Ternyata Mudah! Ini 9 Cara Cek Kecepatan Internet DI HP dan PC

Mau tahu bagaimana cara mengetahui berapa kecepatan Internet di perangkat Anda? Tentu saja dong! Ketika Anda ingin bermain game Online, tentu harus memiliki koneksi yang stabil. Oleh karena itu, cek kecepatan Internet di HP Anda sebelum memainkan game tersebut.

Selain itu pada saat ingin mendownload aplikasi kapasitas besar, pastinya harus memiliki kecepatan Internet yang super bagus. Jika tidak, maka nantinya proses downloadnya akan membutuhkan waktu yang lama.

Biasanya kebanyakan orang sering mengeluhkan jaringan mereka yang lambat, sehingga membuat mereka ingin mengetahui berapa speed Internet yang terkoneksi di WiFi atau data seluler. Lantas apakah Anda sudah paham bagaimana cara cek kecepatan Internet? Kalau belum, maka Calonpengangguran sudah siapkan solusinya.

Untuk mengetahui speed Internet yang Anda gunakan, maka disini bisa memanfaatkan berbagai macam situs web dan aplikasi. Penasaran apa saja laman tersebut? Berikut ini penjelasan rincinya :

Cara Cek Kecepatan Internet Melalui Situs Website

Cara Cek Kecepatan Internet

1. Ping-test.net

Untuk mengetahui kecepatan Internet yang Anda gunakan, pertama kita bisa menggunakan situs web bernama Ping test-net. Sistem kerja dari laman ini mampu mengecek speed Internet dengan cepat, mudah dan efektif.

Pada situs ini, nantinya Anda akan ditampilkan beberapa informasi seberapa cepat kecepatan internet, kecepatan download dan upload, dan ping koneksi anda saat ini. Lalu bagaimana cara mengoperasikan Ping-test.net? Ini adalah cara mudahnya :

  1. Pertama kunjungi ke situs web resmi dari Ping-test.net
  2. Untuk mengecek speed jaringan Internet, klik tombol power yang terletak di tengah-tengah halaman.
  3. Nah setelah itu akan tampil hasil dari kecepatan download dan upload , serta PING internet Anda.

2. Speedtest.net

Speedtest.net adalah salah satu situs yang mampu digunakan untuk mengecek tingkat kecepatan Internet.  Performa yang ditawarkan dari laman ini tidak kalah menariknya dengan situs diatas. Jadi jika Anda penasaran langsung saja mencobanya.

Berikut ini adalah step by step cara mengecek speed Internet melalui situ Speedtest.net dengan mudah.

  1. Pertama silahkan buka situs resmi dari Speedtest.net.
  2. Klik tombol GO yang berada di tengah halaman.
  3. Kemudian tunggu prosesnya hingga hasil pengecekan kecepatan internet tampil.
  4. Jika sudah selesai, maka nantinya akan diberikan infdormasi seperti hasil dari kecepatan internet, kecepatan download dan upload, dan PING internet anda.

3. Meter.net

Cara mengecek kecepatan Internet selanjutnya bisa menggunakan situs bernama Meter.net. Tampilan laman ini begitu sederhana, sehingga banyak pengguna tidak mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya.

Lalu bagaimana cara penggunaan Meter.net yang benar? Pertama silahkan kunjungi situs web resminya tersebut. Kemudian tekan tombol Start Test. Lalu tunggulah hingga proses pengecekan kecepatan internet selesai. Jika sudah, nantinya akan menampilkan informasi hasil kecepatan internet, download , upload, dan juga PING internet.

4. CBN Speedtest

Apakah Anda pernah menggunakan CBN Speedtest untuk mengecek speed Internet? Jika sudah, tentu paham dong cara mengoperasikan situs tersebut. Lantas bagaimana dengan Anda yang belum pernah mencobanya? Tenang jangan khawatir. Berikut ini adalah cara penggunaan CBN Speed dengan mudah :

  1. Tahap awal sama seperti diatas, yaitu dengan mengunjungi situs resmi CBN Speedtest.
  2. Klik tombol Begin test dan tunggu sampai hasil pengecekan kecepatan Internet selesai.
  3. Setelah selesai, maka akan tampil informasi tentang sail kecepatan internet,  kecepatan download dan upload, dan PING internet.

Catatan Penting : Sebelum mengggunakan cara ini, silahkan terlebih dahulu aktifkan Adobe Flash Player pada browser di laptop/PC Anda.

5. Bandwidth Place

Bandwidth Place adalah salah satu situs andalan banyak yang bisa digunakan untuk mengetahui kecepatan Internet. Cara penggunaannya pun tidaklah sulit. Pertama masuk ke situs resmi dari Bandwidth Place. Lalu tekan tombol Start, dengan begitu akan memproses permintaan Anda. Jika sudah selesai proses pengecekan, maka nanti akan tampil informasi berupa hasil kecepatan internet, kecepatan download dan upload internet yang sedang anda gunakan waktu itu.

Cara Cek Kecepatan Internet Melalui Aplikasi

1. Aplikasi Speed Test

Sebelumnya Anda sudah tahu dengan aplikasi Speed Test? Mungkin bagi mereka orang awam masih belum tahu banyak tentang platform ini. Jadi  Speed Test bisa digunakan untuk mengecek kecepatan internet di HP Android secara gratis.

Cheetah Mobile merupakan perusahaan pendiri dari aplikasi Speed Test ini, pihaknya menawarkan mampu mengecek tingkat kecepatan Internet secara real-time dan akurat seperti memberikan informasi speed internet, download, upload, dan PING internet anda.

2. Internet Speed Test

Aplikasi kedua yang bisa dimanfaatkan untuk mengecek kecepatan Internet adalah Internet Speed Test. Platform besutan dari perusahaan Yuhi Development,LLC  mampu informasi yang akurat.

Lantas bagamana cara memakai Internet Spee Test? Yaitu dengan membuka aplikasi tersebut melalui link diatas. Kemudian klik tombol Perform dan tunggu lah sampai permintaan pengecekan selesai. Jika sudah selesai, maka akan muncul hasil kecepatan internet ASnda secara rinci dan akurat.

3. Speedtest By Ookla

Sebelumnya tahu dong dengan Speedtest By Ookla, dimana aplikasi sudah tersedia di Android. Namun kini sudah hadir di versi PC. Sitem kerja dari platform ini mampu mengecek kecepatan internet anda secara rinci.

Bagi Anda pengguna Android, silahkan download Speedtest By Ookla di Play Store. Setelah terinstall di HP langsung saja gunakan untuk mengetahui speed Internet Anda. Caranya buka aplikasi tersebut > klik tombol Begin Test dan tunggu lah proses sampai pengecekan speed internet selesai. Jika sudah, menampilkan hasil informasi speed internet secara real time dan akurat.

4. Fast Speed Test

Apakah Anda pengguna Android? Jika iya, maka bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengecek kecepatan Internet secara akurat dan lengkap. Fast Speed Test ini sendiri sudah bisa di download melalui Play Store, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencarinya.

Setelah Anda berhasil mendownload aplikasi ini, langsung saja buka dan nantinya akan tampil informasi seberapa cepat kecepatan internet yang ada di HP Android Anda secara akurat. Dan pastinya lengkap.

Demikianlah informasi dari Calonpengangguran tentang Cara Mengetahui Speed Internet Melalui Website dan Aplikasi. Semoga pembahasan kali ini bisa membantu Anda dalam mengecek tingkat kecepatan jaringan Internet di HP dan PC. Sekian dan terimakasih atas perhatiannya. Selamat mencoba!

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *