PT Jaya Nusantara Indah Express, Apakah Loker Penipuan atau Bukan?

Penting mencari kebeneran pada sebuah informasi yang kita temukan di dunia maya, kenapa? Karena sudah banyak sekali aksi penipuan yang terjadi belakangan ini, salah satu media yang digunakan adalah dunia maya.

Terkait dengan hal ini, warganet sedang dihebohkan dengan kabar loker atau lowongan pekerjaan yang ditawarkan oleh PT Jaya Nusantara Indah Express yang dibagikan oleh seorang pengguna.

Akan tetapi, banyak informasi yang tidak jelas mengenai loker ini, ada yang mengatakan bahwa loker ini penipuan, lantas apakah benar loker PT Jaya Nusantara Indah Express penipuan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, calonpengangguran sudah menyiapkan ulasan lengkapnya. Oleh karena itu, agar tidak salah paham kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Sekilas Tentang PT Jaya Nusantara Indah Express

Perlu kamu semua ketahui, Jaya Nusantara Indah Express adalah salah satu perusahaan jasa yang menawarkan pengantaran barang domestik atau dalam negeri.

Kalau kita perhatikan, ada banyak sekali info loker yang perusahaan ini buka, mulai dari loker posisi Receptionist, posisi administrasi kantor, packing barang, posisi karyawan gudang, dan masih banyak lagi.

Lantas bagaimana dengan loker PT Jaya Nusantara Indah Express yang dibagikan ke sosial media oleh seorang pengguna yang tidak jelas itu? Untuk mengetahui terkait loker itu, teman teman bisa lanjut membaca ya!

Baca Juga:

Tips Memastikan Kredibilitas Loker PT Jaya Nusantara Indah Express

Untuk memastikan benar atau tidaknya lowongan pekerjaan dari sebuah perusahaan terdapat beberapa langkah penting yang harus dilakukan, pertama kamu harus mencari tahu alamat website resmi perusahaan dan alamat kantor fisiknya berada.

Kenapa ini perlukan? Mengingat perusahaan sah atau resmi seharusnya memiliki website resmi sebagai wadah untuk menyalurkan atau memberi informasi terkait PT.

Tidak hanya itu saja, website menjadi media paling tepat untuk memperkenal nama pt kepada dunia karena dianggap lebih mudah diakses sehingga masyarakat yang tahu lebih banyak. Selain harus memiliki website, PT sah juga harus mencantumkan secara jelas dimana alamat kantornya berada.

Kedua hal ini adalah informasi paling penting dan harus kamu cari tahu sebelum memastikan valid atau tidaknya lowongan pekerjaan yang dibagikan oleh pt tersebut. Ini juga langkah paling awal sebelum kamu meniatkan diri untuk mendaftar sebagai calon karyawan di perusahan tersebut.

Tidak hanya mencari tahu website resmi dan alamat kantornya, hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk dicari adalah review dari karyawan yang pernah bekerja di perusahaan tersebut atau lebih mudahnya dikenal dengan istilah testimoni.

Kalau tidak adanya hasil review atau testimoni dari orang lain, kamu semua patut curiga dan waspada, karena perusahaan resmi seharusnya memiliki testimoni yang jelas, apalagi perusahaan tersebut sudah beroperasi cukup lama dan cukup terkenal.

Mencari tahu testimoni ini merupakan langkah penting yang harus dilakukan juga, karena seperti yang sudah saya sampaikan diatas tadi bahwa perusahaan atau pt besar pastilah memiliki review dari mantan karyawan ataupun review dari konten kreator yang membahas topik loker.

Kalau kamu merasa sulit mencari beberapa informasi yang saya sampaikan diatas, cara paling mudah memastikan benar atau tidaknya loker ini adalah kamu manfaat platform Google Maps. Lalu cari kantor fisik perusahaan ini, apabila alamatnya tidak ditemukan kamu harus waspada dan curiga dengan info loker tersebut.

Terakhir, kamu perlu mencari tahu legalitas dari perusahaan ini, mengingat namanya saja sudah PT artinya sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang tertentu, jadi tidak mungkinkan perusahaan besar ini tidak memiliki legalitas dari lembaga terkait? Kalau tidak ada, tentu ini mencurigakan bukan?

Apakah Loker PT Jaya Nusantara Indah Express Penipuan?

PT Jaya Nusantara Indah Express penipuan

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas bahwa PT Jaya Nusantara Indah Express merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengantaran barang domestik.

Untuk memastikan benar atau tidak loker yang kamu lihat, langkah awal yang harus dilakukan adalah mengecek apakah link atau loker tersebut resmi dari PT Jaya Nusantara Indah Express atau bukan?

Ini dilakukan karena ada banyak sekali oknum tidak bertanggungjawab menggunakan nama PT ini untuk melakukan penipuan. Loker penipuan umumnya meminta calon karyawan membayar sejumlah uang, lalu link formulir yang diberikan tidak resmi dari perusahaan ini.

Berdasarkan hal tersebut, tim cp sudah melakukan penelusuran terkait info loker yang didapatkan dari sosial media dan sempat viral beberapa waktu lalu. Hasilnya ditemukan beberapa indikasi penipuan pada loker tersebut, adapun beberapa indikasi yang penulis maksud, diantaranya:

  • Informasi lowongan tidak terdaftar di situs resmi PT Jaya Nusantara Indah Express.
  • Lowongan tersebut disebarkan melalui platform yang tidak resmi, seperti media sosial pribadi atau grup WhatsApp.
  • Kontak yang tertera pada informasi lowongan tidak dapat diverifikasi.
  • Syarat dan ketentuan yang tertera pada informasi lowongan tidak masuk akal.
  • Gaji dan benefit yang ditawarkan jauh di atas standar gaji pada umumnya.
  • Meminta data pribadi yang tidak relevan dengan proses lamaran kerja.
  • Meminta pembayaran di awal proses rekrutmen.

Dari penjelasan ini bisa kita tarik kesimpulan bahwa loker PT Jaya Nusantara Indah Express yang dibagikan oleh oknum tidak jelas melalui sosial media dan grup WhatsApp adalah loker penipuan.

Saran saya, kamu bisa cari langsung info loker perusahaan ini melalui laman resmi sebuah perusahaan, jangan langsung percaya dengan loker yang dibagikan melalui sosial media karena banyak terjadinya penipuan.

Demikian ulasan singkat yang bisa calonpengangguran sampaikan mengenai PT Jaya Nusantara Indah Express, apakah loker penipuan atau bukan? Semoga informasi ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *