Apa Arti Kata Tarhib Ramadhan? Ini Penjelasannya!

Sebentar lagi kita akan memasukan bulan suci Ramadhan. Setiap menjelang puasa tentu sobat Calonpengangguran sering mendengarkan istilah tarhib Ramadhan. Bagi teman-teman yang beragama Islam Sudahkah Anda paham Apa Arti Kata Tarhib Ramadhan? Jika belum mengetahuinya, yuk kita cari tahu bersama dengan menyimak sebuah artikel yang saya jelaskan dibawah ini ya!!

Seperti yang kita ketahui, kurang lebih 10 hari lagi kita akan menghadapi bulan yang penuh barakoh, yaitu bulan Ramadhan. Apakah teman-teman siap untuk melakukan kewajiban berpuasa? Mau tidak mau harus menjalankannya karena hukumnya wajib.

Ketika menjelang bulan puasa, banyak sekali orang yang mengajak untuk melakukan tarhib. Mungkin saudara atau temen terdekat kamu sering mengucapkan kata tarhib ini.

Meskipun banyak yang mengatakan istilah Tarhib Ramadhan, akan tetapi sebagian orang masih belum mengetahui makan yang sebenarnya. Lalu Apa definisi Tarhib Ramadhan? Untuk menjawab pertanyaan ini, silahkan simak ulasan berikut  ini :

Sekilas Makna Tarhib Ramadhan

Arti Kata Tarhib Ramadhan

Arti Tarhib Ramadhan sendiri merupakan penyambutan bulan suci Ramadhan. Disini bukan hanya mempersiapkan malam Ramadhan dengan sajian yang makanan lezat untuk sahur ataupun buka puasa di esok hari.

Akan tetapi, penyambutan yang dimaksud disini adalah segala kesiapan, keluasaan, kelapangan, keterbukaan dan keleluasaan yang dimiliki, baik dari segi materil maupun spiritual, jiwa dan raga serta segala apa yang ada dalam diri kita.

Untuk menyambut bulan suci Ramadhan, kamu bisa mengerjakan hal yang positif seperti melakukan amalan-amalan atau pencarian ilmu yang cukup. Kemudian menjaugi perbuatan tercela tercela menjelang bulan suci ini.

Sekali lagi saya ingatkan, bahwa bula puasa di tahun 2021 kini tinggal menghitung hari. Disisi lain, kaum muslimin juga penasaran akan doa tarhib Ramadhan. Berikut ini doanya :

Doa Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Bagi teman-teman muslimin yang belum mengetahui Doa Tarhib Ramadhan, mari kita baca bersama ayat dibawah ini :

اللهم أهله علينا باليمن والإيمان والسلامة والإسلام ربي وربك الله

Allahumma ahillahu ‘alainaa bil yumni wal Imani wassalamati wal islami Rabbi wa Rabbukallahu.

“Ya Allah mohon hadirkan awal ramadhan kepada kami dengan penuh ketentraman, dan dengan penuh kekuatan iman, sehat dan selamat, dan dengan kekuatan islam Rabbi wa Rabbukallahu.”

Akhir Kata

Demikianlah informasi singkat diatas mengenai Arti Kata Tarhib Ramadhan. Semoga dari penjelasan diatas, kita lebih mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci di tahun ini. Sekian dan terima kasih.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *