Cara Mengaktifkan Microphone Di Google Meet, Dengan Mudah!

Calonpengangguran – Hallo guys! Apakah Anda pernah ikut video call di Google Meet tetapi mikrofon malah tidak berfungsi atau tidak mengeluarkan suara? Jika iya, maka Anda hanya perlu mempelajari cara mengaktifkan microphone di Google Meet berikut ini yang akan kita bahas kali ini.

Seandainya saja Anda ada memiliki urusan pekerjaan misalnya, maka yang harus di perharikan terlebih dahulu adalah speaker dan mikrofon di perangkat anda, apakah berfungsi dengan baik.

Karena speaker digunakan agar Anda dapat mendengar suara atau menyimak apapun yang disampaikan selama video call berlangsung dan aman tau ada pembahasan yang penting tentunya.

Tetapi, mikrofon juga tak kalah penting fungsinya loh! Karena, akan ada masa dimana anda diminta untuk memberikan feedback atas perbincangan tersebut.

Lantas, bagaimana sih caranya jika terjadi masalah pada mikrofon Anda seperti tidak aktif atau tidak dapat berfungsi dengan baik? Dan, apabila Anda mengalaminya, berikut cara panduan mengaktifkan mikrofon yang tidak aktif sesuai dengan perangkat yang gunakan.

Cara Mengaktifkan Mikrofon Di Google Meet Melalui HP Dengan Mudah

Cara Mengaktifkan Microphone Di Google Meet

Perangkat yang sering Anda gunakan untuk mengakses layanan Google Meet adalah HP misalnnya. Karena, menggunakan HP sedikit lebih mudah dan fleksibel.

Untuk dapat mengaktifkan mikrofon dalam Google Meet melalui HP anda bisa menggunakan langkah-langkah berikut:

  1.  Langkah pertama, Pastikan mikrofon tidak sedang dalam posisi mute/bisu saat layanan ini sedang berjalan. Caranya Anda harus cek terlebih dahulu, pada bagian toolbar dan lihat ikon mikrofon.
  2. Tetapi jika masih berada dalam mode Mute Anda akan dapat melihat ikon yang tidak tercoreng atau tidak berwarna merah. Dan kalau masih tidak bisa, Tap saja ikon mikrofon yang tersedia.
  3. Dan pastikan Tap izin konfirmasi ke google meet yang sudah diaktifkan. Untuk melakukan caranya silahkan Anda buka saja menu settingan, kemudian pilih Apps dan Notification.
  4. Lalu pilih lah All App dan pilih Gmail atau Google Meet.
  5. Selanjutnya cari menu Permission dan pilih App Permission.
  6. Lalu pada bagian Mikrofon yang tercoreng garis merah, dan pastikan bahwa sudah aktif atau sudah di perbolehkan tentunya.
  7. Kemudian Anda harus menghapus cache aplikasi, jika masih belum dapat diaktifkan. Caranya Tap dan tahan ikon meet dan pilih app info. Selanjutnya Tap kembali data lalu pilih hapus cache.
  8. Akses Google Meet melalui browser supaya agar lebih mudah mengaktifkan mikrofon.
  9. Selanjutnya Anda harus memilih Google Chrome, lalu untuk bagian setelan yang terletak di sebelah kanan atas, centang Mode Desktop. 
  10. Dan, jika masih belum bisa juga. Maka hapus saja aplikasi Meet di HP Anda lalu instal kembali.

Cara Aktifkan Mikrofon Di Google Meet Melalui PC/Desktop

Selain menggunakan HP Anda tentunya juga dapat menggunakan PC atau Laptop, pastinya. Karena akan lebih nyaman jika akan memakan waktu yang lumayan lama. Lalu untuk cara menggunakan PC seperti di bawah ini yang akan saya jelaskan:

  1. Buka browser yang ada di PC/Deskop Anda. Lalu kunjungi situs Google Meet.
  2. Selanjutnya pilih saja mulai atau gabung rapat.
  3. Kemudian, Anda harus Tap ikon kamera.
  4. Lalu anda akan di tampilkan notifikasi persetujuan. Tap saja next dan izinkan.
  5. Langkah terakhir Anda harus Tap izin anda persilahkan, lalu Anda tinggal Tap tombol done.

Dengan melakukan cara di atas yang saya berikan, tentunya mikrofon untuk tersambung dengan Google Meet anda sudah benar atau terbilang aktif. Lantas, Jika belum bagai mana? anda dapat menggunakan cara yang saya sematkan di bawah ini:

  1. Buka browser yang tersedia di desktop atau PC anda.
  2. Selanjutnya silahkan masuk ke dalam layanan Google Meet.
  3. Lalu pilih menu setelan.
  4. Maka pilih saja jenis mikrofon yang ingin kamu gunakan yang terletak di dafault.
  5. Setelah langkah di atas sudah di lakukan, Tap saja done.
  6. Selesai.

Jika Anda mengikuti cara di atas yang saya sampaikan, maka dari itu mikrofon anda akan bisa di gunakan tentunya.

Penutup

Seperti itulah inofrmasi yang dapat Calonpengangguran berikan tentang Cara Mengaktifkan Microphone Di Google Meet. Semoga informasi dapat membantu anda semua tentunya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *