Ternyata Mudah! Cara Scan Dokumen di HP Android

Cara Scan Dokumen di HP Android – Pernahkah Anda melakukan scan file atau dokumen ke tempat fotocopy? Sebagian besar yang berprofesi guru maupun para pelajar tentu sudah pernah scan document seperti Ijazah, KTP, Sertifikat dan lainnya.

Namun seiring berjalannya waktu, kini kita bisa melakukan Scan dokumen sendiri tanpa harus pergi ke tempat fotocopy-an lagi. Kenapa? Karena saat ini sudah hadir sebuah aplikasi yang mampu menduplikat file seperti gambar maupun QR Code.

Sistem kerja dari Scan ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan mesin fotocopy. Dimana scanner memiliki fungsi untuk menduplikat file ke dalam bentuk elektronik atau digital. Sementara itu, aplikasi Scan ini cara kerjanya lebih praktis dibandingkan dengan kita pergi ke tempat fotocopy-an.

Jadi pada kesempatan kali ini Calonpenagngguran akan memberikan tutorial cara Scan dokumen di HP Android dengan menggunakan aplikasi CamScanner dan TapScanner. Penasaran bagaimana cara menjalankan kedua software tersebut? Mari pantau terus artikel ini hingga selesai.

Cara Scan Dokumen di HP Android

Cara Scan Dokumen di HP Android

1. Cara Scan Dokumen di Android Melalui Aplikasi CamScanner

  1. Pertama Anda harus download dan Install CamScanner melalui Google Play Store atau bisa langsung tap disini.
  2. Jika sudah berhasil terpasang pada perangkat Android Anda, maka silahkan buka aplikasinya. Lalu konfirmasi mengenai persetujuan perizinan penggunaan akses kamera dan penyimpanan.
  3. Sebelum melakukan scan dengan aplikasi ini, terlebih dulu buat akun agar memperlancar jalannya proses scan kedepan nya.
  4. Jika sudah, langsung saja login dengan menggunakan akun yang sudah dibuat tersebut.
  5. Selanjutnya tap icon Kamera yang berada pada bagian pojok kanan bawah.
  6. Ambil file atau dokumen Anda yang akan di Scan dengan menggunakan CamScanner ini, kemudian arahkan kamera Android ke dokumen tersebut.
  7. Kalau sudah merasa cocok tak pas posisinya, maka tap icon kamera untuk mengambil foto document tersebut.
  8. Selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan seleksi terhadap foto yang sudah di ambil tadi.
  9. Disisi lain CamScanner sendiri akan mendeteksi dan menyingkirkan background foto yang di ambil secara otomatis, sehingga tinggal menyisakan objek yang akan di scan.
  10. Anda juga bisa mengatur posisi diat dengan cara menggeser nya kea rah objek target yang akan di ambil. Jika sudah selesai, silahkan tap icon Checklist yang berada di pojok kanan bawah dan file foto akan tersimpan di penyimpanan internal perangkat Anda.
  11. Kemudian Anda bisa melihat hasil scan file foto berformat PDF.
  12. Disini kita juga bisa share hasil scan ke berbagai media sosial yang Anda miliki seperti WhatsApp, Line, Google Drive, Google Doc dan lain sebagainya.

2. Cara Scan Dokumen di Android Melalui TapScanner

Dalam penggunaan aplikasi TapScanner ini untuk menduplikat sebuah document sebenarnya hampir mirip dengan cara yang diatas. Jika Anda penasaran, maka simak ulasan dibawah ini :

  1. Tahap awal seperti biasanya, yaitu download dan Install aplikasinya terlebih dulu. Anda bisa mendapatkan TapScanner melalui Google Play Store atau klik langsung disini.
  2. Jika sudah selesai install, maka silahkan buka aplikasi Tap Scanner yang telah terpasang di Android Anda.
  3. Kemudian tap icon kamera yang berada pada bagian tengah bawah, dengan begitu akan muncul fitur kamera nya
  4. Arahkan kamera pada document yang akan di Scan. Jika posisinya sudah cocok dan pas, tap icon kamera nya lagi.
  5. Selanjutnya aplikasi ini secara otomatis akan menyeleksi gambar dengan sendirinya dan background selain file tersebut tidak akan ikut terscan.
  6. Tap Next, lalu Anda akan di tampilkan banyak filter yang dapat di pilih. Disini saya menggunakan filter Asli.
  7. Setelah itu tap save yang terletak pada pojok kanan atas. Untuk menyimpan ke Galeri, maka tap icon panah ke bawah yang berada di pojok kanan atas dan tap menyimpan.
  8. Terakhir Anda bisa melihat dan membagikan hasil scan document ke sosial media seperti WhatsApp, Line, Telegram, Google Drive dan lainnya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan singkat dari Calonpengangguran tentang Cara Scan Dokumen di HP Android. Semoga tutorial yang saya berikan diatas bisa bermanfaat untuk banyak orang. Jika ada penjelasan yang kurang dipahami, silahkan tanyakan langsung melalui kolom komentar dibawah ini. Sekian dan terimakasih.

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *