Teknologi Computer Vision Dapat Digunakan Untuk Apa Saja?

Ketika sebagian orang sedang sibuk mengurusi video jedag jedug yang ada di tiktok atau mengikuti sesuatu yang viral, perkembangan teknologi terus membuat inovasi yaitu dengan adanya computer vision. Tanpa disadari bahwa computer vision menjadi salah satu pengembangan teknologi informasi yang saat ini sudah digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. 

Jika kamu bertanya salah satu contoh yang sudah menggunakan teknologi ini yaitu pada sistem pembacaan kode atau barcode yang mana scan barcode bisa memberikan data yang kita inginkan. Ketika kamu ingin membayar makanan atau saat kamu berbelanja maka kamu tinggal melakukan scan barcode pada ponsel kamu. Bisa dibilang bahwa computer vision berfungsi untuk mengolah dan mengkolaborasikan teknologi informasi dengan lebih mudah.

Oleh karena itu, teknologi computer vision menjadi teknologi yang memiliki kemampuan untuk melakukan validasi dalam membaca objek data yang dilihat dengan menggunakan perangkat penghubung. Bagi kamu yang penasaran dengan teknologi computer vision dapat digunakan untuk apa saja, berikut kami sudah merangkum informasinya secara lengkap tentang fungsi dari computer vision dan lain-lain.

Mengenal Tentang Pengertian Teknologi Computer Vision Dapat Digunakan Untuk Apa Saja?

Teknologi Computer Vision Dapat Digunakan Untuk Apa Saja?

Computer Vision merupakan sebuah teknologi yang memudahkan dalam melakukan proses pembacaan data sebuah objek yang nantinya akan memberikan dan menampilkan perintah maupun fungsi tertentu dalam menjalankan aktivitas sesuai dari data objek tersebut. Adanya teknologi computer Vision dalam aspek kehidupan dapat mempercepat mobilitas misalnya untuk melakukan transaksi dan memuat informasi data dari objek dengan lebih minimalis.

Penerapan Artificial Intelligence atau disingkat AI merupakan salah satu contoh teknologi computer Vision yang sedang naik daun saat ini, AI dapat merespon berbagai data sehingga menjalankan perintah sesuai dengan objek atau suatu citra yang dianalisa. Computer Vision menjadi sebuah proses yang menunjukkan algoritmik perangkat digital untuk menangkap dan menterjemahkan kemudian mentransformasikan menjadi bentuk tertentu.

Secara khusus, computer Vision memiliki kemampuan untuk mengkategorikan, membenarkan, mendeteksi, dan mengidentifikasi sebuah objek. Tidak berhenti sampai disitu, banyak pemanfaatan serta penggunaan dari teknologi ini dalam berbagai aspek dalam sektor bisnis. Untuk menjawab pertanyaan kamu tentang teknologi computer Vision dapat digunakan untuk apa saja, berikut adalah pembahasan lengkapnya:

1. Fungsinya Dalam Sektor Industri

Fungsi dari computer Vision yang pertama yaitu dalam sektor industri yang mana dapat mengidentifikasi dan menyortir produk yang tidak memenuhi standar yang sudah ditentukan. Dengan bantuan teknologi ini tentu saja kinerja perusahaan akan menjadi lebih cepat serta akurat karena dibantu oleh program komputer yang akan memberikan hasil identifikasi dari setiap objek yang dilihatnya.

Berbeda dengan teknologi konvensional yang harus menguji setiap produknya satu-persatu dan tentu saja ini sangat memakan waktu dan butuh biaya yang cukup banyak. Teknologi computer Vision bisa kamu gunakan dalam mencari permasalahan atau problem kecacatan kinerja produk sebelum sampai kepada calon konsumen. Pengecekan ini akan diatur sedemikian rupa dan kamu tidak perlu melakukan uji coba secara manual dengan SDM.

2. Fungsi dalam Keuangan

Tanpa kamu sadari saat ini sudah banyak yang menggunakan dompet digital serta layanan berbasis barcode untuk melakukan transaksi keuangan. Sebelumnya orang-orang mengandalkan uang fisik atau uang cash untuk melakukan transaksi apapun, namun saat ini ketika kamu ingin membayar belanjaan ataupun saat makan di restoran cukup melakukan scan melalui ponsel kamu yang terintegrasi dengan dompet digital atau layanan perbankan.

Penerapan computer Vision ini dalam sistem keuangan tentu saja memberikan kemudahan kepada semua orang karena tidak perlu lagi susah payah menarik uang melalui ATM dan membawa uang cash kemana-mana. Teknologi ini juga didukung oleh kerjasama berbagai merchant atau mitra untuk menyediakan pembayaran berbasis barcode kepada konsumen.

Selain itu, apakah kamu menyadari bahwa sistem komputer fashion juga sudah diterapkan dalam aspek parkir maupun mesin minuman. Ketika kamu tempat misalnya pusat perbelanjaan atau hotel maka sudah sangat jarang ada tukang parkir yang melayanimu. Kamu hanya disambut oleh palang serta mesin yang bisa mengeluarkan kertas parkir ketika kamu scan telapak tanganmu atau memencet sebuah tombol begitu juga dengan mesin minuman.

3. Fungsi Dalam Game dan Aplikasi

Sebelumnya kita telah membahas teknologi AI dan pastinya kamu sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini yang biasanya ada dalam game atau aplikasi. Ketika kamu bermain game online ada sebuah fitur untuk melatih skill kamu dengan bertanding melawan AI dalam hal ini yaitu komputer. Sistem komputer vision dalam game membuat adanya respon otomatis ketika kita bergerak, menyerang, dan sebagainya. 

Selain itu, pada aplikasi juga dibuat demikian sehingga saat kamu melakukan sesuatu maka sudah ada program untuk merespon apa yang sedang kamu lakukan, teknologi ini tentunya sudah diatur dan dibuat programnya sendiri untuk dapat memenuhi kebutuhan serta keperluan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sistem keamanan dalam aplikasi juga menggunakan teknologi ini ketika mengidentifikasi hal yang tidak wajar.

4. Fungsi Dalam Medis

Selanjutnya teknologi computer vision dapat digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan medis seperti mendiagnosa penyakit misalnya sehingga dokter mengetahui berbagai gangguan kesehatan yang terjadi pada setiap pasien. Teknologi dalam medis berbasis computer Vision sudah banyak digunakan untuk menyelamatkan nyawa manusia dan menyembuhkan berbagai penyakit yang masih bisa disembuhkan.

Selain itu dalam sektor medis, computer Vision dapat mengidentifikasi tanda kehamilan, penggunaan narkoba, USG, tes DNA, kesesuaian sidik jari, dan masih banyak lagi sehingga teknologi ini benar-benar membantu dalam bidang medis secara akurat. Pentingnya teknologi computer Vision dalam segala aspek kehidupan termasuk medis memberikan kemajuan dalam hal kesehatan serta mengidentifikasi hal-hal baru yang tidak diketahui sebelumnya.

5. Fungsi Dalam Keamanan 

Fungsi terpenting dari teknologi computer Vision digunakan untuk sistem keamanan misalnya bisa mendeteksi wajah pelaku kejahatan bahkan sistem keamanan ini juga digunakan dalam lalu lintas. Dimana orang yang tidak memakai helm atau melanggar aturan akan ada alarm atau sistem tertentu yang diberlakukan, meskipun belum semua negara seperti ini namun sudah ada yang memperlakukan sistem mendeteksi keamanan dalam lalu lintas.

Selain itu, jika kamu memahami tentang cara kerja CCTV yang sebelumnya hanya merekam dan menampilkan situasi sekitar namun saat ini ada CCTV yang mendeteksi suara atau gerakan yang aneh sehingga akan memberikan alarm atau tanda tertentu. Hal ini sangat membantu untuk mengetahui hal-hal yang mencurigakan serta memberikan keamanan dan penjagaan di rumah, perusahaan, atau tempat-tempat penting lainnya.

Akhir kata, sebagai penutup kami ucapkan terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai dan kami harapkan bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang teknologi computer Vision dapat digunakan untuk apa saja dalam kehidupan. Nantikan selalu update informasi dari situs kami selanjutnya agar kamu tidak kelewatan artikel terbaru dan trending.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *