Berikut Ini 3 Cara Melaporkan atau Report Akun Instagram Orang Lain

Cara Melaporkan Akun Instagram Orang LainTerjun ke dunia sosial media tentu tidak selamanya memberikan kenyamanan dan dampak yang positif. Kenapa? Karena ada kalanya menemukan tindak kejahatan atau yang lebih dikenal dengan istilah cyber crime.

Jadi hidup di era teknologi ini jangan heran jika kita sering menjumpai kejahatan online seperti akun penipuan, akun palsu yang memakai nama orang, online shop abal-abal dan tindakan pengancaman.

Nah jika Anda menemukan kasus seperti diatas di aplikasi Instagram, maka segera laporkan akun IG orang tersebut. Bahkan jangan sampai mereka yang ingin melakukan tindak kejahatan diberikan ruang gerak yang luas.

Instagram sendiri juga sudah menyediakan fitur yang memudahkan pengguna untuk melaporkan akun yang merugikan dan pastinya dengan alasan yang jelas. Sebelum lapor, sebaiknya kumpulkan bukti capture dapat menjadi jadi alat yang kuat untuk melaporkan akun ke pusat Instagram.

Contoh kasus sederhana seperti adanya akun Instagram yang menggunakan foto kita dan akun tersebut juga mengatasnamakan kita untuk kepentingannya tertentu dan pastinya melakukan tindak kejahatan penipuan.  Jadi hal ini harus segera diusut dan dilaporkan ke pusat Instagram dengan menyertakan capture bukti akun tersebut.

Lantas bagaimana cara melaporkan akun Instagram orang lain tersebut? Nah disini Anda tidak usah repot-repot mencarinya. Karena pada kesempatan ini Calonpengangguran akan memberikan solusi terlengkapnya. Mari simak ulasan dibawah ini :

Bentuk Pelanggaran Apa Yang Bisa Dilaporkan?

Sebelum memasuki pembahasan inti, telebih dulu saya jelaskan beberapa jenis pelanggaran yang bisa di dilaporkan ke pihak Instagram. Ini adalah penjelasannya :

  1. Adanya Spam. Misalnya sering melakukan komentar ke postingan-postingan Anda secara terus menerus yang tidak sopan, mengirim pesan di DM setiap waktu, dan hal-hal yang menggangu lainnya.
  2. Menyamar Sebagai orang lain. Artinya akun tersebut membuat akun tiruan real Anda.
  3. Pencurian foto Anda. Artinya mereka mengambil foto dan video Anda. Kemudian dia posting di akun Instagram nya tanpa izin terlebih dahulu.
  4. Adanya postingan bersifat kriminalitas, melanggar hukum, judi, sadis, porno, dan lain sebagainya.

Setelah Anda mengetaui beberapa bentuk pelanggaran yang bisa dilaporkan diatas, selanjutnya simak trik report akun Instaram orang tersebut.

Cara Melaporkan Akun Instagram Orang Lain (Report)

Cara Melaporkan Akun Instagram Orang Lain

Laporkan atau biasa disapa Report merupakan istilah yang tidak asing lagi di telinga kita semuanya. Sesuatu yang dilaporkan tentu saja ada hal yang tidak baik. Pada aplikasi Instagram sendiri kini telah meningkatkan layanan report  dan memperkuat kebijakan privasi agar tindak kejahatan yang terjadi di sosial media bisa di minimalisir.

Jadi dengan hadrinya layanan terbaru ini, pihak Instagram mengharapkan para pengguna bisa memanfaatkan layanan dengan bijak dan positif. Jangan sekali-kali melakukan report tanpa ada bukti dan alasan yang jelas (semena-mena).

Kalau Anda melaporkan tanpa disertakan bukti yang jelas, maka pihak Instagram tidak segan-segan akan memblokir akun IG-mu sendiri. Kenapa? Karena hal ini sangat merugikan pengguna Instagram lainnya.

Penyebab mereka melaporkan ke pihak pusat Instagram pasti ada masalah besar, pertama adanya akun palsu yang mengatasnamakan Anda, online shop penipuan, tindakan spam, komentar mengancam/teror, masalah hak cipta, pelanggaran konten, dan lain sebagainya.

1. Cara Melaporkan Postingan Spam

Permasalahan yang sering terjadi pada seseorang adalah mereka sebagai pengguna IG kenyamanannya merasa terganggu dengan adanya postingan spam orang lain, lalu postingan tersebut melanggar konten, entah bersifat kriminal, pelecehan, atau hak cipta.

Nah kasus seperti ini, perlu segera di report. Berikut ini langkah-langkah melaporkan postingan Spam orang lain di Instagram.

  1. Buka aplikasi Intagram di HP Anda.
  2. Cari dan pilih postingan yang ingin Anda report.
  3. Klik icon titik tiga yang beradadi pojok kanan atas.
  4. Tekan tombol Laporkan.
  5. Nanti akan tampil beberapa keluhan, silahkan pilih salah satu berdasarkan isi kontennya.
  6. Jika sudah, klik langsung dengan demikian laporkan akan terkirim.
  7. Kalau tampil sub menu, isikan keluhan masalah Anda.
  8. Selesai.

2. Cara Melaporkan Akun Palsu

Apakah ada akun Instagram lainnya yang mengatasnamakan Anda? Jika iya, maka dapat dipastikan akun tersebut palsu. Hal seperti ini tidak boleh dibiarkan berangsur-ansur lebih lama, karena akan sangat berbahaya sekali jika pengguna tersebut melakukan tindak penipuan.

Lalu bagaimana cara melaporkan akun palsu di Instagram? Ini merupakan step-by step report akun bodong di IG sebagai berikut :

  1. Silahkan buka aplikasi Instagram di perangkat Anda masing-masing.
  2. Masuk ke fitur pencarian.
  3. Masukkan nama akun atau username yang ingin Anda laporkan di kolom pencarian.
  4. Jika sudah ketemu, buka buka akun tersebut.
  5. Klik tombol icon titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  6. Klik menu Laporkan.
  7. Selanjutnya klik Laporkan Akun.
  8. Nanti Anda akan diminta untuk memilih judul laporan berdasarkan permasalahan yang dialami seperti profil berpura-pura menjadi orang lain, pemilik akun IG dibawah 13 tahun atau konten postingan tidak seharusnya ada di Instagram.
  9. Pilih salah satu opsi diatas agar cepat diproses oleh pihak Instagram.

3. Cara Melaporkan Akun Dengan Komentar Spam

Pernah mengalami tidak, akun Anda di spam komentar oleh orang lain? Pasti ada bagi mereka para selebgram yang memiliki banyak followers. Jika hal ini tidak diusut, maka dapat dipastikan postingan Anda akan lebih banyak memancing orang untuk komentar.

Untuk menghentikan kasus seperti ini Anda harus segera , laporkan ke pihak Instagram. Berikut ini cara report akun yang berkomentar spam.

  1. Bukalah aplikasi Instagram yang terpasang di HP Anda.
  2. Cari dan buka postingan yang di spam komentar.
  3. Jika sudah, klik sekali komentar yang ingin Anda laporkan.
  4. Klik tombol Tanda Seru yang berada di pojok kanan atas.
  5. Klik Laporkan komentar ini.
  6. Pilih salah satu keluhan berdasarkan permasalahan yang Anda alami.
  7. Selesai.

Demikian pembahasan singkat dari Calonpengangguran tentang Cara Melaporkan  atau Report Akun Instagram Orang LainSemoga informasi kali ini bisa membantu Anda semuanya dalam menyelesaikan masalah khususnya mereka pengguna Instagram. Sekian dan terimakasih atas waktunya.

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

One Reply to “Berikut Ini 3 Cara Melaporkan atau Report Akun Instagram Orang Lain”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *