Cara Mengembangkan Usaha Kerajinan yang Terinspirasi Budaya Lokal Non Benda

Budaya lokal memiliki keanekaragaman yang sangat kaya akan nilai serta makna sehingga budaya lokal seringkali memiliki keunikan yang harus dilestarikan. Budaya lokal memiliki dua komponen yaitu budaya lokal benda dan budaya lokal non benda atau bisa juga disebut fisik atau non fisik.

Budaya lokal benda biasanya budaya lokal yang berbentuk benda dan bisa dirasakan, dilihat, maupun disentuh seperti misalnya ukiran atau lukisan, nah kalau budaya lokal non benda merupakan budaya yang tidak berbentuk serta tidak dapat disentuh dalam kata lain merupakan budaya yang abstrak namun tetap menjadi warisan turun-temurun. 

Meskipun budaya lokal non benda tidak memiliki bentuk fisik namun harus tetap dilestarikan, salah satu caranya yaitu membuat kerajinan yang terinspirasi dari budaya lokal non benda.

Jika kamu masih bingung tentang budaya lokal non benda yang selalu dilestarikan hingga saat ini antara lain tarian tradisional, seni pertunjukan, ondel-ondel, lagu daerah, musik, puisi, pantun, isyarat kentongan, cerita rakyat, dongeng, mitos, simbol, upacara adat, ritual, festival daerah, tradisi, keahlian, dan masih banyak lainnya. Nah setelah mengetahui contoh-contohnya mungkin kamu bertanya bagaimana cara mengembangkan usaha kerajinan yang terinspirasi budaya lokal non benda?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap cara mengembangkan usaha kerajinan yang terinspirasi budaya lokal non benda sehingga memiliki nilai budaya serta nilai ekonomi yang bersamaan.

Sebelum menentukan jenis kerajinan apa yang akan kamu jadikan bisnis untuk cara mengembangkan usaha kerajinan yang terinspirasi budaya lokal non benda tentu saja ada beberapa strategi yang harus kamu rancang terlebih dahulu agar usaha kerajinan budaya lokal non benda kamu dapat menarik minat konsumen serta dapat bersaing di pasar. Jadi simak artikel ini sampai habis dan stay tune ya! 

Strategi Mengembangkan Usaha Kerajinan yang Terinspirasi Budaya Lokal Non Benda

Cara Mengembangkan Usaha Kerajinan yang Terinspirasi Budaya Lokal Non Benda

Ekonomi kreatif saat ini sedang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia untuk semakin membuat sumber daya manusia menjadi lebih kreatif dan inovatif serta dapat bersaing pada pasar lokal maupun global.

Ekonomi kreatif tentu saja tidak terlepas dari produk atau jasa berbasis budaya serta keterampilan, oleh karena itu saat ini berbisnis sekaligus melestarikan budaya lokal cukup menjanjikan apalagi sudah mendapat dukungan dari pemerintah mengingat pelestarian budaya menjadi indikator yang sangat penting sehingga nilai dan adat istiadat bangsa Indonesia tetap terjaga dan tidak luntur.

Membahas kerajinan yang terinspirasi dari budaya lokal nonbenda tentu saja kita harus membahas tentang ekonomi kreatif karena dalam ekonomi kreatif tentu saja menjadi sarana pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis budaya lokal menjadi sesuatu hal yang menghasilkan dan memberikan keuntungan.

Pentingnya melestarikan budaya lokal di setiap daerah dapat memberikan manfaat di antara lain menarik wisatawan mancanegara, dapat memberikan ide dan gagasan untuk menghasilkan produk budaya yang kreatif, serta memberikan ciri khas dan menunjukkan eksistensi identitas bangsa.

Budaya lokal tradisional merupakan potensi bisnis yang bisa dicoba oleh pelaku usaha dan bisnis untuk memberikan kreativitas serta inovasi baru yang dapat diterima oleh berbagai macam konsumen dalam pasar lokal maupun global karena budaya lokal mengandung kekayaan serta warna yang tidak ternilai.

Membahas tentang bagaimana cara mengembangkan usaha kerajinan yang terinspirasi  budaya lokal non benda memang tidak semudah menginterpretasikan kerajinan budaya lokal benda yang sudah menjadi inspirasi masyarakat dalam mengembangkan kerajinan. 

Namun kamu jangan berkecil hati dulu karena kami akan membahasnya secara lengkap untuk menambah wawasan kamu dan memberikan pencerahan agar dapat mengembangkan budaya lokal non benda ini dalam bentuk kerajinan sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang tentu saja menjanjikan. Berikut adalah langkah-langkah untuk merancang usaha atau bisnis kamu dalam hal kerajinan budaya lokal non benda:

  • Pertama memilih sumber inspirasi dan pencarian ide yang layak untuk memulai dan mengembangkan usaha kerajinan berbasis budaya lokal non benda
  • Setelah itu kamu bisa membuat sketsa ide kamu melalui gambar maupun tulisan untuk merancang produk yang tepat untuk memulai usaha atau bisnis produk budaya lokal non benda
  • Selanjutnya yaitu membuat studi model kerajinan yang dilanjutkan dengan melakukan pembuatan petunjuk produksi sehingga kamu memiliki rancangan secara mentah sebagai gambaran awal produksi kerajinan kamu

Untuk membuat kerajinan yang terinspirasi dari budaya lokal non benda yang siap dijual tentunya kamu harus menciptakan sebuah produk dengan nilai estetik dan inovasi yang akan diminati oleh konsumen dan pasar.

Perlu kamu tahu bahwa budaya lokal non benda merupakan budaya yang sifatnya tidak fisik dan harus kamu tuangkan melalui sebuah kerajinan, kemudian perancangan kerajinan ini tentunya akan menerjemahkan makna yang abstrak tersebut menjadi sebuah benda yang memiliki nilai budaya yang dapat dilihat dan disentuh.

Kita ambil contoh misalnya tentang legenda masyarakat yang dituangkan pada diorama mini sehingga orang yang melihat dan menyentuhnya dapat merasakan makna dan nilai yang terkandung dalam kerajinan tersebut. Hal penting yang harus kamu tahu tentang tahapan penerjemahan dari budaya lokal non benda menjadi sebuah kerajinan meliputi pemahaman terkait makna simbol, mencari kata kunci yang bisa dijadikan dasar pengembangan ide produk, dan mencari ide dan gagasan dari fungsi dan bentuk kerajinan.

Cara Mengembangkan Usaha Kerajinan yang Terinspirasi Budaya Lokal Non Benda

Setelah kamu memiliki ide atau gagasan untuk menciptakan sebuah produk berbasis produk lokal non benda yang dituangkan dalam sebuah kerajinan hal yang harus kamu lakukan yaitu membuat perencanaan terkait proses awal hingga proses akhir dalam usaha dan bisnis kamu sehingga produk yang kamu hasilkan memiliki nilai jual yang tinggi serta dapat dilirik oleh para konsumen.

Hal ini memang tidaklah mudah mengingat banyaknya kompetitor serta kendala lainnya yang tentu saja dapat membuat kita sebagai pelaku usaha maupun bisnis produk budaya ya lokal non benda menjadi ragu untuk melanjutkan usaha atau bisnis kita. Kunci yang harus dipegang untuk tetap optimis menjalankan usaha dan menemukan cara untuk mengembangkan kerajinan yang terinspirasi budaya lokal non benda. Berikut adalah beberapa perencanaan yang harus kamu temukan jawabannya sebelum kamu memulai bisnis kerajinan dari budaya lokal non benda:

  1. Pertama yaitu budaya lokal non Benda apa yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk menentukan produk yang ingin dijual
  2. Kedua yaitu produk kerajinan budaya lokal non Benda apa yang akan kamu buat
  3. Ketiga mengapa atau alasan apa yang membuat kamu harus membuat produk kerajinan tersebut
  4. Keempat yaitu menentukan konsumen atau siapa yang nantinya akan menggunakan produk kerajinan yang kamu buat
  5. Kelima yaitu itu bahan baku atau material apa yang akan kamu gunakan untuk membuat kerajinan
  6. Keenam motif dan warna apa yang akan digunakan sehingga produk kerajinan kamu memiliki daya tarik yang memiliki nilai dan makna tersendiri
  7. Ketujuh adalah proses pembuatan produk kerajinan tersebut dan tingkat kesulitan yang akan kamu hadapi
  8. Kedelapan yaitu alat apa yang akan kamu gunakan dan harus kamu persiapkan

Pertanyaan di atas bisa kamu diskusikan dengan diri sendiri, keluarga, atau kelompok usaha kamu untuk menentukan solusi dan antisipasi terbaik sehingga kamu dapat memproduksi kerajinan berbasis budaya lokal non benda di pasar lokal maupun global. Selanjutnya yaitu ide produk atau jasa apa yang bisa kamu pertimbangkan untuk memulai dan dan mengatasi cara mengembangkan usaha kerajinan yang terinspirasi budaya lokal non benda berikut ulasannya:

  • Membuat produksi alat musik
  • Memproduksi baju adat
  • Membuat souvenir dan dan cinderamata berbasis budaya lokal
  • Membuat sanggar budaya
  • Membuat produksi kaos berbahasa daerah
  • Miniatur dari relief candi atau simbol budaya
  • Dan masih banyak lagi

Sekian informasi tentang cara mengembangkan usaha kerajinan yang terinspirasi budaya lokal non benda dari strategi hingga contoh usaha atau bisnis yang bisa kamu coba untuk memulai usaha atau bisnis kamu sehingga mendapatkan perhatian di hati konsumen serta mengembangkan identitas dan ciri khas budaya dan bangsa. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah inspirasi kamu kedepannya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *