Cara Mudah Melindungi Akun Gmail Dari Serangan Hacker

Cara Melindungi Akun Gmail – Siapa sih yang tidak kenal dengan Gmail? Ini merupakan salah satu layanan email dari perusahaan Google yang biasanya digunakan untuk mengirim surat  berupa file atau document secara online.

Selain mengirim surat, Gmail juga bisa digunakan sebagai akun untuk mendaftar sosial media seperti Facebook, Instagram, TikTok, Twitter dan masih banyak lagi. Kemudian kamu akan diminta untuk memverifikasi melalui akun Gmail yang kamu gunakan tadi.

Disisi lain, terkadang ada pihak tidak bertanggung jawab yang ingin membobol atau hack akun Gmail kita dengan tujuan untuk menguasai data pribadi. Oleh karena itu, agar tidak terjadi hal demikian, maka kita perlu melindunginya.

Lalu bagaimana cara mengamankan Akun Gmail dari tindak kejahatan? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari ikuti terus penjelasan ini hingga selesai. Cekidot!

8 Cara Melindungi Akun Gmail

Cara Melindungi Akun Gmail

Untuk mengamankan Akun Gmail dari aksi kejahatan, disini Calonpengangguran sudah menyiapkan 8 metode melindungi Akun Gmail dari hacker. Berikut ini adalah caranya :

1. Periksa Akun Gmail

Biasanya pihak Google sudah menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk memeriksa akun di Akun saya. Disini kamu bisa klik link disini agar bisa masuk langsung.

Selanjutnya silahkan pergi ke menu Keamanan dan jangan lupa cek Akun Gmail yang sudah terhubung ke perangkat. Jika terdapat sebuah kejanggalan atau kecurigaan maka langsung saja amankan Akun-mu.

2. Cek Virus di Laptop/PC

Apakah di perangkat Laptop/PC yang kamu gunakan terdapat virus? Jika tidak tahu, maka kamu harus mengeceknya terlebih dulu. Biasanya jika ada virus, data pribadi terganggu dan akan mengalami kejanggalan.

Sistem kerja virus ini bisa mengambil data data penting dan pribadi kita dengan cara menyusup melalui sebuah program. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pasang aplikasi antivirus di perangkat yang kamu gunakan.

3. Verifikasi 2 Langkah

Cara melindungi Akun Gmail dari serangan hacker selanjutnya yaitu dengan memverifikasi 2 langkah. Apa itu? yaitu pada saat masuk ke gmail selain harus memasukkan password, kamu juga bisa mengaitkan nomor telepon ke akun google. Kemudian kamu akan mendapatkan kode untuk verifikasi di no ponsel mu.

4. Mengamankan Kata Sandi

Apakah kamu pernah memasukkan kata sandi akun Gmail kamu ke situs sembarangan? Jika iya, maka kamu harus secepatnya mengamankannya dengan cara mengganti password baru. Setelah itu, jangan sekali-kali mengulangi hal demikian karena data-data mu nantinya bisa di curi.

Perlu diketahui, bahwa pihak Google sendiri tidak pernah mengirimkan email kepada para pengguna nya untuk menuliskan password karena memang password merupakan hal yang sangat privasi.

Ketika kamu membuat akun Gmail baru, silahkan tuliskan password yang sulit terbaca oleh orang seperti mengkombinasikan dengan tanda baca dan angka.

5. Perbarui OS dan Aplikasi

Mengapa kita perlu update OS dan Aplikasi? Karena dengan memperbarui nya itu bisa menambah keamanan dan mengatasi terjadinya tindak kejahatan pada akun Gmail yang kita miliki. Misalnya saja, kita perbarui google chrome dengan begitu akan meningkatkan tingkat keamanan pada akun.

6. Update Pilihan Pemulihan Akun

Sebelumnya ada yang tahu, apa Fungsi dari melakukan pilihan pemulihan akun? Yaitu untuk mencadangkan atau membackup kontak yang bisa dihubungi saat akun utama kita sedang terjadi error.

Jadi pilihan pemulihan akun agar selalu aktif, maka kita perlu memperbaruinya dan semua data terbaru di akun utama juga bisa terback up di akun pencadangkan akun ini.

7. Jangan Memakai Kata Sandi Akun Gmail

Cara mengamankan Akun Gmail selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan password untuk mengunjungi sebuah forum yang tidak jelas. Kenapa demikian? Karena jika kata sandi nya sama, maka akun kamu akan diserang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

8. Jangan Gunakan Software dan Aplikasi Bajakan

Apakah kamu hobby menggunakan software dan aplikasi bajakan? Jika iya, maka mulai dari sekarang jangan mengulangi hal ini, karena biasanya didalamnya sudah terdapat script virus yang dapat menyerang dan mengambil data pribadi kamu nantinya.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan singkat dari Calonpengangguran tentang Cara Mengamankan Akun Gmail. Semoga informasi yang saya berikan kali ini bisa bermanfaat untuk banyak orang. Jika ada yang masih bingung, silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah ini.

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *