Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi – Pada ulasan kali ini kami akan membahas mengenai cara untuk bisa menghapus dan mengosongkan ruang penyimpanan pada Hp atau ponsel tanpa menghapus aplikasi.

Hp atau Ponsel merupakan salah satu perangkat elektronik yang sangat berguna di zaman saat ini, ditambah dengan beragam aplikasi yang terus mendapatkan pembaruan serta semakin canggih setiap harinya.

Ada banyak sekali jenis aplikasi yang bisa di unduh dan di gunakan secara gratis maupun berbayar untuk para pengguna Hp atau ponsel yang tersedia di Google Play Store atau App Store.

Namun terkadang karena banyaknya aplikasi dapat menyebabkan suatu Hp atau ponsel mengalami penuh pada penyimpanan internal Hp tersebut.

Hal ini disebabkan karena telah mengunduh berbagai aplikasi di satu Hp yang mana ukuran dari berbagai aplikasi tadi memberatkan dan membuat penuh penyimpanan pada ponsel.

Memori penyimpanan yang penuh menyebabkan Hp kesulitan untuk menjalankan program dan umumnya akan mengalami macet atau patah-patah baik ketika menjalankan berbagai aplikasi atau hanya sekedar menjalankan perintah biasa seperti membuka layar beranda.

Jika kamu juga mengalami hal yang sama dengan masalah tersebut, tenang karna di ulasan kali ini kami akan memberikan beberapa solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi hal tersebut tanpa harus menghapus aplikasi yang ada di ponsel.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca penjelasan dibawah ini sebagai berikut ini.

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan 

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk bisa mengosongkan ruang penyimpanan meskipun tanpa menghapus aplikasi yang memiliki ukuran besar

Karena sejatinya di dalam satu ponsel terdapat beberapa sampah yang terkadang sering menumpuk dan turut mengambil ruang yang cukup banyak pada penyimpanan.

Berikut ini beberapa cara yang mungkin bisa menjadi solusi untuk mengatasi ruang penyimpanan pada ponsel kamu yang penuh.

1. Pindahkan Folder ke Memori Eksternal

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah pada ponsel kamu yang ruang penyimpanannya penuh adalah dengan memindahkan berbagai folder ke memori eksternal.

Karena umumnya pada pengaturan ponsel, folder kebanyakan akan disimpan pada memori Internal Hp yang memang mempunyai kapasitas yang lebih besar ketimbang memori eksternal.

Meskipun mempunyai kapasitas yang besar bukan berarti memori Internal tidak bisa penuh, untuk itu kamu bisa mencoba untuk memindahkan berbagai folder ke memori eksternal dengan cara sebagai berikut ini.

  • Pertama buka menu Setting atau pengaturan pada ponsel
  • Selanjutnya cari menu Aplication dan klik jika ketemu
  • Kemudian cari lagi Application Manager
  • Dan kemudian pilih file yang ingin dipindahkan
  • Selanjutnya klik Move to SD Card
  • Selesai

2. Hapus Cache atau Sampah

Cara kedua yang bisa kamu coba untuk mengosongkan ruang penyimpanan yang penuh tanpa menghapus aplikasi adalah dengan menghapus Cache atau sampah pada ponsel.

Dalam pemrograman baik itu ponsel atau perangkat lain sering kali menghasilkan File sampah yang apabila dibiarkan akan menyebabkan penumpukan yang bisa menyebabkan ruang penyimpanan menjadi penuh.

Dan ketika penuh dan banyak mengambil ruang pada ruang penyimpanan dapat menyebabkan Hp atau ponsel menjadi bermasalah atau LAG.

  • Buka pengaturan atau Setting pada Ponsel
  • Kemudian cari Application
  • Masuk ke Application Manager
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin di hapus data sampahnya
  • Selesai

3. Cadang kan pada Google Photos

Cara Selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah yang terjadi ponsel kamu berupa ruang penyimpanan yang penuh pada ponsel adalah dengan cara mencadangkan berbagai foto dan video di Google Photos.

Berkat kejernihan kamera pada ponsel yang semakin baik mengakibatkan kualitas yang baik dan juga ukuran foto yang besar.

Oleh karena itu terkadang ukuran foto yang terlalu besar dan juga banyak sering kali menyebabkan ruang penyimpanan menjadi penuh, nah kamu bisa mencadangkan foto dan video yang ada di galeri kamu di Google Photos.

Dengan cara berikut ini.

  • Buka Menu Setting atau pengaturan pada ponsel
  • Kemudian cari menu Back Up & Syn
  • Kemudian nyalakan perizinan
  • Maka otomatis Foto dan video kamu akan tersimpan di Google Phots
  • Kemudian selanjutnya hapus Foto dan video di galeri kamu

Penutup

Itu tadi penjelasan dari Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi yang bisa kami berikan untuk kamu. Jika ada pertanyaan mengenai artikel kali ini bisa tulis di kolom komentar yang ada di bawah sebagai berikut. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *