Situs Yang Menyajikan Artikel Teknologi, Fotografer, Kuliner, Budaya dan Artikel Menarik Lainnya

Cara Mudah Mengedit Foto atau Gambar Untuk Akun LTMPT

Mau tau bagaimana Cara Mudah Mengedit Foto Untuk Akun LTMPT? LMPT merupakan singkatan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Untuk mahasiswa yang sedang berada pada tahapan awal pendaftaran masuk perguruan tinggi tentu sudah paham tentang LTMPT.

Tujuan didirikan LPMT ini adalah untuk memudahkan akses para calon mahasiswa baru berdasarkan adil, transparan, fleksibilitas, efisien dan akuntabel.

Pada dasarnya, fungsi utama dari LPMT adalah untuk mengolah seluruh  data calon mahasiswa baik yang masuk dari jalur SNMPTN dan SBMPTN, kemudian mengarahkan jalannya tes UTBK hingga mengumumkan informasi untuk hasil akhir pelaksanaan tes.

Jika kita analisa tentang LPMT ini, layanan ini membutuhkan suatu identitas lengkap dari data diri dari mahasiswa masing-masing. Salah satu identitas pengenalan diri adalah foto. Foto ini sangat berpengaruh dalam suatu identitas diri calon mahasiswa.

Untuk mengunggah foto atau memposting harus mengutamakan nilai formal. Selain itu, ada beberapa ketentuan atau syarat lain dalam mengunggah foto di Akun LTMPT, yaitu :

Ketentuan dalam Menginput Foto di Akun LTMPT :

  1. Untuk ukuran pas foto adalah 4 x 6 cm dengan batas resolusi minimal 200 x 300 px  dan rasio 2:3.
  2. Untuk ukuran file foto minimal 80 KB dan maksimal 300 KB (Jika lebih tidah bisa di unggah).
  3. Untuk warna latar belakang atau background foto polos dengan format warna apapun, lebih aman menggunakan warna umum biru atau merah.
  4. Jangan terdapat bagian wajah yang terpotong atau tertutup oleh batas tepi foto.
  5. Format foto PNG, JPG atau JPEG.
  6. Untuk kualitas foto harus jelas dan tajam.
  7. Foto harus close up dengan badan posisi tegak dan pandangan fokus ke kamera.
  8. Untuk pakaian harus dalam foto harus rapi dan formal.

Setelah Anda paham tentang syarat posting foto di Akun LTMPT, maka kita lanjutkan pembahasan inti dari artikel ini yakni Cara Mudah Mengedit Foto Untuk Akun LTMPT.

Cara Edit Foto Untuk Akun LTMPT

Dengan adanya ketentuan dalam memposting foto atau gambar di Akun LTMPT, tentunya terdapat beberapa masalah bagi calon mahasiswa baru ini mengalami kesulitan untuk memenugi syarata diatas. Dimana mahasiswa merasa ukuran file foto mereka kebesaran, lalu ada juga yang ukuran foto tidak sesuai 4 x 6 cm dan mahasiswa mengalami  kesulitan dakam memposting foto bahkan ada juga yang tidak mendapatkan informasi atau notifikasi pesan untuk verifikasi lewat email masing-masing.

Nah, oleh karena itu jika terjadi ketidaksesuaian ketentuan diatas, maka sistem dalam LTMPT tidak akan mengirim verifikasi lanjutan pada via emai Anda nantinya. Untuk itu, mahasiswa perlu mengubah atau mengedit foto di Akun LTMPT sesuai syarat yang berlaku.

Sebetulnya kendala seperti ini hampir terjadi seluruh mahasiswa baru yang sedang melakukan pengisian identitas diri di akun LTMPT. Anda tidak perlu khawatir maupun cemas dalam menghadapi masalah seperti ini, karena bukan cuman anda yang sedang mengalami hal demikian.

Untuk mengatasi masalah diatas, Calonpengangguran akan memberikan solusi bagaimana Cara mengedit gambar pada akun LTMPT. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

  • Langkah awal, pastikan Laptop/PC Anda telah terhubung ke dalam jaringan Internet. Setelah itu silahkan buka Google Chrome Anda di Laptop/PC Anda masing-masing.
  • Kemudian masuk kedalam website PicResize atau bisa klik disini.
Cara edit foto di Akun LTMP
  • Selanjutnya, buka file pas foto yang akan Anda edit, lalu drag ke kotak yang telah disiapkan atau Anda bisa juga menekan tombol di dalam kotak untuk mencari file secara manual.
  • Kalau foto atau gambar telah terinput, lalu silahkan klik tombol Continue To Edit Picture.
Cara edit foto di Akun LTMP
  • Setelah itu akan muncul foto zoom atau besar dengan ukuran aslinya. Disini Anda dapat memangkas atau memotong ukuran aslinya dengan cara klik Crop Selection, lalu akan muncul titik atau garis patah-patah. Silahkan arahkan kursor untuk merubahnya dengan cara tekan dan drag bagian foto yang ingin kamu potong.
  • Jika Anda merasa potongan gambar sudah sesuai yang diharapkan. Silahkan klik tombol Crop Selection sekali lagi.
  • Selanjutnya, foto atau gambar bisa Anda simpan dengan scroll kebawah lalu klik tombol I’m Done, Resize My Picture.
Cara edit foto di Akun LTMP
  • Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi penyimpanan dengan menekan Save to Disc.

Cara Mengubah Resize Ukuran dan Resolusi Gambar Pada Akun LTMPT

Cara mudah edit resize ukuran dan resolusi gambar di Akun LTMPT ini sangat mudah sekali. Tidak jauh berbeda dengan cara diatas tadi. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut ini :

  • Langkah awal, pastikan Laptop/PC Anda telah terhubung ke dalam jaringan Internet. Setelah itu silahkan buka Google Chrome Anda di Laptop/PC Anda masing-masing.
  • Kemudian masuk kedalam website PicResize atau bisa klik disini.
  • Berikutnya, open file pas foto yang akan Anda edit, lalu drag ke kotak yang telah disiapkan atau Anda bisa juga menekan tombol di dalam kotak untuk mencari file secara manual.
  • Apabila foto atau gambar telah tampil, lalu silahkan klik tombol Continue To Edit Picture.
  • Jika ketentuan atau syarat ukuran pas foto Anda batas maksimal foto hanya 300 KB atau dengan syarat resolusi 200 x 300 pixel, maka untuk merubahnya arahkan kursor ke menu Resize Your Picture.
  • Selanjtnya, silahkan klik Select a new size for your picture. Untuk bisa mengubah ukuran silahkan pilih Custom Size.
  • Setelah itu, silahkan ubah pada bagian Width dengan ukuran 200 dan Height 300. Format tetap Pixel.
  • Silahkan scroll kebawah, format foto tetap JPG dengan isi bagian JPG Max Filesize 300. Kemudian, untuk menyimpannya silahkan klik  I’m Done, Resize My Picture.
  • Terakhir, Silahkan konfirmasi penyimpanan kedalam Save to Disk.
Cara edit foto di Akun LTMP

Demikian pembahasan pada kesempatan ini tentang Cara Mudah Edit Foto atau Gambar Untuk Akun LTMPT. Semoga sedikit tutorial diatas bisa bermanfaat untuk Anda semuanya dan selamat mencobanya. Sekian dan terima kasih.

Share

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

1 Response

  1. Maret 4, 2021

    […] Cara Mudah Mengedit Foto atau Gambar Untuk Akun LTMPT […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *