Cara Memperbaiki Keyboard Laptop – Bagian Laptop yang paling sering mengalami kerusakan adalah Keyboard. Padahal keyboard salah satu hardware yang paling penting pada sebuah laptop atau pc, bisa dibayangkan apabila keyboard rusak maka secara tidak langsung laptop anda tidak akan bisa digunakan.

Seperti halnya saya, beberapa waktu yang lalu mengalami masalah pada keyboard tidak bisa berfungsi. Dari pengalaman tersebutlah saya selaku penulis di Calonpenagngguran akan berbagi tips cara memperbaiki keyboard laptop. Seperti apa caranya? Berikut ulasannya.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

cara memperbaiki keyboard rusak
Sumber www.sepulsa.com

Memastikan Kerusakan Keyboard

Secara umum terdapat dua penyebab keyboard laptop rusak, pertama karena hardware-nya ataupun karena software-nya. Kedua hal itulah yang paling sering menyebabkan keyboard laptop anda tiba-tiba tidak berfungsi atau rusak.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mencoba akses BIOS laptop. Apabila anda bisa masuk menggunakan keyboard artinya kerusakan terjadi dibagian Software. Sebaliknya, apabila anda tidak bisa masuk menggunakan keyboard artinya kerusakan terjadi dibagian hardware, maka harus ganti keyboard baru.

Bersihkan Keyboard dari Debu

cara selanjutnya adalah membersihkan tombol keyboard dari debu, tips ini hanya berlaku bagi keyboard yang rusak sebagian, contohnya tombol enter dan delete tidak bisa berfungsi sedangkan tombol yang lainnya bisa, maka anda bisa mencoba tips ini.

Anda bisa melakukan pembersihan dengan cara memiringkan laptop dengan kemiringan 70 derajat, lalu digoyang-goyang berlahan. Ingat anda harus melakukannya secara hati-hati.

Sebelum itu, sebaiknya pastikan dulu laptop sudah dimatikan. Jika sudah, anda bisa mengikuti tips ini. Setelah itu, coba kembali apakah tombol tersebut sudah berfungsi atau belum.

Restart Laptop

Cara memperbaiki keyboard selanjutnya adalah dengan me-restart laptop anda, tips ini bisa anda ikuti apabila keyboard mengalami masalah secara tiba-tiba. Karena biasanya hal ini terjadi karena bagian software mengalami masalah. Maka dengan melakukan restart laptop dapat mengatasi masalah tersebut.

Apabila anda tidak bisa melakukan restart menggunakan menu start dibagian kiri bawah, anda juga bisa langsung menekan tombol power selama 10 sampai 15 detik.

Restore Windows

Untuk bisa melakukan restore windows, sebaiknya anda pastikan dulu bahwa keyboard mengalami hal ini, yaitu keyboard berhenti bekerja setelah melakukan instalasi setiap aplikasi baru atau mengubah pengaturan, maka anda bisa mengikuti tips ini. Bagaimana caranya? Berikut ulasan singkatnya

  • Pilih Start menu dan dari sana, klik Control Panel.
  • Kemudian, sorot pilihan menu System and Security lalu pilih Back up your computer.
  • Lalu akan muncul kehalaman berikutnya, klik Recover system settings or your computer.
  • Kemudian klik Open System Restore.

Setelah berhasil membuka system restore, anda tinggal mengikuti Wizard sederhana untuk melakukan restore Windows, laptop secara otomatis akan melakukan reboot. Apabila keyboard memang disebabkan karena hal diatas, seharusnya keyboard anda sudah bisa berfungsi seperti semula.

Perbaiki Driver Keyboard

Ternyata masalah pada keyboard tidak berfungsi dapat disebabkan oleh driver keyboard itu sendiri loh, hal ini dikarena driver tidak diupdate atau kurangnya reponsif.

Untuk mengatasi hal tersebut cukup mudah, anda hanya perlu memeriksa dan memastikan bahwa driver kerboard dapat bekerja dengan baik atau tidak dengan melihat Device manager. Bagaimana caranya? Beriku step by stepnya :

  • Start menu dan pilih Control Panel.
  • Setelah masuk diControl Panel, klik System and Security dan pilih Device manager.
  • Didalam Device Manager,anda akan menemukan driver untuk semua hardware yang ada di dalam laptop.
  • Terakhir pilih Keyboard dan anda akan menemukan pilihan menu driver di bawahnya.

Apabila terdapat tanda segitiga kuning diatasnya dengan tanda seru berarti driver keyboard sedang mengalami masalah. Oleh karena itu, sebaiknya anda segara melakukan update driver dengan mengunduh di website resmi.

Bawa ke Service Center Resmi

Apabila semua cara diatas tidak bisa memperbaiki keyboard anda, maka dapat dipastikan bahwa keyboard laptop mengalami masalah pada bagian hardware yang artinya harus diganti baru atau diperbaiki. Apabila anda tidak bisa memperbaiki sendiri, sebaiknya bawa ke service center resmi.

www.sepulsa.com

Bagi anda yang sedang mengalami masalah pada keyboard Karena sering menghasilkan huruf yang ngaco, biasanya masalah ini disebabkan oleh perubahan pengaturan bahasa atau layout keyboard berubah secara tidak sengaja. Untuk mengatasi hal ini anda cukup mengikuti beberapa step by step dibawah ini, yaitu:

  • Pertama buka Start Menu,
  • Lalu ketik  “Language” untuk menemukan pengaturan Region & Language.
  • Tentukan pilihan yang ingin anda gunakan saran calonpengangguran pilih bahasa English.
  • Lalu Klik tombol Options.
  • Setelah itu pastikan “US QWERTY” terdapat dibawah Keyboards di halaman selanjutnya.
  • Terakhir Hapus layout keyboard lain yang tidak digunakan.

Jika sudah, coba cek kembali apakah masalah pada keyboard laptop anda sudah berhasil diperbaiki atau belum.

Sesuaikan Pengaturan Keyboard

Apabila cara diatas belum menyelasaikan masalah pada keyboard anda, coba lanjut dengan tips ini yaitu menyesuaikan pengatruan keyboard. Berikut step by stepnya:

  • Pertama masuk ke control panel, dibagian kiri bawah laptop
  • Lalu klik Ease of Access.
  • Setelah itu, cek apakah bagian Ease of Access Center yang ada pada control panel.
  • Kemudian klik Make the keyboard easier to use.
  • Terakhir Uncheck all pada set up filter key.

Baca Juga Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak dan Tidak Bisa Terbaca

Beberapa Kegunaan Tombol Pada Keyboard

Setelah anda menyelasaikan masalah pada keyboard, tidak ada salahnya untuk lanjut membaca guna menambah pengetahuan anda mengenai fungsi beberapa tombol pada keyboard. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

Tombol Back space

Tombol pertama adalah Back Space yang berfungsi untuk menghapus satu karakter yang salah diketik, apabila dikombinasikan dengan ctrl + Back Space maka secara otomatis menghapus satu kata buka lagi satu huruf atau karakter.

Tombol Caps lock

Berfungsi untuk mengatifkan atau menonaktifkan huruf capital pada keyboard.

Tombol Delete

Berfungsi untuk menghapus satu huruf, angka atau karakter yang berada dibelakang.

Tombol End

Selanjutnya adalah tombol end, berfungsi untuk memindahkan kursor ke akhir baris dari tulisan

Tombol Esc

Kemudian tombol esc berfungsi untuk membatalkan sebuah perintah yang sudah dilakukan sebelumnya.

Tombol Enter

Lalu tombol enter berfungsi untuk berpindah ke baris yang baru dari baris yang lama.

Tombol Home

Sedangkan tombol home berfungsi untuk membawa kursor ke sudut kiri atas atau awal baris.

Tombol page up

Fungsi tombol page up untuk menggerakkan baris satu layar ke arah atas.

Tombol Page Down

Fungsi tombol page down kebalikan dari page up yakni untuk menggeserkan satu garis ke bawah.

Tombol Tab

Terakhir adalah tombol tab berfungsi untuk memindahkan kursor dalam satu tabulasi ke arah kanan.

Jenis Kerusakan Keyboard

Seperti beberapa tulisan calonpengangguran sebelumnya mengatakan bahwa laptop dan hp menjadi barang pendukung paling penting untuk memudahkan aktivitas manusia baik untuk bekerja ataupun lainnya.

Salah satu bagian terpenting pada laptop adalah keyboard, namun karena terlalu sering menggunakan laptop mengakibatkan kualitas dari kerboard semakin lama semakin menurun. Permasalah paling sering dihadapi penggunakan laptop atau pc adalah keyboard tidak befungsi.

Sebenarnya ada berapa banyak jenis kerusakan keyboard? Jawabannya sangat banyak, apa saja itu? Berikut calonpengangguran ulas yaitu:

Sebagian Keyboard tidak berfungsi

Tadi sudah calonpengangguran bahas, bahwa terdapat kerusakan keyboard yang mengakibatkan sebagian tombol tidak bisa berfungsi. Contohnya kasusnya seperti ini, ketika si A hendak mengetik atau menekan tombol huruf B namun tidak muncul, tapi apabila si A mengetik atau menekan tombol C huruf dapat ditampilkan.

Cara sederhaha untuk mengatasi masalah ini dengan membersihkan keyboard dari debu dan kotoran, namun apabila tetap tidak berfungsi calonpengangguran sarankan untuk segera membawa laptop tersebut ke center service.

Keyboard Mengetik Sendiri

Walaupun laptop atau pc sedang tidak digunakan, namun ketika anda mengakses software word secara tiba-tiba tombol W beroperasi sendiri untuk menampilkan huruf W tersebut. Biasanya huruf yang dimunculkan lebih dari satu atau dalam jumlah banyak.

Selain beberapa kerusakan tersebut, masih banyak lagi kerusakan lain pada keyboard diantaranya :

  • Keyboard tidak berfungsi sama sekali
  • Fungsi pada tombol keyboard tertukar

Baca Juga Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Penyebab Kerusakan Keyboard Laptop

penyebab kerusakan keyboard laptop
Sumber azkamaja.blogspot.com/

Kondisi Laptop Terlalu Panas

Salah satu penyebab paling sering mengakibatkan keyboard rusak adalah kondisi laptop terlalu panas. Hal ini dikarekan laptop yang dibiarkan terlalu panas akan menarik masuk debu dan kotoran kedalam celah keyboard, debu dan kotoran yang terlalu lama dibiarkan akan menumpuk dan mengakibatkan kerusakan pada fungsi tombol keyboard.

Cara Menggunakan yang Salah

Penyebab selanjutnya adalah cara menggunakan laptop atau keyboard yang salah, kesalahan paling sering dilakukan pengguna adalah menekan tombol keyboard terlalu keras. Kebiasaan buruk ini akan mengakibatkan tombol keyboard rusak secara perlahan.

Mungkin hanya itu yang bisa calonpengangguran sampaikan mengenai Cara Memperbaiki Keyboard Laptop, semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.