Kenapa Tidak Bisa Membuka Link Google Form? Ini Penyabab & Cara Mengatasinya!

Kenapa Tidak Bisa Membuka Link Google Form – Sebenarnya apa sih Google Form itu? Sederhananya Google Form atau Google Formulir adalah sebuah layanan resmi yang dirilis oleh pihak Google untuk membuat formulir kuesioner secara mudah dan gratis.

Dengan begitu, layanan ini tentu akan terhubung dengan layanan google lainnya. Sebagai contoh, untuk mengakses formulir dari Google Form Anda bisa menggunakan Google Drive yang sudah login menggunakan akun Google.

Hadirnya layanan ini, tentu dapat mempermudah pengguna dalam melakukan survei secara online karena bisa dengan mudah membuat pertanyaan sesuai keinginan pembuatan dan mudah dijawab oleh si narasumber karena bisa dibuka melalui perangkat seluler.

Hal menarik lainnya dari layanan Google satu ini adalah menyediakan banyak sekali fitur yang bisa digunakan, diantaranya pilihan ganda, dropdown, checkbox, tanggal, isian, dan masih banyak lagi.

Walaupun layanan ini sangat membantu banyak pekerjaan, terutama dalam survei online, tidak menutup kemungkinan layanan ini akan mengalami masalah sehingga tidak bisa diakses.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini Calonpengangguran akan membagikan beberapa penyebab link Google Form tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya sebagai berikut.

Penyebab Link Google Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya

kenapa tidak bisa membuka link google form

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, sebagai layanan yang sering membantu pekerjaan banyak pengguna terutama dalam aktivitas survei tidak menutup kemungkinan layanan ini mengalami masalah, diantaranya tidak bisa diakses, tidak bisa membuka link, layanan berhenti sendiri dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, untuk bisa mengatasi beberapa masalah yang saya sampaikan diatas, tentu Anda sebagai pengguna harus mengetahui lebih dulu hal apa saja yang bisa menyebabkan Google Form bermasalah. Semua sudah saya rangkum, teman-teman semua bisa membaca ulasan dibawah ini.

Koneksi Internet Bermasalah

Hal pertama yang paling sering membuat pengguna tidak bisa membuka link Google Form atau Google Formulir adalah jaringan internet yang digunakan sedang bermasalah.

Kenapa? Karena kita tahu semua Google Form merupakan layanan online, artinya hanya bisa diakses secara online sehingga memerlukan koneksi internet.

Jadi, apabila Anda gagal membuka link Google Form bisa saja disebabkan oleh jaringan internet Anda sendiri. Untuk memastikan benar atau tidaknya, Anda bisa mengecek kekuatan jaringan internet yang digunakan melalui situs https://www.speedtest.net/id.

Cara sangat mudah, Anda tinggal mengunjungi link yang saya berikan diatas, jika sudah berhasil masuk tap saja menu “Mulai”, disini Anda bisa melihat jenis provider yang ponsel atau perangkat lain gunakan, setelah Anda tap menu mulai maka secara otomatis situs akan mengecek kekuatan jaringan internet yang Anda gunakan, apabila ping diangka 120 Mbps bisa dipastikan jaringan internet Anda bermasalah begitu juga sebaliknya.

Untuk mengatasi jaringan internet buruk, Anda bisa menggunakan jaringan internet lain (kalau ada), jika tidak ada Anda bisa minta hotspot ke teman yang memiliki jaringan internet lebih stabil.

Baca Juga:

Browser Yang Digunakan Bermasalah

Tidak bisa membuka link Google Form juga bisa disebabkan oleh browser yang digunakan sedang bermasalah. Ada banyak hal yang menyebabkan browser bermasalah, tapi penyebab yang paling sering adalah karena banyaknya cache atau sampah.

kenapa bisa begitu? Karena semakinnya banyaknya cache atau sampah pada browser akan membuat ponsel berat saat memberi perintah, terutama untuk membuka link Google Form.

Satu-satunya cara mengatasi penyebab ini adalah dengan menghapus cache atau sampah pada browser. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuat aplikasi browser yang digunakan, contoh Google Chrome, setelah berhasil masuk tap icon titik tiga, lalu tap menu “Fitur Lainnya”.

Maka akan muncul beberapa menu pop up karena mau menghapus cache Anda pilih saja menu “ Hapus Data Penjelajahan”, ada dua pilihan penghapusan data penjelahan pertama Dasar yang berarti menghapus Histori, Cookie, Gambar dan Cahce, sementara yang kedua yakni Lanjutan yang berarti menghapus data tambahan seperti sandi dan data login, data formulir, setelan situs dan lain sebagainya. Anda bisa bisa yang mana saja tergantung kebutuhan masing-masing. Terakhir tap menu “Hapus Data”.

Tidak Memiliki Izin Akses Link Google Form

Perlu Anda semua ketahui, ada dua metode publish di Google Formulir. Pertama untuk semua orang atau publik dan khusus yang berarti hanya pengguna tertentu yang bisa mengakses link Google Form ini.

Jadi apabila Anda tidak bisa mengakses link Google Form dan sudah mengatasi dua penyebab diatas namun hasilnya tetap tidak bisa, bisa saja Anda tidak memiliki izin untuk mengakses link Google Form tersebut.

Cara paling mudah mengetahui hal tersebut, yakni dengan menanyakan langsung ke si pembuatan link Google Form. Apabila Anda memang tidak diberikan izin untuk mengakses link itu, berarti ini lah penyebabnya. Tapi kalau tidak, berarti ada masalah lain yang harus Anda atasi.

Akun Browser Tidak Sama Dengan Akun Google Form

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, bahwa antara Google Form dan layanan google lain saling terhubung. Jadi bisa saja, karena akun yang Anda gunakan untuk login di Google Form berbeda dengan akun Google yang ada di Browser.

Untuk itu, Anda bisa mengatasi penyebab ini dengan mengecek apakah antara akun Google Form dan akun Google di browser sama atau tidak, kalau ternyata beda silahkan ganti ke akun Google Form agar bisa membuka link tersebut.

Batas Akses Link Google Sudah Habis

Selain harus menyamakan antara akun Google Form dan akun Google di browser, hal lain yang perlu Anda ketahui adalah ada batas waktu untuk mengakses link Google Form.

Hal ini hampir sama dengan voucher internet yang memiliki batas waktu penggunaan. Maka dari itu, Anda tidak bisa mengakses link Google Form karena sudah melewati batas waktu yang sudah ditentukan si pembuat. Sebagai contoh, si pembuatan menentukan batas waktu pada Google Form sampai tanggal 22 Februari. Namun Anda membuka link tersebut pada tanggal 23 Februari, sehingga tidak akan bisa membuka link Google Form itu.

Baiklah mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua terkait Kenapa Tidak Bisa Membuka Link Google Form dan cara mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *