Kapan CPNS 2022 di Buka? Ini Dia Link dan Syarat-Syaratnya!

Kapan CPNS 2022 di Buka – Di artikel kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai waktu pelaksanaan tes CPNS 2022 akan dilaksanakan karena memang menurut beberapa sumber tes CPNS akan dilaksanakan kembali pada tahun ini.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Mohammad Averrouce mengatakan kalau pihaknya belum dapat memastikan kapan tanggal pelaksanaan CPNS 2022.

Namun besar kemungkinan kalau CPNS kali ini akan kembali dilaksanakan pada bulan Juni hingga bulan Juli 2022 sebagaimana seperti tahun kemarin yang juga dilaksanakan pada bulan tersebut.

Jadi kamu bisa menyiapkan diri sebelum mengikuti tes CPNS yang akan kembali dilaksanakan pada tahun ini, persiapannya bisa dengan belajar, berdoa, dan berikhtiar.

Tes CPNS mungkin terasa berat ketika kamu tidak melakukan persiapan dengan benar jadi sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan baik agar bisa lolos tes CPNS pada tahun ini.

Mohammad Averrouce menyebutkan kalau pihak kementerian saat ini masih mengevaluasi hasil dari tes CPNS tahun 2021 dan pihaknya nanti akan melihat perkembangan komprehensif mengenai perkembangan CPNS dari tahun ke tahun.

Berikut ini akan dibahas lebih lengkap mengenai tes CPNS agar kamu tahu mengenai apa itu tes CPNS.

Penjelasan Seputar CPNS 2022

Kapan CPNS 2022 di Buka

CPNS merupakan singkatan dari Calon Pegawai Sipil Negara jadi tes CPNS merupakan proses seleksi dari penerimaan calon bakal pegawai sipil negara. Dengan berbagai penempatan sesuai dengan pilihan dan juga penempatan dari pemerintah setempat terhadap bakal calon pegawai sipil negara.

Jadi pemerintah setempat akan memilih penempatan domisili dari bakal calon bekerja di suatu lembaga di daerah tertentu. Pada tahun 2022 akan ada beberapa lembaga yang membuka CPNS di antaranya meliputi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham), dan Badan Pusat Statistik ( BPS), yang membuka 8 Instansi pembina sekolah kedinasan.

Selain itu masih ada lagi kementerian yang membuka lowongan untuk Bakal calon Pegawai Negara di CPNS tahun ini yaitu Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Badan Siber dan Sandi Negara, serta kementerian Perhubungan (Kemenhub).

https://calonpengangguran.com/2022/04/11/nadia-viral-tiktok/

Ada banyak sekali kementerian yang memberikan kesempatan untuk setiap peserta bakal calon pegawai Sipil Negara atau CPNS pada tahun 2022 ini.

Kamu bisa menentukan untuk bergabung di kementerian yang mana sesuai dengan profesi yang ingin kamu kerjakan dan juga sesuaikan dengan persiapanmu dalam menghadapi CPNS 2022.

Berikut ini beberapa Dokumen yang perlu kamu siapkan ketika ingin mengikuti tes CPNS pada tahun 2022 kali ini.

Persyaratan dan Dokumen Tes CPNS 2022

Berikut ini beberapa persyaratan umum dan juga dokumen yang perlu disiapkan ketika ingin mengikuti tes CPNS pada tahun 2022 yang perlu kamu siapkan.

Syarat Umum

  • Warga negara Indonesia dengan usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat mendaftar
  • Tidak pernah di pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
  • Tidak pernah berhenti atau diberhentikan sebagai PNS/Prajurit TNI/ Kepolisian Negara RI
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai Swasta
  • Tidak sedang menjabat sebagai CPNS/PNS/Prajurit TNI/Kepolisian Negara
  • Tidak sedang menjabat anggota parpol atau politik praktis
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yang ingin diraih
  • Sehat jasmani rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
  • Bersedia di tempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah

Dokumen

  • Scan Pas Foto berlatar belakang merah maksimal 200 kb bertipe File Jpeg/JPG
  • Scan Swafoto maksimal 200 kb Bertipe file JPEG/JPG
  • Scan KTP 
  • Scan surat lamaran
  • Scan Ijazah+serdik/STR 
  • Scan Transkrip nilai
  • Scan Dokumen lainnya.

Penutup

Itu tadi penjelasan dan juga Kapan CPNS 2022 di Buka, yang bisa kami berikan untuk kamu. Jika terdapat kekurangan, kritik, dan juga saran yang ingin kamu sampaikan pada artikel kali ini bisa kamu isi di kolom komentar yang ada di bawah ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *