Gagal Registrasi PeduliLindungi? Ini adalah Penyebab dan Cara Atasinya

Kenapa Gagal Registrasi PeduliLindungi – Sebelumnya ada yang tahu dengan aplikasi pedulilindungi? Ini merupakan platform besutan pemerintah yang bertujuan untuk membantu pelacakan dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. Kehadiran aplikasi satu ini memang berperan sangat penting di situasi darurat pandemic seperti yang kita rasakan saat ini.

Bagi Anda yang sering berpergian keluar rumah atau berada di ruang publik, sebaiknya gunakan aplikasi pedulilindungi ini untuk melindungi diri Anda dari serangan virus. Namun belakangan ini platform ini mengalami masalah seperti gagal registrasi atau error.

Lantas apa penyebab dan cara mengatasinya hal tersebut? Untuk mengetahui permasalahan ini, maka Calonpengangguran sudah siapkan sebuah artikel yang bisa membantu Anda menyelesaikan kendala gagalnya registrasi. .

Apa Itu Aplikasi PeduliLindungi?

Gagal Registrasi PeduliLindungi

Seperti yang telah saya singgung diatas, bahwa peran aplikasi ini sangat penting dalam menghentikan penyebaran virus Covid-19. Jadi melalui platform pedulilindungi ini, pemerintah bisa mengawasi aktivitas masyarakat di ruang publik. Artinya mampu mengetahui siapa saja yang belum melakukan suntik vaksin.

Aplikasi pedulilindungi ini juga memberikan informasi tentang tanggal vaksin Anda pada dosis pertama dan bisa melihat surat vaksin. Sehingga jika Anda ingin melakukan berpergian jauh, maka tinggal menunjukkan surat vaksin (jika diperlukan).

Sayangnya, akhir akhirnya pengguna banyak mengeluhkan layanan dari aplikasi pedulilindungi seperti error dalam melakukan registrasi.

Penyebab Registrasi PeduliLindungi Gagal?

Setiap proses registrasi gagal, pastinya terdapat berbagai masalah. Nah seperti yang dialami oleh pedulilindungi kini mengalami error. Lantas apa permasalahan yang menyebabkan proses registrasi gagal di aplikasi ini? Berikut adalah beberapa penyebabnya :

1. Gangguan Jaringan Internet

Gagalnya registrasi pada aplikasi PeduliLindungi bisa saja disebabkan koneksi Internet yang Anda gunakan sedang tidak stabil atau gangguan. Pada dasarnya platform ini harus membutuhkan jaringan Internet yang bagus.

Disini saya menyarankan, sebaiknya jangan menggunakan jaringan WiFi. Kenapa? Karena akhir-akhir ini koneksi WiFi sedang mengalami gangguan. Jadi silahkan gunakan kuota data Internet.  

2. Aplikasi PeduliLindungi Masih Versi Lama

Penyebab terjadinya error saat proses registrasi bisa juga disebabkan oleh aplikasi PeduliLindungi  atau OS Smartphone yang Anda gunakan masih versi lama. Jadi sebelum mengakses platform ini, terlebih dulu cek agar tidak terjadi hal yang demikian.

3. Cache Terlalu Menumpuk

Setiap aplikasi pastinya memiliki Cache. Jika Cache ini terlalu banyak, maka akan menyebabkan gangguan pada akses aplikasinya. Jadi jangan biarkan hal ini terjadi agar proses registrasi bisa berjalan lancar.

4. Server Down

Errornya register aplikasi Pedulilindungi bisa saja ditimbulkan karena server down. Jika terlalu banyak yang mengakses aplikasi Pedulilindungi, maka server akan down. Sehingga terjadi gangguan.

Cara Mengatasi Gagal Registrasi Aplikasi PeduliLindungi

Setelah Anda membaca beberapa penyebab gagalnya registrasi pada aplikasi pedulilindungi, selanjutnya dibawah ini simak cara mengatasinya.

1. Cek Jaringan Internet

Sebelum menggunakan aplikasi berbasis online seperti pedulilindungi ini, sebaiknya cek dan pastikan koneksi Internet yang Anda gunakan stabil. Sekedar saran, alangkah baiknya jangan menggunakan jaringan WiFi ketika melakukan registrasi.

2. Update Aplikasi dan OS Ke Versi Terbaru

Sepertinya hal ini terlihat sepele, namun jika tidak dilakukan akan berakibat fatal seperti gagalnya registrasi di aplikasi pedulilindungi. Kenapa? Karena sering sekali pengguna jarang memperbarui OS dan aplikasi pada Smartphone yang mereka gunakan.

3. Bersihkan Data Cache

Tidak ada salahnya kita menghapus Cache aplikasi Pedulilindungi, hal ini supaya kedepanya tidak menumpuk dan mencegah terjadinya gangguan seperti registrasi. Untuk membersihkan Cache ini sangat mudah sekali.

Silahkan klik dan tahan ikon aplikasi PeduliLindungi > pilih Info aplikasi > klik Penggunaan Penyimpanan > klik Hapus Cache.

4. Akses Aplikasi Secara Berkala

Untuk menghindari server down, Anda bisa mengunjungi aplikasi ini secara berkala. Terjadinya server down, dikarenakan jumlah pengunjung yang terlalu banyak. Jadi alangkah baiknya akses platform pedulilindungi ini tengah malam.

5. Hubungi Customer Service

Jika keempat cara diatas masih gagal dalam mengatasi registrasi, maka segera hubungi customer service. Anda bisa melapor melalui emailnya di pedulilindungi@kominfo.go.id atau sertifikat@pedulilindungi.id.

Demikianlah ulasan singkat pada kesempatan kali ini dari Calonpengangguran tentang Penyebab dan Cara mengatasi Gagal Registrasi PeduliLindungi. Semoga informasi yang saya berikan diatas biasa membantu Anda semuanya khususnya pengguna aplikasi PeduliLindungi. Sekian dan terimakasih atas perhatiannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *