Situs Yang Menyajikan Artikel Teknologi, Fotografer, Kuliner, Budaya dan Artikel Menarik Lainnya

Cara Mudah Mengaktifkan Dark Mode Di Facebook

Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook Android – Sama halnya dengan WhatsApp, kini Facebook juga menyediakan Fitur Dark Mode yang bisa diaktifkan di Android maupun iOS. Dari namanya saja kita sudah tahu, kalau tampilan dari mode ini adalah gelap dan elegan tentunya.

Meski sudah cukup lama hadir di Facebook, tapi masih banyak pengguna FB yang tidak mengetahui bahwa Dark Mode telah hadir dan juga banyak yang tidak mengetahui Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook Android dan Pc. Maka dari itu Calonpengangguran akan menjelaskan untuk anda semua step by step Mengaktifkan Dark Mode Facebook di Android dan Pc sebagai berikut.

Apa Itu Dark Mode?

Sebelum membahas tutorialnya, kita akan mengulas sedikit mengenai Apa Itu Dark Mode? Secara sederhana Dark Mode adalah theme atau tema tampilan antar muka memiliki warna gelap dengan penggunaan cahaya sedikit, tetapi masih bisa membaca tulisan, melihat gambar, dan menonton video dengan nyaman.

Kenapa harus gelap? Karena tujuan utama Dark Mode yaitu untuk mengurangi konsumsi cahaya pada smartphone ataupun pc/laptop agar bisa digunakan jangka panjang. Karena hal itulah banyak sekali sekali aplikasi atau software yang sudah menyediakan fitur ini diantaranya Facebook dan WhatsApp.

Baca Juga Cara Mendaftar Facebook Gaming Creator

Apa Kelebihan Dark Mode?

1. Konsumsi Daya Lebih Hemat

Salah satu kelebihan dari dark mode dibandingkan mode biasanya adalah konsumsi daya lebih hemat, kenapa bisa begitu? Karena pada smartphone yang dilengkapi oleh Layar AMOLED akan bekerja untuk mematikan pixel pada layarnya sehingga memunculkan warna dark atau gelap, sehingga konsumsi daya akan lebih hemat dibandingkan mode biasanya.

2. Pancaran Sinar Biru atau Bluelight Berkurang

Secara sederhana yang dimaksud dengan sinar biru atau bluelight adalah sinar buatan yang berfungsi untuk mengeluarkan cahaya pada layar smartphone atau pc. Dampak buruk bagi pengguna smartphone atau pc yang terkena sinar biru ini secara terus menerus akan mengalami susah tidur atau Insomnia. Nah, dengan sedikitnya sinar biru yang dikeluarkan di layar smartphone atau pc pada dark mode ini menjadi kelebihan yang patut kita beri apresiasi.

3. Aman Digunakan Pada Malam Hari

Hampir sama dengan penjelasan diatas, tujuan dibuatnya dark mode ini agar pengguna smartphone merasa lebih nyaman ketika melihat layar sehingga mata tidak muda sakit meski dikondisi minim cahaya sekalipun.

4. Lebih Mewah

Kelebihan terakhir dari dark mode adalah memiliki tampilan mewah atau elegan dibandingkan mode biasa, sebab warna hitam atau gelap merupakan warna universal yang banyak disukai kaum laki-laki ataupun perempuan.

Baca Juga Cara Mudah Menyimpan Sebuah Video Di FB Ke Galeri

Cara Mengaktifkan Dark Mode Di Facebook Melalui Pc/Laptop

cara mengaktifkan dark mode facebook pc atau laptop
  • Pertama buka halaman website login Facebook, kemudian lakukan login seperti biasanya dengan memasukan Email/Nomor Telepon dan Password/Kata Sandi.
  • Setelah masuk, Tap Akun dibagian pojok kanan atas pada layar laptop atau pc anda masing-masing.
  • Kemudian Tap Tampilan dan Aksesibilitas, secara otomatis anda akan dibawah ke halaman pengaturan tampilan dan aksesibilitas.
  • Didalam sini terdapat beberapa menu yang bisa anda pilih diantaranya Mode Gelap/ Dark Mode, Mode Kompak, dan Keyboard.
  • Tentu anda pilih Mode Gelap/Dark Mode, Tap Aktifkan.
  • Maka secara otomatis warna pada layar pc atau laptop akan berubah gelap.
  • Selesai.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook Android

cara mengaktifkan dark mode facebook android
  • Pertama anda harus memastikan bahwa di smartphone sudah meng-install Aplikasi Facebook Lite, jika belum silahkan download dulu di Play Store atau Apple App Store. Baca Juga Cara Download Facebook Lite
  • Lalu login mengunakan akun facebook anda masing-masing seperti biasa.
  • Jika sudah, Tap Garis 3 di bagian pojok kanan atas layar anda. Disana akan terdapat beberapa pilihan menu seperti Lihat Profil, Halaman Anda, Covid-19 Pusat Informasi, Video Siaran Langsung, Pesan, Grup, Marketplace, Teman, Video, Halaman, Tersimpan, Kenangan, dan lain-lain.
  • Disini anda pilih menu Pengaturan, dibawah menu ini terdapat beberapa submenu lagi seperti Mode Gelap/Dark Mode, Pintasan Privasi, Bahasa, Free Basic, dan masih banyak lagi.
  • Tap Submenu Mode Gelap/Dark Mode, tunggu hingga warna layar smartphone anda berubah gelap atau hitam.
  • Untuk mengembalikan ke mode biasa, anda Tap lagi submenu tersebut.
  • Selesai.

Demikian ulasan singkat dari Calonpengangguran mengenai Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook Android dan Pc, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga Cara Mengaktifkan Fitur Profile Picture Guard Dengan Mudah dan Cepat

Share

Arnold Tio Sandi

Suka Jalan jalan

You may also like...

1 Response

  1. Januari 29, 2021

    […] Baca Juga Cara Mudah Mengaktifkan Dark Mode Di Facebook […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *