Kenapa Spotify Tidak Ada Lirik? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Adanya inovasi streaming musik sangat membantu banyak orang untuk mencari cara mendengarkan lagu favorit mereka tanpa harus mendownload dan menghabiskan memori pada ponsel. Setiap aplikasi tentu akan memberikan fitur dan layanan yang berbeda-beda sehingga menyesuaikan kebutuhan pengguna, termasuk aplikasi streaming musik. Salah satu aplikasi streaming musik yang cukup populer saat ini yaitu spotify.

Spotify hadir memberikan aksesibilitas yang sangat mudah bagi semua penggunanya, bahkan aplikasi ini menyediakan versi lite yang lebih ringan dan sudah cukup memenuhi kebutuhan pengguna untuk mendengarkan lagu favoritnya. Ada salah satu fitur spotify yang cukup seru dan menarik yaitu menyediakan lirik pada setiap lagu sehingga pengguna bisa ikut bernyanyi tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Namun, dibalik kemudahannya ada beberapa pengguna spotify yang mengeluhkan masalah tentang kenapa spotify tidak ada lirik. Hal ini tentunya membuat beberapa pengguna merasa tidak nyaman dan ingin memunculkan lirik pada setiap lagu yang didengarkan. Jika kamu mengalami masalah tersebut, maka kamu sudah membaca artikel yang tepat karena kami akan memberikan rangkuman tentang penyebab spotify tidak ada lirik dan solusinya.

Penyebab Kenapa Spotify Tidak Ada Lirik dan Solusinya!

kenapa spotify tidak ada lirik

Bagi sebagian orang adanya lirik pada aplikasi spotify cukup membantu karena tanpa harus membuka Google maupun mengunduh aplikasi ketika menggunakan bisa bernyanyi mengikuti nada dan irama lagu yang sedang diputar dengan membaca lirik. Biasanya, fitur lirik ini akan muncul dengan otomatis ketika kamu berada pada halaman lagu yang sedang diputar dengan cara menggeser pada bagian bawah lagu jika kamu menggunakan spotify lite.

Cara tersebut juga tidak jauh berbeda dengan menggunakan spotify non lite, lalu sebenarnya apa yang terjadi ketika aplikasi spotify atau lagu yang sedang kamu putar tidak menampilkan lirik lagu seperti biasanya? Nah, di bawah ini kamu bisa menyimak beberapa penyebab kenapa spotify tidak ada lirik serta solusi yang mungkin bisa berguna untuk kamu coba agar bisa kembali menampilkan lirik pada lagu atau musik yang sedang kamu putar:

1. Lagu Belum Menyediakan Lirik

Penyebab yang pertama yaitu laku atau musik yang kamu putar belum menyediakan lirik atau dengan kata lain liriknya belum tersedia. Hal tersebut tentu bisa terjadi mengingat spotify bekerja sama dengan mitranya pada aplikasi agar dapat memberikan layanan atau fitur lirik lagu pada setiap pengguna. Namun, fitur lirik ini bisa dibilang belum merata pada setiap lagu sehingga kamu perlu menunggu hingga pihak spotify menyediakan lirik untuk lagu tersebut.

2. Terbatas Untuk Akun Spotify Free

Tahukah kamu bahwa spotify telah melengkapi aplikasinya dengan akun premium, akun ini bisa dimiliki oleh pengguna yang berlangganan paket tertentu. Dengan menggunakan akun premium maka kamu akan mendapatkan berbagai fitur dan layanan yang lebih lengkap seperti mendengarkan lagu tanpa iklan, mendownload lagu yang diinginkan, memutar musik dan melewati lagu kapanpun dan dimanapun.

Selain itu, tentu saja ada fitur lainnya yang lebih lengkap dan bisa kamu dapatkan dengan berlangganan. Kamu akan merasakan kenikmatan yang berbeda dibanding menggunakan akun spotify free. Termasuk ketika menikmati lirik lagu, ada kemungkinan untuk akun free terdapat pembatasan lirik lagu sehingga lirik lagu yang kamu inginkan tidak muncul. Solusinya yaitu mencoba menggunakan akun premium untuk menikmati fitur tambahan.

3. Terdapat Bug dan Sedang Gangguan Sistem

Selanjutnya, alasan kenapa spotify tidak ada lirik ketika kamu memutar musik atau lagu bisa jadi karena adanya bug pada aplikasi. Hal ini bisa terjadi karena kamu belum update versi terbaru sehingga kamu perlu mengeceknya terlebih dahulu. Selain itu, tidak munculnya lirik di Spotify juga bisa terjadi karena gangguan sistem aplikasi pihak developer. Hal yang bisa kamu lakukan menghapus dan mendownload aplikasi kembali dan pastikan jaringan internet juga lancar.

4. Koneski Internet Bermasalah

Kita semua tahu, Spotify adalah aplikasi streaming untuk mendengar berbagai genre lagu sehingga memerlukan koneksi internet untuk bisa menggunakannya.

Jadi, bisa saja karena koneksi internet yang tidak stabil membuat fitur lirik tidak muncul di perangkat Anda.

5. Menggunakan Aplikasi Spotify Versi Lama

Hal lainnya adalah tidak menggunakan aplikasi Spotify versi terbaru, hal ini memang sering kali disepelekan oleh banyak pengguna, padahal rutin memperbarui aplikasi sangat penting, terutama dalam menjaga kesehatan perangkat dan mendapatkan fitur-fitur baru.

Dengan menggunakan aplikasi versi lama, bisa membuat fitur lirik yang harus muncul saat Anda memutar lagu jadi tidak muncul. Selain itu, bisa juga karena versi lama belum disematkan fitur lirik.

6. Cache Menumpuk

Perlu Anda semua ketahui cahce adalah sampah penggunaan, semakin sering menggunakan aplikasi maka cache akan semakin menumpuk. Ternyata, menumpuknya cache bisa berakibat buruk pada perangkat loh, karena perangkat akan menerima beban lebih berat dalam mengakses aplikasi tertentu.

Selain itu, cache yang menumpuk rentan membuat aplikasi mengalami masalah, seperti bug dan crash. Oleh karena itu, cahce yang menumpuk bisa membuat fitur lirik tidak bisa bekerja.

7. Tidak Mengaktifkan Fitur Lirik di Spotify

Pada dasarnya fitur lirik ini tidak secara otomatis ada di setiap lagu yang hendak Anda putar, sehingga perlu mengaktifkannya secara manual. Namun sebelum itu, Anda juga harus paham tidak semua lagu memiliki lirik sehingga meski sudah mengaktifkan fitur ini tidak menjamin semua lagu yang ada di Spotify akan menampilkan lirik.

8. Server Spotify Bermasalah

Hal terakhir adalah server dari  aplikasi Spotify bermasalah yang bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti server sedang pemeliharaan, sedang update, terserang virus dan bug.

Semua hal itu yang paling serang merusak server, sehingga saat teknisi sedang melakukan perbaikan sebagai pengguna kita tidak akan bisa menggunakan aplikasi Spotify.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Fitur Lirik Tidak Muncul di Spotify

Setelah mengetahui beberapa poin penting yang sering kali membuat aplikasi Spotify tidak beroperasi maksimal, seperti tidak menampilkan lirik, lagu tidak diputar, tidak bisa login dan lain sebagainya.

Tentu kita akan lebih mudah mengatasinya bukan? Berdasarkan beberapa penyebab diatas, cp akan memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pada aplikasi Spotify, diantaranya:

  • Pastikan lagu menyediakan fitur lirik, seperti yang sudah saya sampaikan diatas tidak semua lagu yang ada di aplikasi Spotify dilengkapi dengan fitur lirik. Jadi sia-sia saja Anda berusaha mencari solusinya, kalau ternyata lagu yang Anda putar memang tidak menyediakan fitur lirik.
  • Pastikan koneksi internet bagus, sebagai aplikasi streaming yang memerlukan koneksi internet membuat Anda harus memperhatikan kualitas internet yang digunakan untuk bisa mengakses semua fitur di aplikasi Spotify. Cara paling mudah mengecek kekuatan internet adalah mengunjungi situs “Speedtest”. Selain itu Anda bisa aktifkan mode pesawat dan matikan, lakukan sebanyak 3 kali agar koneksi internet bisa kembali normal.
  • Upgrade Akun Premium, pada aplikasi Spotify ada dua jenis akun yakni free atau gratis dan premium atau berbayar. Kedua akun tersebut tentu menawarkan fitur yang berbeda, terkait lirik tidak muncul bisa karena batasan penggunaan pada akun gratisan. Untuk bisa menikmati semua fitur yang ada di aplikasi ini Anda perlu upgrade akun premium.
  • Perbarui Versi Aplikasi, Anda bisa mengecek apakah Spotify yang terpasang diperangkat versi terbaru atau tidak melalui Play Store. Apabila ada keterangan perbarui, berarti Anda tidak menggunakan versi terbaru. Silahkan perbarui aplikasi agar Anda bisa menggunakan fitur baru yang ditawarkan.
  • Install Ulang Aplikasi, setelah Anda memperbarui aplikasi dan hasilnya tetap lirik tetap tidak tampil, coba untuk uninstall dan install lagi aplikasi Spotify.
  • Hapus Cache, disini Anda bisa menghapus cache atau sampah pengguna melalui menu pengaturan dan klik menu kelola aplikasi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa diinstall di Play Store.
  • Memuat Ulang Perangkat, setelah menghapus cache jangan langsung buka aplikasi Capcut, coba Anda muat ulang perangkat agar perangkat bisa merespon perintah Anda secara maksimal.
  • Hubungi CS Spotify, jika semua cara diatas sudah Anda lakukan dan tidak berhasil. Satu satunya cara yang bisa dilakukan adalah menghubungi CS Spotify melalui link ini https://support.spotify.com/id-id/article/contact-us/

Akhir kata, informasi yang bisa kami bagikan tentang penyebab kenapa spotify tidak ada lirik serta solusi yang bisa kamu coba. Kami harap informasi kali ini dapat membantu menyelesaikan masalah kamu dan kembali bisa menggunakan fitur lirik di spotify secara lancar. Sekian dan cek terus update artikel dari situs kami setiap hari ya!

Baca Juga:

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *