Perbedaan OPPO Reno4 F dan Reno5 F, Ini Penjelasannya!

Perbedaan OPPO Reno4 F dan Reno5 F – Di awal rilisnya yakni pada bulan Oktober 2020 Smartphone dengan merk OPPO Reno4 F ini banyak sekali diminati oleh masyarakat Indonesia sehingga penjualannya laku keras. Maka dari itu penjualan smartphone ini tidak memakan waktu yang lama, bahkan perusahaan OPPO dengan sigap menanggapi respon positif dari masyarakat dengan merilis smartphone Oppo terbaru Reno5 F pada pertengahan bulan Maret 2021.

Jika kita amati kedua Smartphone series “F” ini memiliki spesifikasi hampir sama, salah satunya adalah pemakaian teknologi Bluetooth 5.1. Dimana teknologi ini mampu mengakses transfer data dengan kecepatan lebih dari 2 Mbps.

Kemudian kedua ponsel ini juga belum dibekali dengan teknologi NFC, lalu kedua perangkat ini juga dilengkapi beberapa sensor mulai dari kompas, proksimiti, gyro, akselerometer, sampai tatanan sidik jari yang terletak di bawah layar dan optik.

Jika kamu masih penasaran dengan perbandingan kedua ponsel ini, mari baca penjelasan dibawah ini mengenai sepesifikasi Reno4 F dan Reno5 F :

Spesifikasi OPPO Reno4 F dan Reno5 F

SpesifikasiOPPO Reno4 FOPOO Reno5 F
LayarSuper AMOLED 6,43 inciAMOLED 6,43 inci
ChipsetMediatek MT6779V Helio P95 (12 nm)  Mediatek MT6779V Helio P95 (12 nm)
GPUPowerVR GM9446PowerVR GM9446
RAM8 GB8 GB
Memori Internal128 GB128 GB
Memori EksternalmicroSDXC (slot khusus)microSDXC
Kamera Belakang48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
Kamera Depan16 MP + 2 MP32 MP
BateraiTanam, Li-Po 4015 mAhTanam, Li-Po 4310 mAh

Perbedaan OPPO Reno4 F dan Reno5 F

Perbedaan OPPO Reno4 F dan Reno5 F

Setelah kamu mengetahui spesksifikasi dari kedua perangkat tersebut. Lalu muncul sebuah pertanyaan, apakah OPPO Reno4 F dan Reno5 F ini memiliki perbedaan? Pasti ada dong! Jika kamu membaca spesifikasi masing-masing ponsel tersebut secara teliti, maka akan menemukan letak perbedaannya. Apa saja itu? berikut ini Calonpengangguran akan mengupas secara tuntas dibawah ini :

1. Tampilan Body

Kedua ponsel ini yakni Reno4 F maupun Reno5 F mengusung  konsep layar mirip dengan Punch Hole. Dimana hole (lubang) ini berguna sebagai tempat menyimpan kamera selfie yang terletak di kiri atas layar perangkat. Pada OPPO Reno4 F ini memiliki bentuk lonjong horizontal, sebab meletakkan kedua sensor di kamera depan. Sementara di posel Reno5 F dirilis bulat kecil dan mirip seperti choco chips.

Disisi bagian belakang ponsel, keduanya sama-sama terbuat dari material plastik namun dengan tampilan yang berbeda. Dimana pada casing belakang Reno4 F terlihat lebih estetik dengan lapisan dua warna dan terdapat banyak kamera utama yang berbentuk kotak serta dilengkapi oleh empat sensor di dalamnya. Tak lupa juga dilengkapi dengan LED flash yang terletak disamping kamera utama dan ada label OPPO di bagian kanan bawahnya.

Selanjutnya kita akan mengupas OPPO Reno5 F, dimana pada bagian belakangnya masih mengadopsi dari pendahulunya yakni Reno4 F, namun tetap saja ada sedikit perbedaan sisi bingkai kameranya.

Bingkai pada kamera Reno5 F di desain dengan bentuk persegi panjang ke bawah yang didalamnya diisi oleh empat sensor kamera utama. Kemudian kamera tersebut telah disematkan oleh sebuah lingkaran berlabel AI, hal ini menawarkan kehadiran fitur kecerdasan di kamera utamanya.

Berbicara menegenai teknologi layar, kedua ponsel ini memiliki ukuran layar 6,43 inci dengan panel yang berbeda. Dimana OPPO Reno4 F ini menawarkan teknologi panel layar Super AMOLED yang mampu memberikan kontras warna lebih bagus.

Sementara Reno5 F masih mengusung panel AMOLED yang masih memiliki punya tampilan warna jelas, namun tidak sebagus punyanya Reno4 F.

Jadi kedua ponsel produk OPPO ini dapat disimpulkan memiliki dimensi yang begitu tipis gap-nya, artinya seolah-olah tak punya celah sama sekali. Pada Reno4 F berat poselnya 164 gram, dan berdimensi 160.1 x 73.8 x 7.5 mm. Sedangkan, Reno5 F menunjukan titik berat pada angka172 gram dan punya dimensi 160.1 x 73.2 x 7.8 mm.

Dari penjelasan diatas terlihat OPPO Reno5 F sedikit lebih berat dibandingkan dengan Reno$ F.

2. Pondasi OS dan Interface

Kehadiran OPPO Reno5 F ternyata masih menyematkan SoC seperti Reno4 F. Kedua ponsel ini masih menggunakan MediaTek MT6779V Helio P95 bermanufaktur 12 nanometer yang terbuat dari Octa-core terdiri dari 2 inti Cortex-A275 berkecepatan 2.2 GHz dan 6 inti Cortex-A55 berukuran 2.0 GHz.

Selanjutnya kedua ponsel ini menggunakan kartu grafis yang sama yaitu PowerVR GM9446. Pada OS dan sistem antarmuka dari dua buah produk OPPO tentu ada perbedaannya. Pada Reno4 F masih menggunakan OS Android 10. Kemudian sudah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti Sharing Wi-Fi, Smart Reply, Sound Amplifier, Focus Mode, Live Caption, dan berbagai fitur unggulan lainnya.

Sementara Reno5 F sudah mengandalkan sistem operasi terbaru yakni Android 11. Keunggulan dari OS ini, pengguna Reno5 F dapat menikmati beragam fitur menarik dan terbaru baik dari mengakses ke mini gim, mengubah ukuran picture-in-picture, pengaturan Smart Home di tombol daya, melihat histori notifikasi, bahkan penggunaan Do Not Distrub Mode.

Beralih ke sistem antarmuka, dimana Reno4 F masih mengususng ColorOS versi 7.2 dan memiliki beberapa deretan fitur canggih seperti Smart Rotation yang berguna untuk kamera depan agar bsa melihat orientasi muka si pengguna.

Kemudian juga menghadirkan fitur Smart Air Control yang bisa digunakan untuk berhubungan dengan perangkat tanpa menyentuhnya langsung. Disisi lain telah hadir juga fitur AI APP Preloading yang bisa membantu perangkat untuk membuka aplikasi lebih cepat 23,63%.

Untuk garapan Reno5 F sudah menyuguhkan aneka fitur canggih dari sistem interface ColorOS 11.1. Apa saja itu? Yakni seperti Adjustable Gaming Touch untuk menyempurnakan algoritma sentuh, Bullet Screen Message untuk merespon pesan penting tanpa menghentikan aplikasi permainan, dan Three Finger Translate dengan google untuk mempermudah proses penterjemahan.

3. Konfigurasi Kamera

Berbicara mengenai teknologi kamera, bahwasannya kedua ponsel ini memiliki persamaan pada bagian kamera utamanya. Hanya saja perbedaan keduanya condong ke sensor kedalaman dan makro. Selain itu sensor lebar masih sama dengan ukuran 48 MP dengan diafragmanya f/1.7 dan sensor ultra lebar beresolusi 8 MP ber-aperture f/2.2. Tak lupa juga memiliki fitur LED flash, HDR, dan panorama.

Seperti yang kita ketahui bersama Reno4 F memiliki sepasang 2 MP berdiafragma f/2.4 untuk dipasangkan di dua buah sensor kedalamannya. Lain hal dri Reno5 F yang sudah mengusung sensor makro berkonfigurasi 2 MP, ber-aperture f/2.4 dan sensor kedalaman 2 MP yang bukaannya mencapai f/2.4.

Beralih pada sistem kamera yang memiliki perbedaan mencolok. Sensor kamera depan punya Reno5 F menawarkan ukuran 32 MP berdiafragma f/2.4. Sementara Reno4 F mengusung dua sensor yakni 16 MP yang lensa bukaannya mencapai f/2.4 untuk sensor wide dan 2 MP berdiafragma f/2.4 digunakan di sensor kedalaman. Dalam hal video, kemampuan kedua ponsel buatan OPPO ini masih sama kuat.

4. Teknologi Baterai

Berbicara mengenai teknologi yang digunakan oleh OPPO Reno4 F dan Reno5 F ini pastinya berbeda. Akan tetapi kedua ponsel ini mengusung jenis baterai Li-Po yang ditanamkan. Pada perangkat OPPO Reno4 F menawarkan kapasitas baterai dengan ukuran 4.000 mAh, sehingga kamu bisa memaikan ponsel ini selama 15 jam 20 menit dalam pemakaian normal.

Tak lupa juga, Reno4 F juga menghadirkan teknologi pengisian baterai tercepat dengan lajunya mencapai 18W. Tampilan baterai posenl ini tampak gemuk, meskipun demikian dengan adanya teknologi seperti ini mampu mengisi dayanya sangat kencang. Misalnya daya baterai HP-mu kini 5% dan ingin mengisi hingga full, pengguna cuma membutuhkan waktusekitar 1 jam 29 menit.

Lain hal pada Reno5 F yang telah mempersembahkan daya lebih besar dengan kapasitas 4.310 mAh. Ukuran daya ini mampu bekerja lebih lama dibandingkat produk pendahulunya. Dimana pernah di uji coba, Reno5 F bisa bertahan untuk dimainkan selama 24 jam dalam sekali pengisian daya dengam pemakaian normal.

Selain itu pada Reno5 F juga sudang dilengkapi sistem baterai yang lebih berkembang dengan menghadirkan fitur Super Nighttime Standby dan Super Power Saving Mode. Selanjitnya oada teknologi pengisian baterai sangat cepat, karena Reno5 F mengusung fitur VOOC Flash Charge 4.0 yang berkecepatan 30W.

Berkat adanya teknologi canggih ini, perangkat Android OPPO ini memperoleh amunisi secara penuh dalam kurun waktu 56 menit. Disisi lain perusahaan OPPO juga menyatakan bahwa pabrikannya ini dapat menyala hingga 2 jam 9 menit untuk nonton YouTube dan hanya membutuhkan waktu 5 menit saja untuk pengisian daya.

5. Gap Kecil Lainnya

Selanjutnya kita akan menyinggung sedikit perbedaan OPPO Reno4 F dan Reno5 F dari segi warna dan harga. Bagi kamu pengguna Reno4 F, pasti sudah tahu donk varian warna yang ditawarkan oleh pihak OPPO, yakni Matte Black dan Metallic White. Sedangkan pada Reno5 F menghadirkan  dua varian warna yang anggunda menarik, yakni Fluid Black dan Fantastic Purple.

Kini kita beralih ke aspek harga, sepertinya telah ditunggu-tunggu sejak awal oleh pembaca artikel ini. Sejak rilisnya OPPO Reno4 F di bulan Oktober 2020 hingga sekarang ini, tetap saja masih eksis di pasaran Indonesia dengan bandrol harga sebesar Rp3,9 juta untuk spek 8/128 GB. Berbeda pada Reno5 F, pabrikan OPPO terbaru ini ditawarkan dengan harga Rp4,29 juta bertipekan 8/128 GB.

Kesimpulan

Setelah membaca perbedaan OPPO Reno4 F dan Reno5 F diatas, apakah kamu bisa menyimpulkan selisih siangkat antara kedua posel tersebut? Menurut saya kelebihan pada Reno4 F menang dalam bodi yang cukup ringan, panel lebih bagus, kepemilikan 2 sensor kedalaman di kamera utama, memiliki 2 buah sensor pada kamera depan, dan pastinya penawaran harga yang lebih terjangkau oleh masyarakat.

Sedangkan pada Reno5 F juara dari segi layar yang elegan, sudah ada sistem operasi dan antaramuka terbaru, terdapat sensor makro pada kamera utama, resolusi kamera depan yang tinggi, daya baterai yang besar, dan teknologi pengisian cepat lebih kencang yaitu menggunaka VOOC flash chage 4.0.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Perbedaan OPPO Reno4 F dan Reno5 F Beserta Spesifikasinya. Semoga teman-teman bisa memahami penjelasan yang sudah saya sampaikan diatas. Sekian dan terimakasih.

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *