Cara Gadai Sertifikat Rumah di Bank BCA, Baca Syarat-Syarat Dulu Disini!

Cara Gadai Sertifikat Rumah di Bank BCA – Sebagian orang pastinya pernah mengalami fase membutuhkan dana darurat di mana dana tersebut digunakan untuk berbagai macam hal seperti modal untuk mengembangkan bisnis, membayar hutang, membayar pendidikan, dan masih banyak lagi. Seringkali alternatif orang untuk mendapatkan dana darurat secara instan ini dengan cara menggadai sertifikat rumah melalui bank yang memiliki keuntungan dan penawaran menarik.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami berusaha untuk mengumpulkan berbagai referensi untuk kamu tentang cara gadai sertifikat rumah di Bank BCA lengkap dengan syarat dan ketentuannya. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu yang ingin menggadaikan sertifikat rumah agar mendapatkan dana darurat untuk berbagai kepentingan yang mendesak. Berikut adalah ringkasan informasi yang bisa kamu jadikan referensi.

Tutorial Cara Gadai Sertifikat Rumah di Bank BCA

cara gadai sertifikat rumah di bank bca

Jika kamu mencari cara menggadaikan sertifikat rumah di Bank BCA, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa sertifikat rumah kamu benar-benar resmi dan terdaftar. Selain itu, sertifikat rumah kamu tidak memiliki masalah sengketa lainnya atau dengan kata lain sertifikat tersebut harus benar-benar atas nama pemohon. Sehingga rumah yang diajukan memiliki berbagai kriteria yang dibutuhkan oleh bank BCA untuk menyetujuinya.

Ada hal penting lain yang wajib kamu tahu yaitu ketika menjadi pemohon untuk menggadaikan sertifikat rumah di Bank BCA atau bank lainnya maka nama kamu tidak boleh di blacklist. Maksudnya yaitu blacklist merupakan tindakan yang dilakukan oleh lembaga atau instansi berwenang kepada oknum atau orang yang melakukan pelanggaran sebelumnya terkait beberapa aspek seperti kredit, hutang-piutang, angsuran, pinjaman, dan lain-lain.

Sehingga hal ini menyebabkan nama orang atau oknum tersebut dijadikan daftar hitam dan dibatasi berbagai aktivitas yang menyangkut keuangan di berbagai lembaga terkait. Hal ini dikarenakan orang atau oknum tersebut berpotensi menimbulkan kerugian atau resiko kedepannya. Hal ini tentu saja mempersulit ketika orang tersebut sudah di blacklist sehingga akan sulit melakukan permohonan di aktivitas keuangan apapun. 

Itulah hal yang perlu dicatat sebelum kamu mengetahui tentang cara gadai sertifikat rumah di Bank BCA. Jangan lupa juga untuk tetap mengikuti standar operasional prosedur yang ada selama masa pengajuan hingga pencairan. Jika sudah memahami terkait persiapan dan hal penting yang sudah kami jelaskan diatas, berikut adalah rangkuman tentang bagaimana cara menggadai sertifikat rumah pada bank BCA: 

1. Persiapkan Dulu Syarat Administrasi dan Dokumen Penting 

Tutorial pertama yang bisa kamu lakukan yaitu tentu saja mempersiapkan berbagai dokumen serta berkas penting untuk syarat administrasi. Syarat ini merupakan pintu gerbang utama yang harus kamu lewati untuk menempuh langkah selanjutnya. Kamu bisa menyiapkan berbagai hal yang mungkin dibutuhkan untuk pengajuan gadai sertifikat rumah di Bank BCA. Pastikan bahwa seluruh dokumen terpenuhi dan berikut adalah syarat administrasi nya:

  • Untuk mengajukan penggadaian sertifikat rumah maka pemohon minimal berusia 18 tahun atau sudah menikah dan harus berstatus WNI
  • Ada batasan usia terkait pengajuan gadai sertifikat rumah di Bank BCA yaitu saat kredit lunas maka pemohon harus berusia 55 tahun bagi karyawan serta bagi pengusaha atau profesional maksimal harus berusia 65 tahun
  • Menyiapkan KTP diri sendiri yang resmi dan terbaru, jika sudah menikah maka siapkan juga KTP suami atau istri serta kartu keluarga (KK)
  • Mempersiapkan NPWP pribadi, SIUP, dan TDP
  • Jika kamu mendapatkan sertifikat rumah untuk kepentingan modal usaha maka ajukan juga akta pendirian usaha, bagi karyawan silakan menyiapkan slip gaji
  • Selanjutnya kamu juga harus menyiapkan HM atau HGB, bisa juga strata title lalu jangan lupa juga menyiapkan IMB
  • Lengkapi juga syarat administrasi kamu dengan denah dari bangunan rumah, akta jual beli rumah dan PBB terakhir

Syarat di atas bisa dibilang merupakan syarat yang wajib namun optional, ada beberapa yang juga yang mengisyaratkan untuk dokumen lain sehingga kamu harus menyesuaikan dengan berbagai syarat administrasi yang ditentukan oleh bank tempat kamu mengajukan tersebut. Jadi, setiap bank mungkin memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda sehingga kamu perlu memahami dan mencatatnya.

2. Tutorial Cara Gadai Sertifikat Rumah di Bank BCA

Setelah kamu menyiapkan berbagai syarat sesuai dengan ketentuan yang berlaku maka berikut merupakan cara menggadai sertifikat rumah di Bank BCA dengan mudah. Sementara ini untuk pengajuan maka kamu harus datang langsung ke kantor cabang Bank BCA terdekat untuk bertanya terkait informasi terkait cara menggadaikan sertifikat rumah. Belum ada sistem secara online yang melayani untuk pengajuan gadai sertifikat rumah.

Jangan lupa juga untuk mengisi formulir secara lengkap dan serahkan berbagai syarat administrasi yang sudah kamu kumpulkan tadi. Kamu bisa meminta nomor customer service atau bagian yang mengurus tentang hal ini di Bank BCA agar jika ada kabar terbaru maka kamu akan mendapatkan update nya. Terkait nominal pinjaman untuk jaminan sertifikat rumah bervariasi, hal ini bisa kamu bicarakan secara langsung saat permohonan.

3. Pilih Produk Pinjaman yang Sesuai

Setelah kamu menyerahkan syarat administrasi dan mengisi berbagai formulir maka setelahnya kamu harus memilih berbagai produk pinjaman yang sesuai dengan jaminan sertifikat rumah tersebut. Diantaranya kamu bisa memilih produk KPR Refinancing BCA yang bisa digunakan untuk dana yang instan untuk kebutuhan pribadi dengan bunga yang ringan dan limit pinjaman tinggi.

Selain itu ada juga produk yang bernama KPR Xtra BCA yang bisa digunakan untuk berinvestasi menambah kepemilikan properti dengan suku bunga rendah dan angsuran yang cukup fleksibel. Menariknya, produk ini tidak ada penalti jika kamu ingin melunasi kredit lebih cepat. Ada juga produk dengan nama KPR BCA yang bisa kamu pilih dengan suku bunga yang rendah dan bebas, kamu juga bisa melakukan top up pinjaman jika diperlukan.

4. Tunggu Proses dan Update Informasinya

Setelah selesai melakukan pengajuan di kantor cabang BCA terdekat maka kamu bisa menunggu prosesnya, kami sarankan juga untuk menyimpan nomor customer service atau pihak yang melayani kamu agar bisa menghubunginya untuk mencari informasi tentang pengajuan gadai sertifikat rumah kamu. Setelah mendapatkan pinjaman yang kamu inginkan maka perhatikan angsuran dan tenor agar tidak telat dalam melakukan pembayaran.

Akhir kata, sekian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara gadai sertifikat rumah di Bank BCA lengkap dengan syarat, ketentuan, dan tutorialnya yang bisa kamu jadikan referensi untuk mendapatkan dana darurat secara cepat dan instan. Semoga informasi ini bisa membantu kamu dan jangan lupa update informasi selanjutnya di situs kami setiap hari!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *