Kenapa Instagram Tidak Dapat Memuat Gambar? Begini Cara Mengatasinya

Kenapa Instagram Tidak Dapat Memuat Gambar – Siapa sih disini yang tidak kenal dengan Instagram? Sebab aplikasi media sosial yang satu ini sangat populer dan banyak digunakan oleh warganet, terutama di Indonesia sendiri.

Tidak jauh berbeda dengan media sosial lainnya, Instagram memungkin penggunanya untuk membagikan postingan dan mengirim pesan ke teman, keluarga, dan orang lain.

Sebagai salah satu aplikasi buatan manusia, tidak menutup kemungkinan Instagram sering mengalami kendala. Ada banyak sekali kendala yang bisa terjadi di aplikasi Instagram, seperti tidak bisa membuka IG, story IG hilang, posting story dan tidak bisa memuat gambar yang akan kita bahas saat ini.

Ada banyak sekali penyebab yang membuat aplikasi Instagram tidak bisa memuat gambar, baik yang berasal dari Anda sendiri atau pihak Instagram. Oleh karena itu, untuk lebih memperjelasnya Anda bisa membaca penjelasan dibawah ini.

Penyebab Instagram Tidak Bisa Memuat Gambar dan Cara Mengatasinya

kenapa instagram tidak dapat memuat gambar

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas ada banyak sekali penyebab aplikasi Instagram gagal memuat gambar. Apa saja itu? Yuk Simak ulasan sebagai berikut:

Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab pertama yang paling sering membuat IG gagal memuat gambar adalah jaringan internet yang digunakan buruk atau tidak stabil.

Mengingat Instagram adalah aplikasi media sosial yang hanya bisa diakses secara online, artinya ketika ingin memuat gambar atau mengakses Instagram Anda memerlukan jaringan internet yang bagus.

Satu-satunya cara mengatasi penyebab ini adalah dengan mengganti jaringan internet yang Anda gunakan, seperti menghubungkan ke jaringan wifi atau hotspot teman yang memiliki jaringan internet lebih bagus.

Tidak Rutin Memperbarui Aplikasi Instagram

Hal lain yang sering disepelekan pengguna smartphone zaman sekarang adalah tidak rutin melakukan update, meski pihak developer sudah menyediakan versi terbaru dari aplikasi Instagram ini.

Risiko tidak rutin memperbarui aplikasi IG adalah tidak bisa mengakses atau membuka IG, tidak bisa menggunakan fitur di Instagram, tidak bisa memuat gambar di IG dan lain sebagainya.

Kenapa hal seperti ini terjadi? Karena tujuan utama pihak developer memperbarui aplikasi Instagram adalah untuk menghilang bug dan virus yang ada pada versi lama. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk rutin memperbarui aplikasi apapun itu, termasuk Instagram.

Memperbarui aplikasi Instagram kan mudah? Anda hanya perlu mengunjungi Play Store atau App Store, kemudian cari aplikasi Instagram pada kolom pencarian, lalu tap menu perbarui, selesai.

Cache atau Sampah Di Ponsel Menumpuk

Hal lain yang sering membuat aplikasi Instagram tidak dapat memuat gambar adalah cache atau sampah penggunaan menumpuk di ponsel. Semakin banyaknya cache membuat ponsel mengalami tekanan karena tidak diberi space sehingga performace dari ponsel menurun terus menerus.

Anda bisa menghapus cache atau sampah melalui menu pengaturan, lalu cari pengguna aplikasi dan tap aplikasi Instagram. Selain itu Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa membantu menghapus cahce, aplikasi ini bisa diinstall melalui Play Store atau App Store.

File Instagram Terhapus

Tidak hanya beberapa penyebab diatas saja, hal lain yang paling sering membuat aplikasi Instagram gagal memuat gambar atau tidak bisa diakses disebabkan oleh file IG dihapus.

Kebiasaan seperti ini sangat sering terjadi, terutama pada ponsel yang menampilkan notif memori penuh. Tujuan pengguna memang bagus untuk menghapus file agar memberi ruang pada ponsel. Akan tetapi sering sekali pengguna menghapus file dengan icon tanda tanya (?) karena menganggap file tersebut sampah yang tidak berguna.

Pada file dengan icon tanda tanya sangat penting bagi aplikasi Instagram. Jika Anda sudah terlanjur menghapus file tersebut, cara paling mudah mengatasinya adalah dengan unsinstall Ig dan install kembali Ig agar semua data terdownload kembali.

Baca Juga:

Ponsel Terdapat Bug

Hal lain yang sering membuat aplikasi Instagram gagal diakses adalah ponsel yang Anda gunakan mengalami bug. Umumnya penyebab ini tidak hanya berlaku pada aplikasi Ig, melainkan pada aplikasi lain yang terinstall di ponsel Anda.

Cara paling mudah mengatasi penyebab ini adalah dengan mematikan ponsel dan menghidupkannya kembali atau restart ponsel. Tujuannya tidak lain untuk menghilangkan bug.

Akun Instagram Bermasalah

Penyebab lain yang sering kali tidak disadari oleh pengguna adalah akun Instagram yang digunakan bermasalah. Kenapa bisa begitu mas? Ada banyak sebab terjadinya masalah pada akun ig mu, seperti akun gmail tidak aktif, nomor tidak aktif, akun ig dibajak, akun ig diblokir dan lain sebagainya.

Kalau terjadi masalah pada akun Instagram tentu saja pengguna tidak akan bisa memuat gambar, parahnya lagi si pemilik akun tidak bisa login karena akun sudah ditutup atau kata sandi sudah diubah oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Ruang Penyimpanan Penuh

Perangkat atau ponsel yang kamu gunakan tidak memiliki ruang kosong untuk menyimpan adalah satu kesalahan paling fatal yang dilakukan pengguna. Kenapa? Kita anggap saja begini gelas yang sudah diisi air sampai penuh, apa masih bisa diisi air lagi? Tentu saja bisa, tapikan air pasti tumpah kemana-mana.

Hal ini itu juga berlaku pada perangkat seluler yang kamu gunakan, karena tidak adanya space untuk menyimpan file ataupun sampah penggunaan membuat ponsel menanggung beban lebih berat sehingga performanya akan menurun.

Server Instagram Sedang Gangguan

Terakhir yang membuat Instagram gagal memuat gambar adalah server dari pihak Instagram sedang mengalami gangguan atau bermasalah. Ada banyak sekali hal yang bisa membuat server Instagram bermasalah, mulai dari pihak mereka sedang melakukan pemeliharaan karena serang hacker atau sedang melakukan mengupgrade kapasitas server. Sebagai pengguna Anda tidak perlu melakukan apapun, Anda cukup menunggu sampaikan maintenance selesai.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Memuat Gambar

Seperti yang kita bahas diatas, ada banyak hal yang menyebabkan aplikasi Instagram tidak bisa memuat gambar atau konten, ntah sebab yang berasal dari kamu sendiri ataupun pihak developer Instagram. Berdasarkan beberapa penyebab itu, Cp akan menjelaskan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu:

  • Pastikan Koneksi Internet Stabil, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan perangkat seluler menggunakan internet yang stabil. Cara paling mudah untuk mengecek koneksi internet adalah kunjungi situs “Speedtest”, klik mulai maka secara otomatis kamu akan ditampilkan data terkait kecepatan internet.
  • Cek Akun Instagram, disini kamu harus memastikan apakah akun ig mu aman dan tidak bermasalah. Cara mudah mengeceknya adalah dengan logout dan login kembali, apabila tidak terjadi masalah bisa dipastikan akun ig mu baik-baik saja, apabila hasilnya ada kendala berarti akun mu bermasalah. Silahkan pulihkan akun atau buat akun ig baru.
  • Cek Versi Aplikasi Instagram, apabila aplikasi Instagram yang kamu gunakan tidak versi terbaru, segera perbarui ke versi terbaru melalui Play Store.
  • Hapus Cache, selain itu kamu juga harus menghapus cache atau sampah pengguna yang berasal dari aplikasi Instagram. Caranya, buka pengaturan, cari menu kelola aplikasi, pilih Instagram dan hapus cache.
  • Install Ulang Instagram, setelah kamu melakukan beberapa cara diatas dan hasil tetap sama. Coba uninstall dan install lagi aplikasi Instagram, tujuannya untuk mereset pengaturan dan menghilangkan bug.
  • Muat Ulang Perangkat, jika kamu sudah melakukan install ulang aplikasi Instagram, janga langsung buka ig. Muat ulang dulu perangkat, agar ponsel mereset dan menghilangkan bug yang berisiko mengurangi performa.
  • Hapus File dan Aplikasi Tidak Penting, kalau ponsel kamu tidak memiliki ruang kosong lagi untuk menyimpan, saran saya hapus beberapa file dan aplikasi yang tidak penting agar perangkat mendapatkan space.
  • Hubungi Help Center Instagram, ini adalah cara terakhir apabila semua cara diatas tidak berhasil. Cara menghubungi CS IG, kamu bisa klik link ini https://help.instagram.com/.

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua mengenai Kenapa Instagram Tidak Dapat Memuat Gambar dan cara mengatasinya. Semoga informasi singkat diatas bisa bermanfaat, sekian dan selamat mencoba.  

Baca Juga:

4 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *