Mitra Darat APK Mudik Gratis 2023, Begini Cara Daftarnya!

Belum lama ini, banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Mitra Darat APK Mudik Gratis 2023. Apakah kamu salah satu orang yang mempertanyakan hal tersebut? Jika iya, di sini Calonpengangguran akan menjelaskannya.

Mudik sudah menjadi salah satu budaya yang melekat di masyarakat Indonesia, khususnya menjelang hari raya Idul Fitri. Tentunya, merayakan Idul Fitri bersama keluarga keluarga akan terasa lebih menyenangkan.

Namun, untuk mudik tentunya kita harus memiliki modal yang tidak sedikit. Hal inilah yang membuat sebagian masyarakat Indonesia yang kebingungan untuk melakukan mudik ke kampung halaman mereka.

Tetapi saat ini kamu tidak perlu bingung, karena Kementrian Perhubungan dan Jasa Raharja telah menyediakan program mudik gratis 2023. Program ini diciptakan untuk membantu kamu yang mengalami kendala biaya untuk melakukan mudik.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana caranya, silahkan simak penjelasan yang akan saya berikan disini sampai tuntas.

Sekilas Tentang Aplikasi Mitra Darat Mudik Gratis 2023

mitra darat apk mudik gratis 2023

Kementerian Perhubungan telah membuka pendaftaran gratis bagi kamu yang ingin melakukan mudik secara gratis di tahun 2023 ini. Program mudik ini sendiri berlangsung selama periode 13 Maret hingga 14 April 2023.

Setiap orang bisa mendaftar diri untuk mengikuti program gratis mudik 2023 yang diselenggarakan oleh Kemenhub secara online. Setiap orang yang ingin mengikuti program ini bisa melalui aplikasi Mitra Darat yang telah disediakan.

Aplikasi Mitra Darat Apk bisa membantu kamu untuk mendaftar mudik secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun. Terdapat sekitar 28 Kota yang bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program mudik gratis ini seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Sumatra.

Semua orang berhak atau bisa mengikuti program mudik gratis, pengguna hanya perlu mendaftarkan diri melalui aplikasi Mitra Darat Apk. Dan untuk mendaftar di Mitra Darat Apk ini, kamu perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu di Google Play Store atau App Store.

Link Download Mitra Darat APK Mudik Gratis 2023

Untuk kamu yang ingin mendaftar mudik gratis di tahun 2023 ini, kamu bisa mengunduh aplikasi Mitra Darat. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store atau App Store.

Untuk detail aplikasinya, kamu bisa menyimak penjelasan dibawah ini:

Nama AplikasiMitra Darat
PengembangDirektorat Jenderal Perhubungan Darat
Versiv1.0.4
Sistem OperasiAndroid 6.0+
Ukuran11 MB
Link DownloadKLIK DISINI

Untuk link downloadnya sendiri bisa kamu gunakan yang sudah saya berikan seperti diatas, kamu hanya perlu klik unduh dan tunggu sampai terpasang dengan sempurna.

Syarat Mudik Gratis 2023 Kemenhub

Sebelum melakukan pendaftaran, kamu wajib mengetahui beberapa persyaratan untuk mengikuti mudik gratis 2023. Berikut dibawah ini persyaratan yang wajib kamu penuhi sebelum mengikuti program mudik gratis dari Kemenhub”

  • Peserta wajib memiliki Vaksin Booster sebagai syarat utama untuk bisa mengikuti program ini
  • Setiap peserta harus memiliki KTP, KK dan SIM C untuk tanda identitas diri
  • Peserta wajib melakukan verifikasi ke Posko pada waktu yang sudah dipilih pada saat mendaftar
  • Kendaraan yang diizinkan mengikuti program ini wajib memiliki kapasitas mesin maksimal 200 cc
  • Peserta yang hanya ingin mendaftar sepeda motornya, wajib memiliki atau menunjukan bukti moda transpoltasi lainnya untuk melakukan mudik
  • Kendaraan wajib diserahkan H-1 sebelum tanggal keberangkatan
  • Tidak diperkenankan untuk menitipkan kaca spion dan helm kepada pihak penyelenggara
  • BBM harus dikosongkan pada saat penyerahan kendaraan

Cara Daftar Mitra Darat Mudik Gratis 2023 dari Kemenhub

Untuk kamu yang ingin mengikuti program mudik gratis 2023 dari Kemenhub ini, kamu bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu di aplikasi Mitra Darat. Sedangkan untuk caranya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, silahkan daftarkan diri kamu di website resmi Kemnhub dengan link berikut https://mudikgratisdephub.go.id
  • Silahkan melakukan verifikasi di kantor Kementerian Perhubungan yang berlokasi di Jl. Merdeka Barat No.8 Jakarta Pusat, pada saat jam kerja pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.
  • Pastikan bahwa kamu sudah membawa berkas verifikasi seperti KTP, KK, SIM, dan dokumen lainnya yang diperlukan
  • Waktu verifikasi paling lama hanya memakan waktu 3 hari saja setelah melakukan pendaftaran secara online, jika melewati hari tersebut maka pendaftaran dianggap gagal
  • Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menghubungi Call Center Kemenhub dengan nomor 021 151/151, atau Email ke info151@dephub.go.id

Akhir Kata

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Mitra Darat APK Mudik Gratis 2023. Semoga artikel yang saya terbitkan ini, bisa membantu kamu mendaftarkan diri untuk mudik gratis pada tahun ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *