkan perangkat seluler bermasalah, diantaranya:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.
  • Muat Ulang Perangkat, ini menjadi cara terakhir setelah Anda melakukan 4 perawatan diatas. Kenapa perlu dilakukan? dengan memuat ulang perangkat Anda secara langsung membantu perangkat menghilang bug virus sehingga kinerja bisa kembali pulih.

Server Utama Facebook Gangguan

Hal terakhir yang bisa saja menyebabkan masalah ini adalah server utama fb sedang gangguan atau down, ini bisa terjadi karena teknisi fb sedang melakukan pemeliharaan atau upgrade kapasitas server sehingga proses pengoperasian terganggu.

Mengingat server utama fb memiliki beberapa peran penting seperti pusat pengoperasian, pusat lalu lintas data, pusat penyimpanan data pengguna, dan pusat penyimpanan data platform.

Ketika ada masalah pada server utama, wajar saja beberapa fitur fb tidak bisa bekerja maksimal, bahkan parahnya bisa saja membuat kamu tidak bisa mengakses platform Facebook.

Sejumlah Manfaat Fitur Bintang di Aplikasi Facebook

Fitur bintang pada aplikasi facebook adalah fitur yang digunakan oleh para penguna jika ingin memberikan penghargaan atas postingan orang lain ataupun teman.

Bintang dapat digunakan untuk memberikan like atau suka kepada post, video, foto yang di-upload oleh orang lain. Tidak hanya itu, fitur bintang pun dapat digunakan sebagai bentuk dukungan atau bisa pula menunjukkan jika kamu setuju dengan apa yang dipost atau dibicarakan orang lain.

Meski kelihatannya sepele, tapi ternyata fitur bintang pada facebook punya banyak sekali manfaatnya. Fitur bintang di aplikasi facebook juga bisa menjadi alat untuk menunjukkan kepedulian.

Fitur ini digunakan untuk menujukkan betapa pedulinya kamu terhadap post teman atau orang lain. Misalnya seseorang meng-upload foto atau video dimana mereka tengah merasakan kesulitan. Kamu bisa beri tanda bintang dengan tujuan kamu peduli dengan apa yang tengah mereka alami.

Dan manfaat lain dari fitur bintang adalah dapat meningkatkan interaksi. Fitur ini akan membantu pengguna untuk bisa berinteraksi dengan pengguna lain.

Dengan memberikan bintang, maka hal ini bisa mendorong orang lain untuk memberikan bintang yang sama pada komentar di post tersebut.

Itulah beberapa penyebab kenapa fitur bintang di facebook tidak muncul beserta cara mengatasinya. Semoga dengan mengetahui sejumlah penyebabnya, kamu bisa segera mengatasi permasalahan yang terjadi.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *