PT Golden Logistik Jayaindo Membuka Loker, Apakah Penipuan atau Bukan?

Penting mencari kebeneran pada sebuah informasi yang kita temukan di dunia maya, kenapa? Karena sudah banyak sekali aksi penipuan yang terjadi belakangan ini, salah satu media yang digunakan adalah dunia maya seperti Google, sosial media, grup WhatsApp dan lain sebagainya.  

Terkait dengan hal ini, warganet sedang dihebohkan dengan kabar loker atau lowongan pekerjaan yang ditawarkan oleh PT Golden Logistik Jayaindo yang dibagikan oleh seorang pengguna.

Akan tetapi, banyak informasi yang tidak jelas dan mencurigakan mengenai loker ini, ada yang mengatakan bahwa loker ini penipuan, lantas apakah loker perusahaan ini asli atau penipuan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, calonpengangguran sudah menyiapkan ulasan lengkapnya. Oleh karena itu, agar tidak salah paham kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Beberapa Langkah Memastikan Keaslian Loker

Untuk memastikan benar atau tidaknya lowongan pekerjaan dari sebuah perusahaan terdapat beberapa langkah penting yang harus dilakukan, diantaranya:

Pertama, kamu harus mencari tahu alamat website resmi perusahaan dan alamat kantor fisiknya berada.

Kenapa ini perlukan? Mengingat perusahaan sah atau resmi seharusnya memiliki website resmi sebagai wadah untuk menyalurkan atau memberi informasi terkait PT.

Website sendiri merupakan media paling tepat untuk memperkenal nama pt kepada dunia karena dianggap lebih mudah diakses sehingga masyarakat yang tahu lebih banyak. Selain harus memiliki website, PT sah juga harus mencantumkan secara jelas dimana alamat kantornya berada.

Biasanya website resmi dari perusahaan akan sangat mudah ditemukan, kamu cukup mengetik nama perusahaan di kolom pencarian Google dan klik cari.

Maka secara otomatis perusahaan akan tampil di halaman pertama pencarian Google, melalui website inilah teman teman semua bisa mencari tahu informasi terkait perusahaan yang ingin diketahui.

Kedua, cari testimoni dari mantan karyawan atau review dari orang lain, ini menjadi point yang tidak kalah penting untuk dicari, mengingat perusahaan besar dan sudah cukup lama beroperasi pastilah memiliki tertimoni dan review.

Kalau tidak adanya hasil review atau testimoni dari orang lain, kamu semua patut curiga dan waspada, karena perusahaan resmi seharusnya memiliki testimoni yang jelas, apalagi perusahaan tersebut sudah beroperasi cukup lama dan cukup terkenal.

Mencari tahu testimoni ini merupakan langkah penting yang harus dilakukan juga, karena seperti yang sudah saya sampaikan diatas tadi bahwa perusahaan atau pt besar pastilah memiliki review dari mantan karyawan ataupun review dari konten kreator yang membahas topik loker.

Kalau kamu merasa sulit mencari beberapa informasi yang saya sampaikan diatas, cara paling mudah memastikan benar atau tidaknya loker ini adalah kamu manfaat platform Google Maps. Lalu cari kantor fisik perusahaan ini, apabila alamatnya tidak ditemukan kamu harus waspada dan curiga dengan info loker tersebut.

Ketiga, cek nama domain atau alamat email loker tersebut. Perlu kamu semua ingat, perusahaan besar pasti memiliki alamat email sendiri yang mencantumkan nama domain perusahaan.

Misalnya, perusahaan calonpengangguran, maka alamat email yang digunakan oleh perusahaan untuk mengirim dan menerima email beralamat @calonpengangguran.com, bukan menggunakan @gmail.com atau @yahoo.com.

Keempat, loker palsu biasanya memberi persyaratan yang mudah dan gaji karyawan yang tinggi, ini menjadi salah satu trik mereka untuk memikat minat warganet agar segera mendaftar kerja.

Sayangnya, persyaratan untuk mendaftar kerja tidaklah semudah yang kita pikirkan, bahkan gaji yang diterima terbilang sangat kecil. Untuk memastikan hal ini, kamu bisa cek langsung gaji di pt tertentu.

Kalau misalkan gaji di pt a 3 juta rupiah untuk posisi packing barang, maka di perusahaan yang akan kamu daftar juga menawarkan gaji segitu, kalau lebih paling nambah 100 sampai 400 ribu saja.

Kelima, ketika hendak mendaftar kerja jangan pernah mau membayar uang pendaftaran, kenapa? Karena tidak ada perusahaan manapun yang meminta bayaran pendaftaran, jika kamu menemukan prosedur begini saya saran untuk tidak melanjutkannya.

Keenam, kamu perlu mencari tahu legalitas dari perusahaan ini, mengingat namanya saja sudah PT artinya sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang tertentu, jadi tidak mungkinkan perusahaan besar ini tidak memiliki legalitas dari lembaga terkait? Kalau tidak ada, tentu ini mencurigakan bukan?

Baca Juga:

Apakah Loker PT Golden Logistik Jayaindo Penipuan atau Asli?

PT Golden Logistik Jayaindo

Untuk memastikan benar atau tidak loker yang kamu lihat, lakukan beberapa tahapan yang sudah penulis sampaikan diatas. kenapa harus dilakukan? karena ada banyak sekali oknum tidak bertanggungjawab menggunakan nama PT ini untuk melakukan penipuan.

Meski loker yang kamu lihat terlihat menyakinkan, tetap saja perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut untuk memastikan kebenarannya secara 100 persen.

Kamu bisa melakukan pengecekan langsung ke laman website PT Golden Logistik Jayaindo, biasanya kalau perusahaan ini memang membuka penerimaan karyawan baru akan ditampilkan di laman resmi mereka.

Selain itu, kamu bisa cek link yang membagikan formulir pendaftaran dan alamat email dari si pengirim. Kalau ada indikasi mencurigakan, seperti alamat email milik pribadi atau menggunakan @gmail/@yahoo kamu patut curiga.

Lantas bagaimana dengan loker PT Golden Logistik Jayaindo ini? Dari hasil penelusuran yang sudah pihak cp lakukan, terdapat hal mengejutkan yang patut kita curiga, yakni calon karyawan yang dipanggil interview rata-rata tidak melakukan pelamaran kerja sebelumnya, bisa dilihat undangan interview ini datang sendiri.

Tidak hanya itu saja, ada biaya keanggotaan dan lainnya yang diminta kepada calon karyawan yang mendapat undangan interview ini.

Mencurigakan gak sih? Maka dari itu review yang cp berikan ini bertujuan untuk memberi peringatan kepada kamu semua agar selalu waspada dan berhati-hati terkait modus penipuan loker yang bisa saja terjadi dimanapun dan kapanpun.

Jangan mudah percaya dengan info loker yang menawarkan serangkaian hal menggiurkan seperti gaji tinggi, persyaratan mudah, jaminan diterima, bayar biaya pendaftaran dan lain sebagainya.

Demikian ulasan singkat yang bisa calonpengangguran sampaikan mengenai PT Golden Logistik Jayaindo, apakah loker penipuan atau bukan? Semoga bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *