Penyebab Spotify Wrapped Something Went Wrong Tidak Bisa Dibuka Serta Cara Mengatasinya

Spotify Wrapped Something Went Wrong Tidak Bisa Dibuka – Saat ini kehadiran Spotify sudah tidak asing lagi bukan ditelinga kita? Terutama bagi kamu yang sudah mendengar lagu menarik dan juga podcast memakai koneksi internet. Hal ini tidak terlepas karena tampilan dan cara menggunakan Spotify sangat simple dan mudah, sehingga banyak orang yang menggunakan aplikasi ini.

Demi memuaskan penggunanya, pihak Spotify berusaha memberi pelayanan semaksimal mungkin, salah satunya dengan menghadirkan fitur baru Spotify Wrapped.

Setelah hadirnya fitur ini, ternyata banyak menarik perhatian Spotify, itu terbukti dari banyaknya orang yang membagikan hasil Spotify Wrapped mereka ke sosial media mereka masing-masing.

Lantas apa sih penyebab Spotify Wrapped tidak bisa dibuka dan bagaimana cara mengatasinya? Semuanya akan Calonpengangguran jelaskan didalam artikel ini sebagai berikut.

Sekilas Tentang Spotify Wrapped

Meski fitur ini terbilang masih baru, tapi sudah banyak orang yang suka dengan fitur tersebut, hal ini dapat teman-teman semua buktikan dari banyaknya orang yang membagikan hasil Spotify Wrapped mereka melalui sosial media, seperti Instagram, Tiktok, WhatsApp, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan menggunakan fitur Spotify Wrapped ini, kamu bisa menemukan banyak lagu dari penyanyi terkenal hingga podcast yang sedang populer di aplikasi ini.

Agar pengguna dari Spotify tidak kesulitan dalam menjalankan atau mengakses fitur Wrapped ini, pihak Spotify membuat tampilan yang simple tapi tetap elegan dilihat.

Gambaran umum dari Spotify Wrapped akan memperlihatkan data rangkuman lagu, podcast, artis favorit bahkan kamu juga akan diberi notifikasi mengenai berapa lama kamu menghabiskan waktu untuk mendengarkan lagu di Spotify.

Tidak hanya itu saja, lewat Spotify Wrapped ini kamu akan ditampilkan berbagai macam genre lagi favorit di tahun 2021.

Cara Mudah melihat Spotify Wrapped 2021

Bagi teman-teman yang belum tahu cara melihat lagu atau podcast dari fitur Spotify Wrapped tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mengikuti tutotrial yang akan saya berikan sebagai berikut:

  1. Pertama buka aplikasi Spotify di ponsel kamu masing-masing.
  2. Tap menu banner Your 2021 Wrapped. Umumnya Banner ini akan muncul di halaman utama aplikasi.
  3. Kemudian kamu bisa melakukan login menggunakan akun Spotify kamu.
  4. Tap menu stories Wrapped yang ada di akun kamu.
  5. Silahkan lihat data dan informasi statistiknya.
  6. Selesai.

Cara Mudah Membagikan Hasil Spotify Wrapped

Selain bisa melihat hasilnya, kamu semua juga bisa membagikan hasil Spotify Wrapped ke sosial media masing-masing, untuk lebih jelasnya silahkan simak step by step dibawah ini:

  1. First step, kamu hanya perlu membuka aplikasi Spotify yang sudah login.
  2. Kemudian tap menu banner Your 2021 Wrapped.
  3. Tap menu stories lalu pilih icon share untuk membagikan hasilnya.
  4. Disini kamu bisa membagikan hasil Wrapped ke beberapa sosial media seperti Twitter, Instagram ataupun WhatsApp kamu.
  5. Selesai.

Penyebab dan Cara Mengatasi Spotify Wrapped Dibuka

spotify wrapped something went wrong

Walaupun pada dasarnya tidak semua orang merasa kehilangan dengan muncul masalah pada fitur Spotify Wrapped, tapi bagaimana dengan orang suka menggunakan fitur ini? Pasti sulit kan.

Sebab saat kita membuka atau mengakses fitur tersebut akan ditampilan notifikasi  ‘Something Went Wrong’. Lantas apa yang sebenarnya terjadi?

Penyebab Tidak Bisa Buka Spotify Wrapped

Walaupun pada dasarnya tidak semua orang merasa kehilangan dengan muncul masalah pada fitur Spotify Wrapped, tapi bagaimana dengan orang suka menggunakan fitur ini? Pasti sulit kan.

Sebab saat kita membuka atau mengakses fitur tersebut akan ditampilan notifikasi  ‘Something Went Wrong’, bahkan lebih parahnya fitur ini tidak muncul. Lantas apa yang sebenarnya terjadi?

Koneksi Internet Buruk

Penyebab utama dari masalah ini adalah perangkat seluler yang kamu gunakan terhubung dengan koneksi internet tidak stabil atau buruk. Seperti yang kita semua ketahui, Spotify adalah aplikasi streaming musik yang membutuhkan koneksi internet untuk mengakses fitur didalamnya.

Ketika ada masalah pada koneksi internet yang terhubung ke perangkat mu, pasti akan ada masalah juga saat mengakses aplikasi ini. Salah satu masalahnya adalah tidak bisa membuka fitur Spotify.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini tidaklah sulit, secara teknis kamu hanya perlu mengganti ke jaringan internet lain atau menunggun sampai provider internet yang digunakan kembali normal.

Sebelum memutuskan untuk ganti jaringan internet, kamu bisa pastikan dulu apakah benar koneksi internet mu bermasalah atau tidak. Caranya tidak sulit kok, kunjungi situs Speedtest melalui google dan klik mulai.

Secara otomatis situs akan mengecek kecepatan internet yang terhubung di perangkat seluler mu, apabila hasilnya ping tinggi berarti koneksi mu bermasalah, sebaliknya jika ping rendah berarti tidak ada masalah pada koneksi internet mu.

Selain mengecek kecepatan internet melalui situs Speedtest, sebaiknya kamu juga cek apakah kuota internet mu masih ada atau sudah habis, karena percuma koneksi internet bagus tapi tidak memiliki kuota internet.

Menggunakan Aplikasi Spotify Versi Lama

Selain karena koneksi internet buruk, penyebab lain yang sering disepelekan oleh pengguna smartphone adalah tidak rutin update versi aplikasi yang digunakan.

Padahal dengan rutin update aplikasi secara tidak langsung kita membantu developer atau pengembang aplikasi Spotify dalam mengatasi masalah yang kemungkinan akan terjadi atau sedang terjadi.

Kenapa? Karena pada dasarnya tujuan utama pihak developer atau pengembang aplikasi merilis versi baru adalah untuk menambah fitur dan memperbaik masalah pada fitur lama. Tapi, karena kamu tidak rutin update versi aplikasi membuat developer kesulitan melacak masalah pada aplikasi Spotify yang saat ini digunakan.

Solusinya:

Satu satu cara untuk mengatasi penyebab ini adalah memperbarui aplikasi Spotify ke versi terbaru melalui Play Store atau App Store tergantung perangkat yang kamu gunakan.

Jika tidak ada keterangan update, saya sarankan untuk install ulang aplikasi Spotify (harus ingat username dan kata sandi ya).

Perangkat Tidak Kompatibel

Tidak hanya karena beberapa hal diatas saja, tidak munculnya atau tidak bisa dibukanya fitur Spotify Wrapped bisa disebabkan oleh perangkat yang tidak support mengakses aplikasi Spotify.

Secara teknis aplikasi Spotify menerapkan perarturan terkait versi android yang bisa dan tidak bisa menginstall platfrom ini. Maka dari itu, kamu harus pastikan bahwa perangkat support mengakses Spotify agar tidak ada masalah saat menjalankan fitur-fitur didalamnya.

Perangkat Bermasalah

Hampir sama dengan penyebab diatas, hanya saja penyebab ini lebih kompleks karena mempengaruhi kinerja perangkat.

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kinerja perangkat, diantaranya cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update aplikasi yang terinstall dan tidak rutin update sistem OS atau perangkat lunak.

Solusinya:

Berkaitan dengan hal apa saja yang bisa mengurangi performa perangkat, saya sudah merangkum cara mengatasinya, yaitu:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.

Menggunakan Aplikasi Spotify Mod

Kebanyakan dari kita lebih memilih menggunakan aplikasi Spotify Mod atau hasil modifikasi dari pihak ketiga dengan beragam alasan, fitur lebih lengkah, tampilan lebih menarik, banyak pilihan menu, dan lain sebagainya.

Tapi, perlu kamu ingat menggunakan Spotify mod atau modifikasi berarti kamu mendukung tindak ilegal, kenapa? Karena aplikasi mod adalah merombak suatu aplikasi tanpa izin dari developer atau pengembang serta pemilik aslinya.

Solusinya:

Hapus aplikasi Spotify Mod dan install aplikasi Spotify resmi di Play Store atau App Store, hanya ini satu satunya cara yang bisa kamu lakukan ketika akun mu terdeteksi menggunakan versi mod.

Server Utama Spotify Down

Penyebab terakhir dari masalah ini adalah server utama aplikasi Spotify sedang gangguan atau down. Server utama memiliki peran penting dalam pengoperasian aplikasi karena semua hal terhubung ke server ini.

Adapun beberapa fungsi dari server utama diantaranya sebagai pusat penyimpanan data pengguna, penyimpanan data fitur, pusat lalu lintas pengguna, pusat pengoperasian dan lain sebagainya.

Solusinya:

Sebenarnya tidak ada hal yang bisa kamu lakukan jika memang server utama aplikasi Spotify bermasalah atau down, karena teknisi Spotify yang akan memperbaiki masalah ini. Tapi tidak ada salahnya kamu hubungi CS Spotify untuk menanyakan penyebab masalah ini. Kamu bisa kunjungi CS Spotify melalui link ini https://support.spotify.com/id-id/article/contact-us/

Mungkin hanya itu saja yang bisa Calonpengangguran sampaikan untuk kamu semua mengenai penyebab notifikasi Spotify Wrapped Something Went Wrong Tidak Bisa Dibuka. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga:

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *