Cara Merawat Hp Baru Agar Tetap Awet

Cara Merawat Hp – Seperti yang kita ketahui, hampir semua orang sudah menggunakan smartphone sebagai media pendukung aktivitas sehari-hari baik untuk kerja ataupun hiburan semata. Karena itulah, semakin banyak pula orang membeli smartphone baru yang lebih canggih dari generasi sebelumnya.

Namun masih banyak juga pengguna smartphone yang tidak mengetahui merawat ponsel mereka dengan baik dan benar, alhasil ponsel cepat rusak dan harus diganti baru lagi.

Dari pemasalahan tersebutlah, saya selaku penulis di situs calonpengangguran akan berbagi tips Cara Merawat Hp Baru ataupun lama agar awet dan tahan lama.

Cara Merawat Hp

Berikut akan saya jelaskan beberapa tips merawat hp, baik itu baru ataupun sudah lama. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak ulasan dibawah ini.

Gunakan Screen Protector pada Layar

cara merawat hp
Sumber www.techspot.com/

Seperti yang kita ketahui salah satu bagian terpenting dari smartphone adalah layar, setuju tidak? Menurut saya sih iya, apalagi pengguna hp zaman sekarang rata-rata sudah menggunakan smartphone atau ponsel pintar.

Smartphone dibekali sebuah fitur touchscreen atau layar sentuh yang berfungsi untuk memudahkan pengguna menjalankan ponsel pintar hanya menggunakan jari mereka, kebayang gak sih layar sentuh pada smartphone anda tiba-tiba tidak merespon atau bahkan rusak dibagian lcdnya. Pasti bingung bukan?

Nah dari permasalah tersebut bisa kita tarik kesimpulan bahwa layar pada sebuah smartphone sangat penting, baik itu touchscreen maupun lcdnya. Touchsreen berfungsi agar layar mampu diakses hanya dengan menyentuhnya, sedangkan lcd berfungsi untuk menampilkan display.

Baca Juga Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Lalu bagaimana cara menjaga agar layar tetap aman ? pertanyaan tersebut selalu terpintas dipikiran saya. Meski kebanyakan pengguna smartphone masa kini tidak terlalu memperdulikan hal tersebut, padahal hal tersebut sangat penting.

Untuk menjaga layar smartphone anda baik baru ataupun yang sudah lama saya saran untuk menggunakan Screen Protector, dengan begitu layar akan terjaga dari goresan ataupun benturan akibat jatuh tanpa disengaja kedepannya, sehingga yang pecah kelak adalah pelindung layar bukan layar aslinya.

Apa salahnya berjaga-jaga, karena kalau layar sudah terlanjur pecah atau rusak anda harus membeli layar baru, tahu tidak harga layar smartphone lumayan mahal loh, berkisar antara 500 lebih tergantung merk masing-masing.

Gunakan Casing untuk Melindungi Body HP

Selain layar, ternyata bagian terpenting lainya dari smartphone adalah pemakaian casing. Kenapa hal ini penting? Karena tidak semua body smartphone masa kini berbahan metal. Bahkan tidak jarang smartphone masa kini hanya dibekali bodi berbahan plastik yang artinya bahan tersebut mudah pecah dan tergores.

Maka dari itu, saya sarankan bagi anda untuk menggunakan casing untuk melindungi bodi dari benturan, sehingga smartphone baru anda akan aman. Terdapat dua macam pelindung bodi yang bisa anda gunakan diantaranya Hardcase atau softcase.  

Jangan Bermain Game ketika Mengisi Baterai

Seperti pembahasan saya sebelumnya mengenai Cara Merawat Baterai Hp, bahwa anda harus menghindari menggunakan smartphone atau menjalankan aplikasi berat seperti game 3D ketika sedang di-charging. Karena akan berisiko buruk pada perfoma baterai.

Sebaiknya biarkan smartphone baru anda tetap di-charging hingga daya mencapai 50% dulu, setelah itu barulah anda bisa menggunakan smartphone tersebut. Tips ini tidak hanya untuk smartphone baru saja, melainkan seterusnya. Pastinya tidak ingin bukan baterai smartphone baru anda rusak? Maka dari itu ikuti tips dari calonpengangguran ya!

Hapus Widget tidak Penting

Untuk cara merawat hp selanjutnya adalah menghapus widget tidak penting pada smartphone anda masing-masing, apa itu widget? Adalah aplikasi atau perangkat lunak yang terinstall pada smartphone.

Saran dari saya sebaiknya hapus beberapa aplikasi yang tidak penting pada smartphone anda, tujuannya agar hp baru anda tidak lemot karena terlalu banyak menginstall aplikasi tidak penting.

Kontrol Aplikasi

Selanjutnya adalah mengontrol aplikasi yang terinstall di ponsel anda, disini anda perlu mengecek mana aplikasi yang harus diperbarui dan mana aplikasi yang harus dihapus. Seperti penjelasan saya diatas agar hp tidak lemot akibat terlalu banyak menginstall aplikasi, anda perlu menghapus beberapa aplikasi tidak penting tersebut.

Install Aplikasi All In One Toolbox

Cara merawat hp terakhir adalah menginstall aplikasi all in one toolox, sebenarnya apa sih guna menginstall aplikasi tersebut? Dari pengalaman saya, aplikasi sangat berguna untuk menunjang perfoma smartphone baik baru maupun sudah lama.

Meskipun banyak sekali aplikasi yang mampu menunjang perfoma sebuah smartphone di google play store, namun menurut saya aplikasi all in one toolbox menjadi satu-satu aplikasi terbaik guna menunjang perfoma smartphone anda.

Beberapa Hal Wajib Yang Harus Anda Lakukan Pada Hp Baru

Selain menjelaskan cara merawat hp, calonpenggangguran juga akan membahas beberapa hal wajib yang harus anda lakukan pada hp baru. Apa saja itu? Yuk simak dibawah ini.

Cek Kondisi dan Kelengkapan

Ketika anda hendak membeli sebuah smartphone baru, hal wajib pertama yang harus dilakukan adalah mengecek apakah smartphone yang anda beli memiliki jaminan garansi baik itu resmi ataupun distributor. Setidaknya ada jaminan kalau saja ada hal yang tidak diinginkan seperti smartphone baru tiba-tiba rusak.

Selain itu, anda juga perlu mengecek kelengkapan smartphone yang dibeli dan pastikan juga fisik atau bodi dalam keadaan mulus. Tentunya anda tidak ingin bukan membeli smartphone baru namun bodi tergores dan tidak lengkap? Nah maka dari itu hal ini wajib anda lakukan ketika hendak membeli sebuah smartphone baru.

Buat Akun Cadangan

Selain mengecek kondisi fisik, kelengkapan dan garansi, hal wajib lainnya yang harus anda lakukan adalah membuat akun candang. Apa sih guna akun cadangan? Sebenarnya dari kata cadangan saja bisa kita tarik kesimpulan, bahwa akun cadangan adalah akun yang menyimpan semua data dari akun utama, mulai dari kontak, catatan, log panggilan, pesan, bahkan kalender.

Baca Juga Cara Merawat Baterai Hp Tanam Baru Agar Awet

Jadi anda tidak perlu repot-repot lagi memindahkan semua data tersebut dari smartphone lama ke smartphone baru anda, karena anda sudah memiliki akun cadangan. Disini anda bisa membuat akun cadangan melalui email ataupun drive, kedua cara tersebut sama-sama mudahnya.

Matikan Shortcut Aplikasi Baru

Selanjutnya adalah mematikan shorcurt aplikasi baru, disini saya sarankan bagi anda yang hendak menginstall beberapa aplikasi di smartphone baru, tujuannya agar aplikasi yang anda install tidak dalam posisi berantakan.

Bagaimana cara mematikan shortcurt aplikasi baru? Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengakses google play store lalu klik bagian setting, kemudian hilangkan tanda ceklis di Add icon to Home screen.

Update Aplikasi Bawaan

Seperti yang kita ketahui, setiap kali membeli sebuah smartphone baru pasti dibekali beberapa aplikasi bawaan bukan? Oleh karena itu, anda saya wajibkan untuk mengupdate aplikasi bawaan tersebut. Namun, apabila aplikasi bawaan tersebut anda rasa tidak penting silahkan untuk di uninstall.

Kurangi Brightness

Disini hampir sama dengan penjelasan saya sebelumnya mengenai Cara Merawat Baterai Hp, yaitu mengatur kecerahan layar, kenapa? Karena semakin cerah layar maka baterai smartphone anda akan lebih cepat habis. Oleh karena itu saya sarankan untuk mengatur kecerahan layar anda agar baterai tidak boros.

Gunakan Wallpaper Hitam

Untuk tips berikutnya saya sarankan bagi mereka yang membeli sebuah smartphone yang dibekali layar AMOLED dan Super AMOLED, tidak semua smartphone masa kini dibekali layar tersebut.

Berdasarkan pengalaman saya smartphone yang sudah dibelaki layar Amoled dan Super Amoled adalah Smartphone Samsung. Jadi bagi pengguna smartphone Samsung, sebaiknya anda menggunakan wallpaper warna hitam untuk membuat konsumsi daya baterainya semakin hemat.

Demikian ulasan saya mengenai Cara Merawat Hp, semoga sedikit informasi dapat bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *