Perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate Apa? Ini Dia Penjelasannya!

Perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate – TikTok affiliate kini menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan mudah dan bisa kamu lakukan dari rumah. Sejak populer dan menjadi tren di berbagai negara dan berbagai kalangan, TikTok menjadi salah satu media sosial yang tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi untuk berkomunikasi, namun juga menjadi sarana untuk pemasaran dan mendapatkan penghasilan.

Dengan menggunakan TikTok, kamu bisa berbagi konten yang menarik sekaligus beriklan melalui TikTok ads dan mendapatkan komisi dari TikTok Affiliate. Sama halnya dengan shopee, TikTok juga meluncurkan program yang memungkinkan penggunanya untuk berafiliasi dengan seller, agar mendapatkan penghasilan tambahan.

Meskipun sudah cukup populer, Masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan TikTok Shop dan TikTok affiliate dan bagaimana cara kerja dari TikTok affiliate program ini. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mengetahui informasinya, maka kamu bisa langsung simak ulasan lengkapnya pada artikel kali ini.

Informasi Seputar TikTok Affiliate yang Wajib Kamu Tahu !

Sebelum membahas tentang perbedaan TikTok Shop dan TikTok affiliate program, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang Apa itu TikTok affiliate berikut ini. Sebagai informasi, TikTok menjadi salah satu media sosial yang paling populer digunakan sepanjang tahun 2020 hingga 2021.

Tercatat jumlah total pengguna aktif mencapai 1 miliar pengguna bulanan terhitung per bulan Juli 2021. Tidak hanya sebagai sarana hiburan dan pemasaran, baru-baru Ini TikTok meluncurkan sebuah fitur yaitu TikTok Shop yang memungkinkan penggunanya untuk berbelanja secara online.

Selain itu, TikTok juga meluncurkan program affiliate untuk para pengguna agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Perlu kamu tahu, TikTok affiliate adalah sebuah program yang diluncurkan oleh TikTok yang memungkinkan pengguna mendapatkan penghasilan dengan cara mempromosikan atau memasarkan berbagai produk melalui content TikTok.

Adapun cara kerja TikTok affiliate yaitu ketika pengguna lain membeli produk melalui Link tautan yang kamu promosikan, maka kamu akan mendapatkan penghasilan atau komisi Dari hasil penjualan produk tersebut.

Pada dasarnya, cara kerja TikTok affiliate ini hampir sama dengan Shopee Affiliate yang sudah ada lebih dulu, namun ada beberapa perbedaan persyaratan antara keduanya. Terkait dengan persyaratan TikTok affiliate, bisa kamu lihat pada pembahasan yang akan kami bagikan berikut ini.

Syarat Untuk Mendaftar TikTok Affiliate Program

Beberapa poin yang perlu kamu penuhi sebagai syarat untuk mendaftar program TikTok affiliate ini antara lain :

  1. Mempersiapkan dokumen atau identitas diri seperti kartu tanda penduduk (KTP) atau paspor yang masih berlaku.
  2. Mempersiapkan rekening bank milik pribadi.
  3. Alamat tempat tinggal saat ini.
  4. Memiliki akun TikTok Shop yang sudah aktif, namun tidak ada syarat minimum followers.

Apabila seluruh persyaratan sudah terpenuhi, selanjutnya kamu bisa  kamu bisa mengaktifkan TikTok shop dan bergabung dengan program TikTok affiliate. Walaupun sudah banyak yang mengikuti program ini, ternyata tidak sedikit yang bertanya mengenai perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate program.

Apa Perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate Program

perbedaan tiktok shop dan tiktok affiliate

Bagi kamu yang ingin mengetahui apa perbedaan antara Tiktok Shop dan TikTok Affiliate, ini dia penjelasannya. Perbedaan yang mendasar yaitu tiktok shop merupakan salah satu fitur yang memungkinkan kamu untuk menjual atau membeli produk secara online layaknya aplikasi e-commerce.

Sedangkan, Tiktok Affiliate merupakan sebuah program dari tiktok Shop yang bisa diikuti oleh penjual atau konten kreator (bukan penjual) dengan cara melakukan promosi produk melalui konten yang dibuat sekreatif mungkin, sehingga dapat menarik konsumen untuk mengklik tautan dan melakukan pembelian produk melalui link tersebut.

Perbedaan lainnya, ketika kamu bergabung ke program Tiktok affiliate, maka kamu tidak perlu memiliki produk dan menjual produk tersebut secara langsung kepada konsumen. Sedangkan, ketika kamu menjadi seorang seller di Tiktok shop, kamu perlu memiliki stok barang yang tersedia untuk dijual kepada konsumen.

Selain itu, penjual penjual di tiktok Shop mendapatkan uang dari hasil penjualan produk secara langsung, sedangkan Tiktok Affiliate mendapatkan uang dari hasil komisi ketika ada pengguna lain yang melakukan pembelian produk lewat Link tautan yang kamu promosikan.

Akhir kata, itulah informasi mengenai perbedaan tiktok shop dan tiktok affiliate yang bisa kami bagikan untuk kamu, semoga bermanfaat dan tunggu update informasi terbaru dari situs kami yang pastinya menarik dan sayang untuk kamu lewatkan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *