Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP Xiaomi!

Apakah notifikasi ruang ponsel penuh terus mengganggu kamu di HP Xiaomi? Eits, jangan buru-buru dulu untuk menghapus sebagai aplikasi penting yang ada di ponsel karena ada cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di HP Xiaomi. Membahas tentang storage pada ponsel tentu tidak terlepas dari RAM memori internal, hal ini menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan bagi pengguna yang memiliki ponsel dengan kapasitas kecil.

Banyak pengguna HP Xiaomi yang mencari cara untuk mengosongkan ruang penyimpanan mereka karena bisa dibilang ruang penyimpanan mereka hanya terbatas 16 hingga 32 GB saja, bagi yang tidak memiliki aktivitas padat dalam ponsel mereka mungkin ini merupakan kapasitas yang cukup namun bagi yang aktif menggunakan ponsel tentu ini sangatlah kurang mengingat sudah banyak ponsel rilis dengan ruang hingga ratusan giga.

Untuk menjawab permasalahan kamu sebagai pengguna HP Xiaomi yang ingin mengosongkan ruang penyimpanannya tanpa harus menghapus aplikasi yang ada. Yuk kita simak bersama artikel yang sudah kami rangkum berikut ini karena ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengosongkan ruang penyimpanan namun tetap mempertahankan aplikasi yang penting di ponsel Xiaomi.

Berikut Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP Xiaomi 

cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di hp xiaomi

Ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan ketika kamu mengosongkan ruang penyimpanan HP Xiaomi karena pada dasarnya semakin sedikit doang penyimpanan maka membuat hp semakin lemot dan tidak bekerja secara optimal. Namun, disisi lain sangat sayang untuk menghapus aplikasi yang sudah kamu download. Selain itu, jika kamu memaksakan dan membiarkan kapasitas ponsel kamu penuh ponsel akan terasa panas.

Hal itu tentu saja akan mempersingkat umur ponsel serta akan memiliki dampak pada bagian lainnya. Tentunya kamu tidak ingin membiarkan ponsel kamu dalam keadaan yang penuh dan overload. Oleh karena itu, berikut adalah cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di HP Xiaomi:

1. Menghapus Cache dan Hapus Data Aplikasi

Pilihan pertama yang bisa dilakukan untuk cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yaitu menghapus cache aplikasi. Biasanya pada ponsel tertentu, cache aplikasi bisa dilakukan sekaligus namun nyatanya tidak optimal sehingga perlu dihapus secara manual dengan membuka aplikasi satu persatu dan klik hapus cache. Cache seringkali menjadi faktor utama ponsel berat dan penuh sehingga perlu rutin membersihkannya.

Selain itu, jika semua aplikasi sudah dibersihkan cachenya namun ponsel masih terasa berat maka pilihan yang bisa kamu lakukan yaitu menghapus data aplikasi sekunder. Contohnya kamu bisa menghapus data aplikasi browser chrome, playstore, youtube, dan lain-lain yang tidak memiliki file atau dokumen yang penting di dalamnya. Hal ini cukup efektif Untuk meringankan ponsel kamu dari beban penyimpanan yang penuh.

2. Menambahkan Kartu SD 

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengosongkan ruang penyimpanan di HP Xiaomi yaitu menambahkan SD card atau kartu SD. Hal ini merupakan solusi yang paling tepat untuk meringankan penyimpanan internal serta bisa juga untuk mengurangi kinerja RAM. Kamu bisa menambahkan SD card dengan kapasitas sesuai dengan ponsel Xiaomi yang kamu miliki lalu pindahkan file atau dokumen seperti foto atau video.

Biarkan aplikasi tetap ada di memori internal sedangkan file atau dokumen yang sifatnya fleksibel bisa kamu pindahkan di SD card tersebut. Kelebihan menggunakan SD card juga bisa mengurangi ancaman data hilang akibat kerusakan ponsel sehingga berbagai file penting kamu akan aman dan ruang penyimpanan kamu akan terasa ringan.

3. Membatasi Aplikasi Berjalan di Latar Belakang dan Gunakan Aplikasi Booster Ringan

Selanjutnya, cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di HP Xiaomi yaitu dengan melakukan setting pada setiap aplikasi untuk membatasi mereka berjalan di latar belakang yang akan memaksa RAM bekerja keras, tutorialnya sebagai berikut:

  • Bukalah setting atau pengaturan di HP Xiaomi kamu
  • Kemudian klik menu aplikasi si dan pilih aplikasi yang memiliki RAM cukup besar seperti game misalnya
  • Kemudian carilah menu membatasi aplikasi di latar belakang atau batasi aplikasi berjalan di latar belakang
  • Pastikan menu tersebut tercantum dan kamu bisa melakukan hal yang sama pada aplikasi lainnya

Hal tersebut cukup membantu untuk meringankan penyimpanan internal di ponsel Xiaomi tanpa harus menghapus aplikasi. Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi booster ringan yang akan membantu kamu mengoptimalkan ponsel. Aplikasi booster seperti ini bisa kamu temukan melalui play store dan biasanya dilengkapi untuk fitur menghemat baterai dan menghapus cache secara otomatis.

Akhir kata, demikianlah informasi yang bisa kami rangkum untuk kamu tentang tutorial cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di HP Xiaomi. Cara yang sudah kami berikan di atas bisa kamu coba satu persatu dan kami harapkan dapat bermanfaat. Jangan lupa sebarkan dan terus update informasi tentang teknologi dan aplikasi di situ kami ya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *