Kenapa Game NCT Zone Tidak Bisa di Download? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

NCT Zone menjadi salah satu game yang cukup hangat belakangan ini karena banyak sekali dibicarakan oleh warganet Indonesia. Game yang baru saja rilis pada tanggal 27 Desember 2023 oleh TakeOne Company.

Kehadiran game ini membaca berita gembira, terutama kepada fans NCT karena bisa berkomunikasi langsung dengan 20 anggota NCT.

Sederhananya begini, setiap member NCT akan hadirnya secara virtual dengan karakter tertentu, seperti MOON untuk Taeil atau HOT GUY untuk Johnny dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai game ini, banyak dari warganet mengalami permasalahan saat menginstall NCT Zone. Lantas kenapa sih game NCT Zone tidak bisa di download dan bagaimana cara mengatasinya? Semuanya akan calonpengangguran jelaskan sebagai berikut.

Informasi Penting Game NCT Zone

Sebelum membahas lebih jauh terkait penyebab masalah ini, saya rasa teman teman semua perlu mengetahui beberapa informasi terkait game NCT Zone sebagai berikut.

  • Versi : 1.0.0
  • Perlu Android versi: 8.0 dan yang lebih tinggi.
  • Pembelian dalam aplikasi: Rp 13.000,00 – Rp 1.190.000,00 per item
  • Dirilis Tanggal: 27 Desember 2023
  • Diupdate pada: 27 Des 2023
  • Download: 50.000+ download
  • Rating: 3+
  • Elemen interaktif: Pembelian dalam Game (Termasuk Item Acak)
  • Ditawarkan oleh: TakeOne Company
  • Download: Disini

Penyebab Game NCT Zone Tidak Bisa di Download

Kenapa Game NCT Zone Tidak Bisa di Download

Koneksi Internet Tidak Stabil

Seperti yang kita tahu semua, untuk menyelesaikan proses download atau unduh sebuah aplikasi game perangkat harus terhubung ke jaringan internet stabil dan cepat.

Oleh karena itu, bisa saja karena ada masalah pada jaringan internet yang terhubung di perangkat mu membuat proses download atau instalasi gagal.

Solusinya:

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan benar atau tidaknya ada masalah pada jaringan internet yang terhubung ke perangkat mu.

Caranya tidaklah sulit, kamu bisa kunjungi situs Speedtest melalui aplikasi browser dan klik mulai, maka secara otomatis situs akan mengecek secara keseluruhan kecepatan internet yang saat ini digunakan.

Selain itu, kamu bisa uji coba manual dengan cara membuka atau mengakses aplikasi lain seperti Tiktok, Instagram, Youtube ataupun game lain. Apabila tidak ada masalah pada proses login, bisa dipastikan jaringan internet yang kamu gunakan stabil.

Bagi kamu yang hasilnya menunjukan ada masalah pada jaringan internet, silahkan ganti ke jaringan internet lain seperti Wifi atau tunggu sampai koneksi kembali normal.

Ruang Penyimpanan Perangkat Penuh

Selain karena jaringan internet bermasalah, penyebab lain dari masalah ini adalah ruang penyimpanan perangkat penuh.

Mengingat proses download mengharus perangkat menyimpan beberapa file data game NCT Zone, ketika perangkat terdeteksi tidak memiliki ruang penyimpanan lagi maka proses download akan dihentikan secara otomatis oleh sistem.

Kenapa ini dilakukan? Karena sistem tidak ingin merusak data lain yang sudah lebih dulu tersimpan di perangkat dengan cara menimpa data tersebut.

Solusinya:

Cara paling mudah mengatasi penyebab ini adalah menghapus beberapa file dan aplikasi yang tidak penting dari perangkat. Apabila dirasa penting semua, kamu bisa pindahkan file-file itu ke perangkat lain atau upload ke Google Drive.

Perangkat Tidak Kompatibel

Perlu kamu semua ingat, untuk bisa menyelesaikan proses instalasi melalui Play Store atau App Store perangkat yang digunakan harus memenuhi syarat dan ketentuan developer NCT Zone.

Kenapa? Karena tidak semua perangkat seluler bisa menginstall game ini, ada beberapa syarat dan ketentuan terkait spesifikasi perangkat, salah satunya adalah perangkat harus menyematkan sistem android versi 8.0 dan lebih tinggi.

Solusinya:

Kamu harus memastikan perangkat yang digunakan memenuhi syarat spesifikasi dari developer NCT Zone. Apabila ada keterangan “Tidak Berfungsi Di Perangkat Anda” bisa dipastikan sistem android yang digunakan tidak memenuhi syarat.

Bagaimana cara mengatasinya? Mau tidak mau kamu harus upgrade perangkat seluler ke versi lebih tinggi agar bisa memainkan game ini.

Cache Menumpuk

Penyebab lain yang sering disepelekan oleh pengguna seluler adalah cache, meski secara nyata cache sangat berguna untuk mempercepat proses loading atau mengakses suatu aplikasi.

Tapi perlu diingat kembali, cache adalah data sementara yang dihasilkan atau tersimpan setiap kali kamu mengakses aplikasi tertentu. Semakin banyak cache yang tersimpan di perangkat, maka akan membuat performa perangkat menurun.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini tidaklah sulit, kamu hanya perlu menghapus semua cache yang tersimpan di perangkat.

Bagaimana caranya? Pertama buka pengaturan perangkat, kelola aplikasi/aplikasi, pilih satu persatu aplikasi yang terinstall di perangkat, klik penyimpanan dan hapus cache.

Selain itu, kamu bisa meminta bantuan dari aplikasi pihak ketiga yang bisa diinstall melalui Play Store atau App Store. Dengan menggunakan aplikasi ini proses menghapus cache akan lebih cepat dan efesien.

Server Utama Sedang Gangguan

Seperti yang kita semua tahu, game baru saja rilis di Indonesia atau tepatnya pada tanggal 27 Desember 2023 kemarin.

Ini membuktikan masih banyak hal yang harus diperbaiki oleh developer atau pengembang untuk memberi pengalaman terbaik kepada kamu sebagai pengguna atau players.

Masalah tidak bisa menginstall game NCT Zone bisa saja disebabkan oleh server utama sedang gangguan dikarena tahap pemeliharaan atau upgrade kapasites server.

Mengingat server utama memiliki banyak peran penting seperti pusat pengoperasian aplikasi, pusat penyimpanan data dan pusat lalu lintas data.

Solusinya:

Sebagai pengguna, kamu tidak perlu melakukan hal apapun selain menunggu karena teknisi dari NCT Zone yang akan memperbaiki masalah pada server utama.

Kamu cukup menunggu dan coba download lagi secara berkala untuk memastikan gangguan pada server utama sudah selesai atau belum.

Sistem OS atau Perangkat Lunak Bermasalah

Ini menjadi penyebab terakhir dari masalah tidak bisa menginstall game NCT Zone di perangkat.

Sistem OS menjadi bagian paling inti karena semua hal yang kamu perintahkan akan diproses setelah sistem OS atau perangkat lunak memberi respon terhadap perintah yang diberikan.

Ketika ada masalah pada sistem OS ini tentu akan mempengaruhi banyak hal didalam perangkat seluler, termasuk performa perangkat itu sendiri sehingga aktivitas instalasi game NCT Zone gagal.

Solusinya:

Untuk memastikan benar atau tidaknya ada masalah pada sistem OS, kamu bisa install aplikasi atau game lain lebih dulu, apabila terjadi kesalahan yang sama berarti memang ada masalah pada sistem OS.

Memperbaiki sistem OS terbilang cukup sulit, karena ini terhubung langsung ke perusahaan atau penyedia layanan sistem OS tersebut.

Sebelum masuk ketahap itu, kamu bisa coba atasi dengan memuat ulang perangkat, menghapus cache, menghapus file dan memperbarui sistem OS ke versi terbaru.

Apabila semua tips sudah dilakukan, namun hasilnya tetap tidak bisa saya sarankan untuk pergi ke konter atau tempat service ponsel agar masalah pada sistem OS bisa ditangani oleh orang berpengalaman.

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada kamu semua mengenai kenapa game NCT Zone tidak bisa diunduh beserta cara mengatasinya. Semoga informasi singkat diatas bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *