Cara Gampang Melihat ID Aplikasi Di Play Store

Apabila Anda ingin tahu Cara Gampang Melihat ID Di Aplikasi Store, tidak perlu khawatir lagi karena Calonpengangguran akan membantu Anda semua melalui artikel ini.

Sebelum itu, perlu Anda ketahui bahwa ID pada setiap aplikasi yang Anda di Play Store itu berbeda-beda. Untuk melihat ID tidaklah terlalu sulit, karena Anda bisa dengan mudah melihat ID dari suatu aplikasi di File Manager Hp Anda dengan nama folder temp/data.

Tapi sayangnya, bagi beberapa orang untuk melihat Id suatu aplikasi sangatlah sulit. Kenapa? karena kebanyakan dari pengguna Android sekarang tidak terlalu memperdulikan file yang tersimpan di Hp mereka.

Padahal file data yang tersimpan di smartphone Android teman-teman semua bukan hanya data program aplikasi itu saja, melainkan banyak komponen penting lainnya seperti ID yang akan kita bahas kali ini.

Untuk lebih jelas, teman-teman bisa lanjut membahas tulisan dibawah ini, karena Calonpengangguran tidak hanya membahas Cara Melihat Id Aplikasi, melainkan juga membahas secara rinci tentag apa itu Id Aplikasi sebagai berikut.

Sebenarnya Apa Itu Id Aplikasi?

Sederhananya Id suatu aplikasi bisa kita kombinasi angka atau huruf yang diciptakan oleh produsen sebagai identitas aplikas tersebut. Jadi, dengan hadirnya Id ini pembuat aplikasi bisa dengan mudah melakukan pengembangan.

Tidak hanya itu saja, sebagian orang menggunakan Id untuk melakukan promosi dan install aplikasi tersebut.

Oleh karena itu, fungsi Id aplikasi tidak semata-mata untuk aktivitas pengembangan saja, tetapi lebih luas. Apalagi Anda termaksud Android Developer, tentu memerlukan Id untuk melakukan promosi lewat platform lain seperti Play Store.

Cara Mudah Melihat Id Aplikasi Di Play Store

cara melihat id aplikasi

Seperti yang sudah penulis katakan diatas, bahwa artikel ini bertujuan untuk membantu Anda semua mengetahui Id pada suatu aplikasi. Disini, Calonpengangguran akan memberikan 2 metode paling mudah untuk mengetahui Id Aplikasi diantaranya:

1. Lewat Hp Android

  • Pertama buka Aplikasi Play Store di Hp Anda masing-masing.
  • Kemudian, cari aplikasi yang ingin hendak Anda ketahui Id nya, sebagai contoh saya memilih Aplikasi WhatsApp.
  • Tap Profil aplikasi tersebut, lalu scroll layar kebawah hingga Anda menemukan Menu Berbagi.
  • Kemudian pilih platform Catatan, makan Anda akan melihat Id dari Aplikasi WhatsApp.  Perlu Anda ketahui bahwa Id berada setelah kata ID.
  • Selesai.

2. Lewat Pc atau Laptop

  • Buka aplikasi browser di Pc atau Laptop Anda, seperti Chrome.
  • Ketik Google Play Store di kolom pencarian dan klik masuk ke website tersebut.
  • Cari aplikasi yang hendak Anda ketahui Id nya, sebagai contoh saya pilih Aplikasi WhatsApp.
  • Di Kolom URL Anda akan mendapatkan seperti ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whatsapp
  • Id dari Aplikasi WhatsApp adalah id=com.whatsapp.
  • Selesai.

Mudah bukan? Semoga penjelasan mengenai Cara Mengetahui Id Aplikasi Di Play Store bisa membantu Anda semua, sekian dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *