Tanyata Mudah! Cara Melaporkan Sertifikat Prakerja Ke Tokopedia

Cara Mudah Melaporkan Sertifikat Ke Tokopedia – Memang sih, kalau sudah menyelesaikan semua pelatihan Prakerja dan mengikuti sesi webinar, seharusnya Anda sudah bisa mendapatkan sertifikat. Tetapi beberapa kasus tidak demikain, karena meski sudah menyelesaikan semua tahap pelatihan Prakerja mereka belum juga mendapatkan sertifikat.

Sebenarnya kenapa hal tersebut bisa terjadi? Untuk menjawab pertanyaan ini, saya akan anggap Anda mengambil pelatihan di Tokopedia ya. Jadi salah satu penyebab kenapa sertifikat tidak muncul di halaman beranda website Prakerja, karena pihak Tokopedia belum mengkonfirmasi bahwa Anda sudah menyelesaikan pelatihan yang diberikan.

Maka dari itulah, sampai sekarangan Anda belum bisa mendapatkan sertifikat Prakerja tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, teman-teman semua tidak perlu bingung karena pada kesempatan kali ini Calonpengangguran akan membantu Anda melalui artikel ini.

Jadi bagi teman-teman semua yang ingin menyelesaikan masalah ini, silahkan untuk lanjut membaca tulisan dari Calonpengangguran sebagai berikut.

Cara Menghubungi Pihak Tokopedia Terkait Prakerja

Seperti yang kita tahu sebagai layanan belanja online, tentunya Tokopedia memiliki Customer Service yang akan membantu Anda semua menyelesaikan masalah terkait layanan ini.

Salah satu hal permasalahan yang bisa dibantu oleh Customer Service Tokopedia ini adalah terkait pelatihan Prakerja.

Jadi bagi teman-teman semua yang mengalami masalah terkait sertifikasi Prakerja yang tidak juga muncul, bisa menghubungi pihak Customer Service Tokopedia.

Untuk menghubungi CS Tokopedia, bisa menggunakan Akun Tokopedia yang Anda gunakan untuk membeli pelatihan Prakerja atau bisa melalui Akun Facebook. Bagaimana caranya? Yuk Simak! Step by Step nya dibawah ini.

Cara Mudah Melaporkan Sertifikat Prakerja Ke Tokopedia

cara melaporkan sertifikat prakerja ke tokopedia

Disini saya akan memberikan 2 metode paling mudah untuk melaporkan sertifikat prakerja ke tokopedia. Pertama melalui website resmi Tokopedia dan melalui Akun Facebook Tokopedia. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca tutorial berikut.

1. Lewat Website atau Aplikasi Resmi Tokopedia

  • Pertama silahkan buka Aplikasi atau Website Tokopedia, lalu gunakan akun yang Anda gunakan untuk membeli pelatihan prakerja waktu itu. Disini sebagai contoh, saya menggunakan website Tokopedia, jadi setelah masuk di halaman beranda Cari dan Tap Icon Orang untuk masukan ke profil Anda.
  • Setelah itu, akan tampil banyak menu yang bisa Anda gunakan. Tapi, karena tujuan kita membuat laporan terkait sertifikat silahkan Tap Menu Top Up & Tagihan.
  • Di halaman ini Anda akan ditampilkan rinci pembelian, silahkan cari pembelian pelatihan prakerja dan Tap Tokopedia Care dengan cara Tap Icon Titik Tiga di sudut kanan atas pembelian.
  • Kemudian, Anda Tap Saya mengalami masalah dengan transaksi digital, lalu scroll layar kebawah hingga Anda menemukan menu Hubungi Team Tokopedia Care dan Tap.
  • Terakhir, silahkan tulis permasalahan yang Anda alami terkait pelatihan prakerja, dan lampirkan file yang dibutuhkan seperti screenchot tanggal penyelesaian pelatihan agar pihak tokopedia bisa segera memproses pemintaan Anda nantinya.

2. Lewat Akun Facebook Tokopedia

  • Selain bisa langsung menghubungi Customer Service di Website atau Aplikasi Tokopedia, Anda juga bisa membuat laporan terkait sertifikat prakerja dengan menghubungi pihak Tokopedia melalui Facebook.
  • Caranya, login ke Akun Facebook Anda masing-masing lalu Cari Akun Resmi Tokopedia atau bisa Tap dari sini.
  • Pilih Akun Tokopedia yang memiliki Centang Biru, sebagai tanda Akun Real Tokopedia.
  • Untuk bisa membuat laporan terkait permasalah Anda, silahkan Tap Menu Kirim Pesan.
  • Lalu tulis pesan mengenai keluhan Anda, agar pihak Tokopedia segera memproses pemintaan Anda lampirkan juga file yang dibutuhkan seperti screenchot tanggal penyelesaian pelatihan.
  • Tunggu hingga Customer Service Tokopedia membalas pesan Anda, setelah itu silahkan ikuti arah yang diberikan oleh CS Tokopedia.
  • Selesai.

Tips Memasukan Lampiran File

Diatas tadi sudah saya katakana untuk melampirkan file yang dibutuhkan agar pihak Tokopedia bisa segera memproses pemintaan Anda. Adapun informasi yang bisa Anda lampirkan diantaranya:

  • Transaksi ke …  
  • Lembaga Pelatihan : … (Masukan lembaga pelatihan yang Anda ikuti)
  • Judul pelatihan : … (Masukan judul pelatihan yang Anda ikuti)
  • No. Invoice transaksi : … (masukan no. invoice transaksi bisa dilihat di aplikasi Tokopedia, atau pada detail transaksi).
  • Kode voucher: … (masukan kode voucher, lihat  di aplikasi atau website Tokopedia, di detail transaksi yang sudah Anda selesaikan).
  • Rating : … (Masukan rating yang Anda berikan kepada pihak Tokopedia)
  • Ulasan : … (Masukan ulasan yang Anda berikan kepada pihak Tokopedia)
  • Rekomendasi ke teman : … (Anda bisa isi dengan “ya” jika merekomendasikan pelatihan ini kepada teman atau tidak kalau Anda tidak merekomendasi membeli pelatihan di Tokopedia).

Mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran sampaikan mengenai Cara Melaporkan Sertifikasi Prakerja Ke Tokopedia. Semoga sedikit informasi diatas bisa membantu Anda semua, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *