Viral Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas Terkait Gonggongan Anjing!

Viral Menteri Agama – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kembali menuai kontroversi dan mengundang perhatian masyarakat karena video statement darinya yang masih terkait dengan kebijakan baru mengenai speaker masjid dan Musholla viral di berbagai media sosial. Video viral menteri Agama tersebut, Ia dianggap membandingkan suara toa atau speaker masjid dengan gonggongan anjing. Sebelumnya, Kementerian Agama baru saja membuat dan meresmikan kebijakan baru terkait aturan alat pengeras suara di masjid/musholla.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa salah satu tujuan dibuatnya aturan tersebut adalah agar terciptanya hubungan antarumat beragama lebih harmonis. Kemudian, dalam dalam pernyataannya pula, Ia membuat contoh jika dirinya muslim dan mendengarkan rumah ibadah non muslim lima kali sehari. Pernyataan selanjutnya yang paling menuai sorotan yaitu membuat perbandingan dengan suara gonggongan anjing.

Begini statement menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas : “contohnya lagi, misalkan tetangga kita kiri kanan depan belakang pelihara anjing semua, misalnya menggonggong di waktu bersamaan kita terganggu tidak?” Oleh karena itu, Ia kembali menegaskan bahwa suara speaker tersebut harus diatur agar tidak menjadi gangguan bagi orang lain.

Namun statement tersebut menuai kontroversi dan komentar dari berbagai pihak karena ia dianggap membandingkan suara Adzan yang suci dengan suara gonggongan anjing yang tentunya tidak pantas untuk dibandingkan. Sebelumnya, Menteri Agama yang satu ini memang kerap membuat statement yang menuai sorotan publik karena adanya pro dan kontra dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang profil dan berita viral Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beserta kontroversinya.

Berikut Profil Lengkap Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas

Viral Menteri Agama

Yaqut Cholil Qoumas atau yang biasa disapa dengan panggilan Gus Tutut atau Gus Yaqut lahir di Rembang pada tanggal 4 Januari 1975 silam dan saat ini menginjak usia 47 tahun. Gus Yaqut merupakan putra dari salah satu pendiri partai kebangkitan bangsa atau PKB yaitu Kyai Haji Muhammad Cholil Bisri dan juga merupakan saudara kandung dari salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yaitu Yahya Cholil Staquf.

Gus Yaqut juga dikenal aktif dalam dunia politik di bawah naungan partai PKB dan diketahui pernah menduduki jabatan jabatan politis di pemerintahan Indonesia seperti menjabat wakil Bupati Rembang periode 2005-2010 dan juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Rembang periode 2004 2005.

Gus Yaqut mengenyam pendidikan sekolah dasar di SDN kutoharjo tahun 1981-1987, kemudian melanjutkan pendidikannya ke SMPN II Rembang pada tahun 1987-1990. Ia berhasil lulus jenjang sekolah menengah Atas di SMAN II Rembang pada tahun 1993. Pada jenjang perguruan tinggi, Gus Yaqut pernah mengejar gelar sarjana di fakultas ilmu sosial dan politik universitas Indonesia (FISIP UI) jurusan sosiologi namun tidak sampai selesai.

Lahir di lingkungan keluarga penggiat NU Gus Yaqut telah aktif di berbagai kegiatan NU sejak masih muda dan meraih prestasi yaitu sebagai ketua PP GP Ansor periode 2011-2015. Pada tahun 2012, Gus Yaqut diberi tanggung jawab yang lebih besar dengan menjabat menjadi wakil ketua DPW PKB Jawa Barat periode 2012-2017. Pada tahun 2020, Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk sebagai Menteri Agama Kabinet Indonesia Maju menggantikan Fachrul Razi yang sebelumnya telah menjabat sebagai Menteri Agama periode 2019-2020.

Video Viral Menteri Agama soal Gonggongan Anjing dan Berbagai Kontroversi Lainnya !

Video viral Menteri Agama Yaqut Cholil qoumas beredar dan menjadi perbincangan masyarakat Indonesia lantaran membandingkan suara speaker masjid dengan gonggongan anjing. Statement ini dikeluarkannya pada saat memberikan pernyataan terkait dengan surat edaran peraturan Kementerian Agama mengenai aturan speaker masjid dan mushola. Ternyata, sebelum ini Menteri Agama Yaqut memang seringkali menuai pro dan kontra lewat berbagai pernyataannya.

Seperti salah satu komentarnya yang menuai kontroversi yaitu pada tahun 2018 silam, ia mengomentari bendera hitam yang dinilai sebagai bendera ormas HTI. Saat itu, Gus Yaqut mengatakan jika bendera hitam berlafadz syahadat tersebut bukanlah bendera tauhid melainkan bendera ormas HTI. Pernyataan ini sontak menuai beragam komentar dari berbagai pihak.

Nah, demikian pembahasan artikel edisi kali ini mengenai berita viral Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas serta berbagai kontroversinya yang menjadi sorotan publik. Semoga artikel kali ini bisa menambah menambah informasi kamu seputar berita viral. Jangan lupa untuk mengupdate informasi lainnya dari situs kami dan sampai jumpa di artikel edisi selanjutnya ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *