Kenapa Pinjaman Akulaku Hanya 300 Ribu? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Pinjaman Akulaku Hanya 300 Ribu – Saat mendapatkan pinjaman di aplikasi Akulaku dalam jumlah besar, pasti sebagai pengguna kita akan senang bukan? Dengan adanya limit pinjaman ini, Anda bisa membeli barang yang ada di aplikasi Akulaku atau eCommerce lain dengan metode pembayaran secara cicil.

Ada satu hal yang harus Anda semua ketahui mengenai jumlah pinjaman yang diberikan kepada penggunannya, yakni dilakukan secara acak. Artinya pihak Akulaku secara murni memberi jumlah pinjaman kepada pengguna tanpa syarat khusus, karena penulis sendiri sudah pernah mencoba hal ini dan terbukti.

Ketika kita membicara mengenai limit pinjaman yang diberikan pihak Akulaku kepada kita sebagai pengguna, apakah Anda sedang mengalami masalah seperti jumlah pinjaman yang kecil atau umumnya hanya mendapatkan jumlah pinjaman 300 ribu?

Jika iya, Anda tidak perlu khawatir dan bingung karena pada kesempatan kali ini Calonpengangguran akan memberikan penjelasan mengapa hal tersebut bisa terjadi, sekaligus memberikan cara mengatasi mengatasinya sebagai berikut.

Kenapa Jumlah Pinjaman Hanya 300 Ribu

Kenapa Pinjaman Akulaku Hanya 300 Ribu

Mendapatkan limit pinjaman hanya 300 Ribu di aplikasi Akulaku merupakan masalah yang paling sering dialami pengguna platform ini. Bahkan tidak jarang pengguna merasa bingung kenapa hal tersebut bisa terjadi, maka dari itu penulis akan memberikan beberapa hal yang bisa saja menjadi penyebab limit pinjaman Anda kecil, diantaranya:

1. Terdeteksi Sebagai Pengguna Baru

Seperti yang sudah penulis katakan diatas tadi bahwa pihak Akulaku menentukan jumlah pinjaman penggunan dilakukan secara acak atau random, artinya Anda tidak akan bisa menentukan berapa jumlah pinjaman yang bisa didapatkan, apalagi akun Anda termasuk akun baru yang belum pernah melakukan transaksi apapun di Akulaku.

Hal ini memang wajar terjadi, bahkan tidak hanya di Akulaku saja, hampir di semua platform pinjol seperti Shopee Paylater yang hanya memberi pinjaman kecil untuk Akun baru yang terdeteksi belum pernah melakukan transaksi apapun di aplikasi mereka. Sebenarnya Anda harus lebih bersyukur mendapatkan limit pinjaman 300 Ribu, karena di Shopee Paylater untuk pengguna baru dan belum pernah melakukan transaksi apapun hanya mendapatkan limit pinjaman mulai dari 50 ribu – 100 ribu saja.

2. Tidak Pernah Melakukan Transaksi Apapun

Seperti yang sudah penulis katakan diatas tadi, salah satu hal yang menyebabkan limit pinjaman Anda hanya berjumlah 300 Ribu karena jarang menggunakan platform ini untuk bertransaksi apapun seperti beli barang atau membayar tagihan, apalagi akun yang Anda gunakan sudah aktif lama.

Pihak Akulaku akan memberi label pada akun Anda sebagai akun yang tidak aktif karena tida pernah melakukan transaksi apapun.

3. Tidak Melengkapi Data Diri Secara Lengkap

Selain karena beberapa penyebab diatas, hal ini juga bia mempengaruhi jumlah limit pinjaman yang bisa didapatkan dari Akulaku. Nasabah atau calon peminjam tidak melengkapi data diri secara benar. Kita semua tahu, untuk bisa mendapat limit kredit, pihak Akulaku perlu melakukan pengecekan terhadap data diri yang Anda kirim, diantaranya Nama Lengkap, Tanggal Lahir, NIK, Alamat Tempat Tinggal, Pekerjaan, Nomor Telepon, Alamat Emai dan lain sebagainya.

4. Kebijakan Dari Akulaku

Penyebab terakhir dan sangat sulit untuk diatas adalah kebijakan dari pihak Akulaku sendiri. Diatas tadi sudah penulis sampaikan bahwa pihak Akulaku tidak memberikan syarat khusus kepada penggunanya untuk menentukan limit pinjaman yang bisa Anda dapatkan.

Kalau ternyata akun Anda hanya mendapatkan limit pinjaman 300 ribu, bisa saja hal tersebut memang keputusan murni dari pihak Akulaku yang tidak bisa diubah, kecuali Anda terus menggunakan limit pinjaman tersebut dan melakukan pembayaran tepat ditanggal yang diharukan.

5. Aplikasi Akulaku Versi Lama

Jika masalah limit kredit yang Anda dapatkan hanya 300 ribu, kemungkinan disebabkan oleh versi aplikasi Akulaku yang Anda gunakan tidak versi terbaru. Masalah seperti ini memang sering dialami oleh pengguna aplikasi Akulaku versi lama karena beberapa fitur yang ada tidak bisa bekerja maksimal, salah satunya fitur limit kredit.  

6. Terdapat Tagihan Lain di Akulaku atau Pinjol Lain

Kita semua pasti tahu, di aplikasi Akulaku menyediakan dua jenis pinjaman, yakni Paylater dan Pinjaman Tunai. Keduanya memiliki perbedaan dari segi pencarian dan kegunaan, paylater adalah alat pembayaran untuk membeli barang atau produk di Akulaku atau platform e commerce lain dengan cara dicicil, sementara pinjaman tunai adalah fitur peminjaman uang tunai yang bisa digunakan dan cairkan ke rekening Bank untuk berbagai macam keperluan.

Jika salah satu dari tagihan tersebut belum dibayar, baik Paylater atau Pinjaman tunai, dan ada tagihan di platform pinjol lain bisa mengakibatkan limit pinjaman di Akulaku kecik. Ini sudah menjadi syarat dan ketentuan sistem dari Akulaku kepada nasabahnya.

7. Sering Telat Membayar Tagihan

Selain karena memiliki tagihan lain, aktivitas sering telat bayar cicilan juga sering loh menyebabkan limit kredit di Akulaku hanya 300 ribu atau kurang. Ini adalah cara Akulaku menilai skor kredit Anda melalui platform pinjol lain.

8. Akun Login di Banyak Perangkat

Selain dua hal diatas, aktivitas login dibanyak perangkat juga bisa loh membuat limit kredit Anda kecil. Hal ini bisa dijadikan sebagai catatan bahwa Anda memiliki banyak perangkat yang tentu saja melanggar aturan dari pihak Akulaku.

9. Banyak Yang Mengajukan Pinjaman di Akulaku

Akulaku adalah platform pinjaman online yang memerlukan pihak ketiga atau biasa disebut investor atau pemberi pinjaman. Bisa dibilang Akulaku hanyalah media dan penanggungjawab antara pemberi pinjaman dan si peminjam.

Oleh karena itu, semakin banyaknya pengguna yang mengajukan pinjaman dibandingkan pemberi pinjaman, tentu saja pihak Akulaku akan mengalami kesulitan untuk memberi limit pinjaman kepada pengguna baru. Hal tersebut bisa saja membuat limit pinjaman Akulaku hanya 300 ribu, dikarenakan terbatasnya jumlah uang yang bisa dipinjamkan kepada nasabah.

10. Sistem Akulaku Bermasalah

Sebagai platform pinjol yang dapat dioperasikan melalui website dan aplikasi, membuat Akulaku memiliki sebuah sistem yang selalu bekerja terus menerus selama 24 jam. Oleh karena itu, tidak heran kalau server dari Akulaku mengalami masalah atau down.

Masalah pada server Akulaku bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti sedang melakukan pemeliharaan, upgrade kapasitas, dan menghapus virus yang menyerang server. Ini semua dilakukan oleh Akulaku agar nasabah atau pengguna selalu merasa aman dan nyaman saat mengakses platform mereka.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Limit Pinjaman Akulaku Hanya 300 Ribu

Setelah Anda mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan limit pinjaman di Akulaku hanya 300 ribu, tentu pembahasan selanjutnya adalah mengatasi masalah tersebut bukan? Karena setiap masalah pasti ada solusinya, sama halnya dengan limit pinjaman Akulaku ini.

1. Lebih Sering Menggunakan Aplikasi Akulaku

Salah satu cara yang paling mudah Anda lakukan untuk mengatasi jumlah pinjaman kecil adalah dengan lebih sering menggunakan aplikasi Akulaku untuk bertransaksi apapun meski dalam jumlah kecil, seperti beli barang, beli pulsa, bayar tagihan, dan lain sebagainya.

Untuk skala waktu penggunaan aplikasi Akulaku tidak harus setiap hari kok, Anda cukup menggunakan aplikasi ini 1 kali seminggu atau lebih. Tujuannya agar pihak Akulaku mendeteksi akun Anda sebagai Akun aktif sehingga berpeluang tinggi menaikan limit pinjaman.

2. Lengkapi Data Diri Yang Dibutuhkan

Selanjutnya adalah melengkapi data diri yang dibutuhkan untuk bisa mendaftar fitur pinjaman di Akulaku. Data diri yang diperlu Akulaku diantaranya:

  • E-KTP
  • Minimal Berumur 23 Tahun
  • Warga Negara Indonesia
  • Mengirim File Slip Gaji 3 Bulan Terakhir
  • NPWP (kalau punya).

3. Membayar Cicilan Tepat Waktu

Untuk cara yang satu ini dikhususkan bagi Anda yang sudah melakukan pinjaman, tapi limit pinjaman tidak naik malah turun. Biasanya dikarenakan saat Anda melakukan pembayaran cicilan tidak tepat waktu atau sering telat.

Maka dari itu, agar pihak Akulaku tetap percaya kepada Anda untuk memberi pinjaman bahkan menaikan limit pinjaman dari 300 ribu menjadi jutaan. Hal yang harus Anda lakukan adalah untuk tepat waktu saat membayar tagihan pada tanggal yang sudah ditentukan.

4. Gunakan Aplikasi Akulaku Versi Terbaru

Update Aplikasi Akulaku, apabila aplikasi Akulaku yang Anda gunakan tidak versi terbaru atau Anda tidak tahu mengeceknya. Buka saja aplikasi Play Store, ketika Akulaku, kalau ada keterangan update berarti aplikasi Akulaku belum versi terbaru. Silahkan klik update dan tunggu sampai proses selesai.

5. Hapus Cache di Perangkat

Setelah melakukan update Anda bisa menghapus cahce atau sampah penggunaan agar bug pada aplikasi hilang. Jika sudah, Anda bisa muat ulang perangkat agar bug pada perangkat hilang.

6. Tidak Memiliki Tagihan Lain

Untuk mendapatkan limit kredit yang besar di Akulaku, Anda harus memastikan tidak memiliki tagihan di platform pinjol lain. Kalau ternyata ada, saran saya tunggu sampai tagihan itu selesai. Selain untuk memastikan Anda bisa membayarnya tepat waktu, Anda tidak akan merasa kesulitan saat membayar tagihan apabila jatuh tempo dihari yang sama.

7. Lunasi Dulu Tagihan 300 Ribu

Biasanya, pengguna yang mendapatkan limit pinjaman 300 ribu dikhususkan pada pengguna baru. Satu satunya cara mengatasi hal ini adalah dengan membayar tagihan tersebut lebih cepat, kemungkinan limit akan naik setelahnya.

8. Menghungi Customer Service Akulaku

Apabila semua hal diatas sudah Anda lakukan, tapi limit pinjaman tidak naik atau tetap 300 Ribu. Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menghubungi CS Akulaku secara langsung untuk menanyakan perihal limit pinjaman Anda. Untuk bisa mengghubungi Call Center pihak Akulaku Anda bisa menghubungi melalui beberapa pilihan yang akan penulis berikan sebagai berikut:

Atau bisa langsung mendatangi kantor pusat Akulaku di alamat ini: PT Akulaku Silvrr Indonesia Sahid Sudirman center lantai 18 unit A-H, Jl. Jend. Sudirman No, 86, RT.10/RW.11, Karet Tengsin, Tanah Abang, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250, Indonesia.

Akhir Kata

Mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan untuk Anda semua mengenai Kenapa Limit Pinjaman Akulaku Hanya 300 Ribu. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga:

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *