Mudah Sekali! Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja

Sebelumnya, Calonpengangguran sudah menjelaskan beberapa hal tentang Sertifikat Prakerja. Pada kesempatan kali ini, kami masih akan membahas Program Prakerja, lebi tepatnya Cara Melihat Jadwal Pelatihan Di Prakerja.

Sebenarnya apa sih Pelatihan Prakerja ini? Singkatnya, Pelatihan Prakerja merupakan tindakan atau cara pemerintah untuk meningkatkan bakat atau keterampilan dari peserta atau anggota yang mengikuti program pemerintah ini.

Tujuannya tidak lain, agar para peserta atau anggota yang sudah mendapatkan pelatihan Prakerja ini bisa bersaing di lapangan kerja sesungguhnya nanti, karena sudah mendapatkan pelatihan dari ahlinya.  

Maka dari itu, bagi Anda yang sudah lulus pendaftaran prakerja akan diminta membeli pelatihan di beberapa platform yang sudah disediakan seperti Skill Academy, Tokopedia, dan platform lainnya.

Tetapi, karena kurangnya pengetahuan mengenai pelatihan prakerjan ini, masih banyak peserta atau anggota program pemerintah ini yang masih bingung melihat jadwal pelatihan yang meraka ambil.

Maka dari itu, Calonpengangguran hadir untuk membantuk Anda semua mengetahu Cara Mudah Melihat Jadwal Pelatihan Di Prakerja yang bisa langsung teman-teman semua baca dibawah ini.

Cara Mudah Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja

cara melihat jadwal pelatihan prakerja
  • Pertama, teman-teman silahkan kunjungi situs resmi Prakerja melalui browser seperti chrome, Mozilla firefox atau aplikasi browser lainnya. Untuk lebih mudah, Anda bisa Tap Link disini Prakerja.
  • Setelah berhasil masuk, silahkan untuk masukan Akun Anda masing-masing. Di halaman utama atau beranda,  Anda Tap Menu Dasbor Akun lalu Tap Pelatihan Saya pada menu drop-down untuk mengetahui pelatihan yang Anda ambil.  
  • Begitu tahu pelatihan prakerja yang Anda ambil dari platform mana, silahkan kunjungi website tersebut. Misalkan Anda mengambil pelatihan prakerja di Skill Academy jadi silahkan kunjungi situs resminya dan masukan Akun yang Anda gunakan saat membeli pelatihan tersebut.
  • Kalau Anda bingung bisa gunakan cara lain, yakni dengan mengecek email yang Anda gunakan untuk mendaftar di program prakerja. Lalu Tap Link Tautan yang dikirim ke email Anda, maka secara otomatis Anda akan masuk ke halaman situs pelatihan prakerja yang sudah dipilih.  
  • Kalau seandainya, tidak memiliki akun platform yang Anda pilih. Silahkan untuk buat akun dulu, dengan Tap Menu Daftar.
  • Setelah itu, Anda akan diminta melakukan penukaran voucher yang dibeli dari platform pelatihan prakerja lebih dulu.
  • Jadi silahkan untuk tukar dulu vouchernya, kalau sudah Anda akan ditampilkan menu kelas di halaman pelatihan.
  • Tap Menu tersebut untuk mengetahu jadwal pelatihan yang harus Anda ikuti, tidak jadwal pelatihan saja Anda juga bisa melihat materi apa saja yang Anda pelajari nantinya melalui video.
  • Selesai.

Perhatikan Beberapa Hal Sebelum Mengecek Jadwal Pelatihan Prakerja

Sebelum Anda melihat jadwal pelatihan prakerja yang sudah Anda beli, ada beberapa hal yang perlu Anda semua perhatikan sebelum melihat jadwal pelatihan ini. Apa saja itu? Yuk Simak! Dibawah ini.

1. Anda sudah Terdaftar Di Akun Prakerja

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah Anda harus memiliki akun prakerja yang sudah lulus, seperti yang kita tahu ada beberapa tahapan yang harus Anda selesaikan untuk bisa mendapatkan sertifikat prakerja diantaranya mendaftar akun, membeli pelatihan prakerja, dan menyelesaikan pelatihan.

Jadi kalau Anda tidak menyelesaikan tahap pertama, yakni lulus pendaftaran akun bagaimana bisa Anda melanjutkan ketahap selanjutnya. Maka dari itu, untuk bisa melihat jadwal pelatihan Anda harus sudah terdaftar di program prakerja.

2. Pastikan Pelatihan Prakerja Sudah Aktif

Selain itu, teman-teman juga harus memastikan kalau pelatihan prakerja sudah aktif, karena pada beberapa kasus peserta yang sudah membeli pelatihan yang mereka inginkan lupa mengecek apakah pelatihan tersebtu sudah aktif atau belum.

Oleh karena itu, saya sarankan untuk Anda sudah membeli pelatihan untuk mengecek kembali. Caranya, buka Dashboard akun prakerja lalu cek apakah pelatihan yang Anda beli tadi sudah menampilkan status aktif. Kalau belum, silahkan untuk coba beli kembali atau hubungi Customer terkait. Sementara kalau sudah, silahkan langsung cek jadwal pelatihan prakerja Anda seperti penjelasan diatas.

Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja yang Calonpengangguran sampaikan untuk Anda semua mengenai Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja. Semoga sedikit informasi diatas bisa membantu Anda semua, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *