PT Megatrans Global Logistics, Apakah Loker Penipuan atau Bukan?

Saat mencari pekerjaan, penting untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap informasi lowongan guna menghindari kemungkinan terlibat dalam risiko penipuan.

Terlepas dari perihal mencari pekerjaan sangatlah sulit mengingat ada banyak sekali persyaratan yang harus kita penuhi, salah satunya adalah harus memiliki pengalaman kerja.

Membahas mengenai pekerjaan, sering kali kita temui info loker beredar di sosial media, seperti Tiktok, Instagram, Facebook dan masih banyak lagi lainnya.

Tapi perlu diingat tidak semua loker itu benar, artinya mungkin saja ada indikasi penipuan yang bisa saja terjadi, hal ini tentu saja mengkhawatir bukan? Bukannya kita dapat kerja, malah rugi karena ditipu.

Belakangan ini, PT Megatrans Global Logistics sedang membuka lowongan pekerjaan sehingga banyak warganet diluar sana tertarik untuk mendaftar sebagai calon karyawan di perusahaan ini.

Lebih tepatnya pada 12 Januari 2024 kemarin, Megatrans Global membuka loker kepada siapa saja yang ingin mendapat pekerjaan di posisi Administrasi & Driver. Lokasi wawancara di Jalan I Gusti Ngurah Rai No.1H, dekat Mall Ciplaz Klender.

Lantas, apakah informasi tersebut benar adanya atau penipuan? Tentu kita semua perlu mencari tahu fakta terkait kabar ini agar tidak tertipu oleh oknum tidak betanggungjawab. Untuk mengetahui kebenaran dari info loker ini bisa lanjut membaca ulasan dibawah ini.

Tips Mengecek Kredibilitas Perusahaan

Untuk memastikan benar atau tidaknya lowongan pekerjaan dari PT ini terdapat beberapa langkah penting yang harus dilakukan, pertama kamu harus mencari tahu alamat website resmi perusahaan dan alamat kantor fisiknya berada.

Kenapa ini perlukan? Mengingat perusahaan sah atau resmi seharusnya memiliki website resmi sebagai wadah untuk menyalurkan atau memberi informasi terkait PT ini.

Tidak hanya itu saja, website menjadi media paling tepat untuk memperkenal nama pt kepada dunia karena dianggap lebih mudah diakses sehingga masyarakat yang tahu lebih banyak. Selain harus memiliki website, PT sah juga harus mencantumkan secara jelas dimana alamat kantornya berada.

Kedua hal ini adalah informasi paling penting dan harus kamu cari tahu sebelum memastikan valid atau tidaknya lowongan pekerjaan yang dibagikan oleh pt tersebut. Ini juga langkah paling awal sebelum kamu meniatkan diri untuk mendaftar sebagai calon karyawan di perusahan tersebut.

Tidak hanya mencari tahu website resmi dan alamat kantornya, hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk dicari adalah review dari karyawan yang pernah bekerja di perusahaan tersebut atau lebih mudahnya dikenal dengan istilah testimoni.

Kalau tidak adanya hasil review atau testimoni dari orang lain, kamu semua patut curiga dan waspada, karena perusahaan resmi seharusnya memiliki testimoni yang jelas, apalagi perusahaan tersebut sudah beroperasi cukup lama dan cukup terkenal.

Mencari tahu testimoni ini merupakan langkah penting yang harus dilakukan juga, karena seperti yang sudah saya sampaikan diatas tadi bahwa perusahaan atau pt besar pastilah memiliki review dari mantan karyawan ataupun review dari konten kreator yang membahas topik loker.

Kalau kamu merasa sulit mencari beberapa informasi yang saya sampaikan diatas, cara paling mudah memastikan benar atau tidaknya loker ini adalah kamu manfaat platform Google Maps. Lalu cari kantor fisik perusahaan pt megatrans global logistics, apabila alamatnya tidak ditemukan kamu harus waspada dan curiga dengan info loker tersebut.

Terakhir, kamu perlu mencari tahu legalitas dari perusahaan ini, mengingat namanya saja sudah PT artinya sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang tertentu, jadi tidak mungkinkan perusahaan besar ini tidak memiliki legalitas dari lembaga terkait? Kalau tidak ada, tentu ini mencurigakan bukan?

Baca Juga:

Apakah PT Megatrans Global Logistics Penipuan?

PT Megatrans Global Logistics

Seperti yang sudah saya sampaikan tadi, untuk mengetahui kebenaran terkait info loker dari Megatrans Global Logistics ini harus melakukan beberapa langkah penting, diantaranya cari alamat website resmi, cari alamat kantor fisik melalui Google Maps atau Google, cari testimoni dari mantan karyawan, cari review dari konten kreator atau blogger, dan masih banyak lagi.

Setelah tim cp melakukan penelusuran lebih dalam, terdapat beberapa kejanggalan yang patut kamu semua ketahui. Adapun beberapa hal tersebut bisa teman teman semua baca dibawah ini:

Informasi Loker Tidak Jelas

Hal pertama yang membuat saya curiga adalah informasi loker tidaklah jelas, mulai dari syarat, posisi, dan lain sebagainya. Deskripsi yang diberikan terkesan tidak profesional dan tidak memenuhi standar perusahaan Logistik, seolah-olah yang membuatnya bukanlah orang yang paham dibidang tersebut.

Link Tautan Mencurigakan

Kalau kamu mengetahui formulir yang mereka bagikan, pasti merasa curiga karena ketika mengunjungi link tautan tersebut kita akan diarahkan ke website tidak resmi dan tidak ada keterangan aman saat diakses.

Harus Memberikan Data Diri Lengkap

Menurut saya beberapa hal yang tidak harus diminta saat melakukan pendaftaran kerja adalah foto KK atau kartu keluarga, foto KTP, dan foto nomor rekening bank. Sementara semua itu menjadi data diri yang diminta oleh perusahaan ini, menurut kamu logis gak sih? Kalau menurut saya diluar nurul sih!

Adanya Modus Penipuan

Selain beberapa hal diatas, perlu kamu semua ingat salah satu modus penipuan yang paling sering saya jumpai adalah iming-iming gaji tinggi, tunjangan besar, dan lain lainnya. Tidak hanya itu, biasanya para penipu akan meminta uang pendaftaran.

Sampai disini sudah pahamkan? Kalau perusahaan ini tidaklah aman dan terdapat indikasi penipuan. Jadi saya sarankan untuk tidak melanjutkan daftar kerja di pt ini.

Baiklah, mungkin hanya itu yang bisa calonpengangguran sampaikan mengenai Apakah PT Megatrans Global Logistics Penipuan? Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih!

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *